6 Aktivitas Seru yang Bisa Anda Lakukan di Kantor untuk Usir Stres

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 05/04/2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bosan, suntuk, dan lelah selama di kantor bisa bikin tidak produktif. Kebanyakan menatap layar monitor sambil duduk terlalu lama juga diam-diam bisa menggerogoti kesehatan tubuh. Untuk mengatasi stres kerja dan  meningkatkan produktivitas Anda, coba lakukan enam hal ini yuk selama di kantor!

Banyak cara mengatasi stres kerja dan meningkatkan produktivitas di kantor

1. Jangan biasakan lembur

Situasi kantor kadang memaksa Anda untuk kerja lembur hampir setiap hari. Namun sebaiknya jangan terbiasa pulang kantor larut malam. Sudah banyak penelitian medis yang mengaitkan kebiasaan lembur dengan risiko stroke dan penyakit jantung, bahkan kanker payudara pada wanita.

Rekomendasi “jangan lembur” juga diperuntukkan bagi para pekerja freelancers yang seringnya bekerja di rumah (atau tempat lain) tanpa mengenal waktu sehingga lupa pada kesehatan.

Banyak pekerja freeelance yang punya jam kerja serabutan atau bekerja lebih dari 10 jam per harinya. Hal ini bisa mengancam kondisi kesehatan Anda tanpa disadari, sama halnya seperti para pekerja kantoran yang “doyan lembur”.

Mulailah tegas pada diri sendiri untuk membuat batas maksimal berapa lama Anda bekerja. Usahakan untuk selalu selesaikan pekerjaan tepat waktu agar Anda tidak harus lembur. Dengan begini, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk beristirahat dan tidur cukup. Esoknya, badan dan pikiran pun akan lebih segar untuk mulai bisa bekerja lagi.

2. Hias meja dengan aksesoris serba hijau atau pernaik-pernik lucu

Nasihat nenek moyang yang bilang bahwa melihat yang hijau-hijau bisa bikin mata segar ternyata terbukti benar oleh dunia medis. Lingkungan yang dominan berwarna hijau akan memberikan efek yang menyehatkan bagi mata dan pikiran.

Warna bisa memengaruhi kondisi psikologis dan emosi Anda. Warna hijau sering dihubungkan dengan alam dan lingkungan yang sehat. Selain itu, hijau juga melambangkan harmoni, keseimbangan, ketenangan, dan kedamaian.

Maka ketika Anda sedang suntuk dan stres kerja, melipirlah ke jendela sejenak untuk memandangi rindangnya pohon-pohon penghias jalan.

          Contoh terrarium yang bisa Anda taruh di meja kantor

Kalau tidak ada, hias meja kerja Anda dengan pernak-pernik dan aksesoris bernuansa hijau. Misalnya pot tanaman mini, seperti kaktus atau bambu mini.

Selain membuat mata dan pikiran segar, udara kantor yang sumpek dan pengap pun bisa diatasi dengan tanaman hias dalam ruangan.

3. Banyak bergerak

Meski pekerjaan menuntut Anda untuk duduk diam dan menatap layar komputer, jangan jadikan ini alasan untuk Anda malas bergerak.

Setiap 30 menit sampai 1 jam sekali, luangkanlah waktu untuk beranjak dari bangku dan jalan-jalan sejenak. Entah itu untuk pergi ke toilet, isi ulang gelas minum, atau lakukanlah peregangan sederhana di kantor.

Perubahan kecil ini bisa membuat pikiran lebih segar dan tubuh lebih bugar selama bekerja di kantor.

4. Coba bermeditasi 

Daripada hanya scrolling timeline medsos, meditasi adalah cara yang lebih jitu untuk mengatasi stres kerja di kantor.

Penelitian dari Jerman melaporkan bahwa orang yang berlatih meditasi menunjukkan penurunan tingkat hormon stres kortisol sebanyak 51 persen setelah mengalami situasi yang penuh tekanan. Meditasi juga membantu Anda untuk mempertajam konsentrasi dan kewaspadaan.

cara meditasi
                   Meditasi di kantor, cara ampuh mengusir stres kerja

Cukup hentikan segala kegiatan yang sedang Anda lakukan, kosongkan pikiran dan jangan pikiran apapun, kemudian ambil napas dalam beberapa kali. Hitung napas Anda dan tetap pertahankan fokus sampai Anda lebih tenang.

Selain di kantor, luangkan juga 10 sampai 15 menit waktu Anda di pagi hari sebelum berangkat kerja untuk bermeditasi. Ini adalah awal yang baik untuk memulai hari dengan lebih semangat.

5. Gunakan wewangian aromaterapi

Minyak esensial dengan wewangian tertentu bisa membuat pikiran menjadi rileks, lho! Contohnya adalah minyak aromaterapi lavender atau melati.

Namun, hindari menggunakan wewangian aromaterapi dengan wangi makanan atau wangi yang menusuk. Selain mengganggu indera penciuman, ini bisa membuat Anda makin tidak fokus kerja.

6. Berinteraksi seru dengan teman kerja

Buat Anda yang punya segudang kerjaan, kantor seakan-akan menjadi rumah kedua bagi Anda. Dalam 24 jam, pastinya setengah hari bisa Anda habiskan di kantor.

Untuk membuat Anda semakin betah di kantor, buatlah suasana kerja jadi lebih menyenangkan dengan teman-teman sejawat. Misalnya, adakan arisan makanan setiap hari Jumat sore atau pergi berkaraoke ria.

Selain menjalin relasi antar karyawan yang lebih kuat, produktivitas kerja pun akan meningkat jika mood setiap orang di kantor juga selalu baik. 

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Jenis Minyak Esensial untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan bisa sangat mengganggu dan menyusahkan. Berbagai pengobatan pun Anda coba. Nah, sudahkah Anda menggunakan minyak esensial?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 13/06/2020 . Waktu baca 4 menit

10 Jenis Cedera Olahraga yang Paling Sering Terjadi

Saat berolahraga, tubuh Anda akan bergerak dan beraktivitas lebih intens dari biasanya sehingga Anda rawan mengalami 10 cedera olahraga berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kebugaran, Hidup Sehat 11/06/2020 . Waktu baca 8 menit

10 Cara Mudah Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

Apakah Anda sedang dalam program menurunkan berat badan? Adakah cara menurunkan berat badan tanpa olahraga? Cara ini menarik untuk disimak!

Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 28/05/2020 . Waktu baca 7 menit

Agar Tetap Bugar Selama Liburan, Sontek 4 Tips Olahraga Mudah Ini

Lakukan olahraga saat liburan bersama keluarga agar tetap bugar. Simak pilihan kegiatan hingga tips berolahraga sederhana di sini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kebugaran, Hidup Sehat 25/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Olahraga di luar rumah pandemi

Olahraga di Luar Rumah Saat Pandemi? Perhatikan Hal-hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 30/06/2020 . Waktu baca 4 menit
bpdy scan meditation

Body Scan Meditation, Meditasi untuk Bantu Atasi Nyeri Tubuh

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 26/06/2020 . Waktu baca 5 menit
apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit
pemanasan sebelum olahraga

Berapa Lama Olahraga yang Dianggap Efektif?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 16/06/2020 . Waktu baca 5 menit