3 Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat Buat Orang ADHD

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

ADHD (Atention defisit hyperactivity disorder) adalah gangguan yang ditandai dengan perilaku impulsif, hiperaktif, dan kurangnya perhatian. Meski gangguan ini sering didiagnosis pada masa kanak-kanak, gejalanya dapat terus berlanjut hingga dewasa. Salah satu gejala ADHD yang sering terjadi adalah daya ingat yang menurun alias sangat mudah lupa. Bagaimana cara mengatasinya? Simak cara meningkatkan daya ingat untuk pasien ADHD pada ulasan berikut ini.

Cara meningkatkan daya ingat untuk orang dengan ADHD

Siapa pun pasti pernah lupa dan itu wajar. Namun pada orang ADHD, sering lupa merupakan bagian dari gejala yang harus mereka hadapi hampir setiap saat sehingga mungkin bisa berdampak buruk pada karir dan hubungan yang mereka jalin dengan orang-orang sekitarnya.

1. Buat catatan dan daftar kegiatan

menulis tangan vs mengetik

Menulis catatan adalah salah satu cara meningkatkan daya ingat yang sangat berguna bagi orang-orang pelupa. Menulis tangan menjadi cara yang baik untuk menyimpan, mengingat kembali, sembari menyimpulkan intisari sebuah topik bacaan.

Gerakan otot tangan saat menulis diyakini meninggalkan jejak memori di bagian sensorimotor otak. Efek inilah yang bisa membantu orang mengenali setiap huruf dan frase yang ditulis sehingga membangun pemahaman konteks antara membaca dan menulis.

Maka, jangan ragu untuk mencatat runutan aktivitas harian Anda dalam sebuah buku kecil dan ke mana pun Anda pergi. Buat juga “cadangan”nya untuk disimpan di rumah. Tempel di dinding dan sediakan pulpen di dekatnya supaya mudah untuk ditandai ketika Anda sudah menyelesaikan kegiatan itu.

Catat pula hal-hal yang perlu segera dilakukan atau dibeli dan mungkin Anda lupakan pada secarik kertas post-it warna-warni kemudian tempelkan di tempat-tempat yang mudah terlihat. Misalnya di pintu kulkas, di atas meja kerja, di cermin rias, atau lemari pakaian.

Terlebih, menulis di kertas warna-warni atau pakai spidol warna-warni bisa memaksa mata dan otak Anda untuk langsung fokus pada satu hal tersebut. Anda bisa juga memanfaatkan kecangihan ponsel Anda sebagai pengingat.

2. Konsumsi makanan tinggi vitamin D dan omega 3

manfaat omega 3

“Lupa berkaitan dengan masalah fungsi otak dalam mengelola, mengatur, dan menyebarkan informasi,” ujar Stephanie Sarkis, PhD, NCC, seorang psikoterapis spesialis ADHD, dilansir dari laman Psychcentral.

Jadi, mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan otak sangat diperlukan, terutama makanan yang kaya asam lemak omega 3 dan vitamin D. Anda bisa menikmati ikan salmon, ikan teri, ikan tuna, kacang kenari, dan biji rami.

3. Kurangi stres dan tidur cukup

tips tidur nyenyak

Stres bisa memperburuk daya ingat Anda, terutama pada orang dengan ADHD. Untungnya latihan pernapasan, olahraga, dan meluangkan waktu untuk melakukan berbagai hal yang disukai bisa mengurangi stres. Kemudian, perhatikan waktu tidur supaya tingkat konsentrasi dan daya ingat tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca