3 Tips Menyegarkan Tubuh Selama di Mobil Buat Usir Ngantuk

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Kecelakaan lalu lintas adalah penyebab kematian terbanyak keempat di Indonesia, menurut data Riskesdas tahun 2007. Bisa tebak apa penyebabnya? Ya! Nyetir sambil ngantuk adalah salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas yang paling sering terjadi. Kurang tidur akan menumpulkan kemampuan otak untuk fokus dan berkonsentrasi melihat jalanan yang amburadul. Tenang… Kalau ngopi saja tidak mempan, masih ada banyak cara menghilangkan ngantuk saat berkendara yang bisa Anda lakukan selama di mobil.

Cara menghilangkan ngantuk saat terjebak macet

Ketika bunga-bunga tidur mulai bermekaran di belakang kelopak mata Anda, yuk segarkan badan dengan trik-trik ini.

1. Pinggirkan mobil dan jalan kaki sebentar

Khususnya selama perjalanan panjang, misalnya saat mudik, jangan paksakan terus berkendara kalau sudah kelelahan. Tidak ada salahnya untuk minggir sebentar di bahu jalan atau rest area terdekat untuk meregangkan badan.

Coba juga cara menghilangkan ngantuk ini ketika Anda sedang terjebak macet yang bikin suntuk. Keluarlah dari mobil (jangan lupa dikunci dulu!) dan jalan kaki sebentar.

Sebuah studi yang dipimpin oleh Robert Thayer, PhD, seorang dosen di California State University menunjukkan bahwa jalan kaki sebentar saja dapat memompa lebih banyak oksigen mengalir dalam pembuluh darah yang menuju otak dan otot. Jalan kaki selama 5-10 menit dapat meningkatkan stamina tubuh untuk selama 2 jam ke depan.

2. Joget sambil dengarkan lagu

Jika mata sudah berat tapi kondisi jalanan tidak memungkinkan Anda untuk keluar dari mobil, coba pasang lagu. Pilih yang berirama upbeat, dance, atau rock-n-roll dan kencangkan volumenya. Tidak usah malu untuk berjoget ria sambil headbanging mengikuti hentakan irama musiknya.

Nah daripada keburu mati kutu di jalan, ada baiknya Anda siapkan playlist lagu-lagu pilihan yang bisa membantu segarkan pikiran saat macet. Jadi, Anda tidak perlu repot cari-cari lagi lagu yang sesuai atau meloncat ke lagu berikutnya.

Ingat, pilih genre musik yang bisa membuat Anda bergerak dan bersemangat, jangan pilih lagu galau yang justru bikin tambah ngantuk.

3. Senam dalam mobil

Nah sambil ditemani musik penyemangat, sekalian saja Anda gerakkan badan agar peredaran darah jadi lebih lancar. Senam tidak perlu melulu dilakukan sambil berdiri, kok!

Jika Anda sedang terjebak macet atau persimpangan lampu merah yang yang cukup lama, coba pereganan sambil duduk ini sebagai cara menghilangkan ngantuk saat berkendara:

Peregangan dada

Sumber; Blog Paleo Hacks

Posisikan duduk Anda lebih tegak dan silangkan kedua tangan Anda di depan dada. Kemudian ayunkan ke atas sampai di belakang lengan, seperti gambar di atas. Lalu, dorong kedua tangan Anda lebih ke belakang sambil condongkan tubuh sedikit turun. Tahan posisi ini selama beberapa detik, kemudian kembali ke posisi awal.

Lanjutkan dengan arah sebaliknya, yaitu mengayunkan kedua tangan langsung ke belakang dan silangkan di belakang punggung. Condongkan tubuh Anda ke depan. Tahan posisi ini selama beberapa detik, lalu kembal ke awal.

Sambil melakukan peregangan ini, jangan lupa untuk mengatur napas Anda.

Peregangan leher

Sumber: Blog Paleo Hacks

Dengan posisi duduk tegak, angkat tangan kiri ke atas kepala untuk menyentuh telinga kanan Anda. Kemudian, miringkan kepala ke kanan seperti gambar di atas dan tahan selama 10 detik. Kembalikan kepala ke posisi awal.

Kemudian, ganti posisi tangan jadi kebalikannya, dan miringkan kepala ke arah kiri sambil menahannya selama 10 detik. Kembali lagi ke awal. Tundukkan kepala ke bawah (tapi tidak menunduk loyo), dan tahan 10 detik. Terakhir, dongakkan kepala ke atas dan tahan 10 detik.

Peregangan kaki

Sumber: Blog Paleo Hacks

Peregangan ini mungkin akan sedikit lebih mudah dilakukan oleh penumpang atau pengemudi mobil matic yang tidak perlu terus-terusan menginjak pedal.

Caranya, letakkan kaki kanan di atas lutut kaki kiri. Kemudian sambil condongkan tubuh ke depan, tekan pergelangan kaki kanan ke bawah. Lepaskan, dan tekan lagi ke bawah. Ulangi gerakan ini dengan mengganti kaki kiri.

Untuk pengemudi mobil manual, baiknya tunggu momen yang pas untuk melakukan peregangan yang satu ini agar tidak sampai membuyarkan konsentrasi Anda.

Hati-hati di jalan dan semoga sampai tujuan!

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca