Bagaimana Cara Mencegah Ingrown Hair agar Tidak Semakin Parah?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 05/02/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kamu pernah merasakan benjolan kecil, kulit menggelap, dan titik merah yang mirip jerawat? Itu merupakan tanda dari ingrown hair atau tumbuh rambut ke dalam. Umumnya, ingrown hair tumbuh di bagian ketiak, kaki, pipi, dagu, leher, dan kemaluan. Ingrown hair agak menyakitkan dan bisa membuat kulit iritasi. Bila Anda tidak merasakannya, berikut cara mencegah ingrown hair pada kulit yang perlu diketahui.

Cara mencegah ingrown hair

Mencegah ingrown hair bisa dilakukan ketika Anda mencukur rambut kemaluan, ketiak, jenggot, atau kumis. Berikut cara mencegah ingrown hair yang bisa Anda lakukan:

Scrub kulit

Melansir dari Medical News Today, ingrown hair bisa tumbuh di berbagai area kulit, tapi biasanya tumbuh di kulit yang sering terkena pisau cukur. Seperti area dagu karena jenggot, betis atau kaki, ketiak, dada, dan kemaluan. 

Untuk mencegah pertumbuhan rambut ke dalam, WebMD menyebut, Anda bisa melakukan scrub pada bagian kulit tersebut memakai kain basah atau krim scrub khusus. Gosok dengan gerakan memutar dengan lembut agar kulit tidak iritasi.

Hati-hati saat mencukur

Berikutnya, cara mencegah ingrown hair yaitu dengan berhati-hati ketika mencukur. Sebelum memutuskan untuk mencukur kulit, basahi kulit dengan air hangat dan gel pencukur agar kulit dalam keadaan lembap dan tidak iritasi. 

Saat mulai mencukur, perhatikan arahnya. Cukur sesuai arah rambut atau bulu Anda tumbuh dan hindari mencukur terlalu dekat dengan kulit. Pastikan pisau cukur yang digunakan dalam keadaan tajam saat akan mulai mencukur. 

Utamakan area kemaluan saat mencukur

Merawat area kemaluan sebelum memakai pisau cukur bisa mengurangi risiko ingrown hair. Caranya, cuci area kemaluan dengan sabun yang lembut lalu oleskan krim cukur yang dirancang khusus untuk area sensitif. Setelah mencukur, keringkan terlebih dahulu sebelum memakai celana dalam kembali, untuk menghindari lembap di area kemaluan. 

Memakai alat pencukur dengan pisau tunggal

Khusus untuk area kemaluan, cara mencegah ingrown hair yaitu dengan memakai alat pencukur dengan pisau tunggal agar arah mencukur lebih fokus. Kalau alat cukur Anda sudah lama tidak digunakan, segera ganti dengan yang baru. Setidaknya, ganti pisau cukur setiap 6 minggu sekali. Pisau cukur yang tumpul membuat potongan rambut tidak bersih dan bisa meningkatkan risiko ingrown hair.

Memakai alat cukur elektrik

Alat cukur listrik bisa mengatur jarak antara pisau dengan rambut agar tidak terlalu dekat. Sehingga saat dicukur, rambut di kulit tidak terlalu ‘botak’ karena kondisi tersebut bisa memicu pertumbuhan rambut ke dalam atau ingrown hair. Ini salah satu cara mencegah ingrown hair di kulit.

Memakai laser dan krim khusus

Dua cara ini disebut bisa mencegah pertumbuhan rambut ke dalam dan cukup ampuh. Cara mencegah ingrown hair pertama dengan krim khusus yang dioleskan pada bagian kulit tertentu. Misalnya, ketiak, kemaluan, dagu, atau leher. 

Produk ini mengandung eflornithine (vaniqa) yang mampu mengurangi pertumbuhan rambut ke dalam. Cara kedua dengan laser untuk menghilangkan folikel rambut secara permanen. Kedua cara ini bisa dikombinasikan agar hasilnya lebih maksimal.

Kompres dengan air dingin setelah mencukur

Setelah mencukur menggunakan alat cukur yang dianjurkan dan cara yang benar tidak ada salahnya jika Anda tetap mencoba mengompresnya dengan handuk yang dibasahi air dingin. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah iritasi.

Kapan harus ke dokter?

Bila ingrown hair di area kemaluan sudah tidak bisa dicegah, perlu khawatir bila Anda mengalami hal berikut:

  • Ingrown hair di kemaluan sangat lebat. Dokter akan memeriksa apakah Anda memiliki masalah kesehatan yang bisa memicu kondisi tersebut
  • Anda sering mengalami ingrown hair dengan jeda yang cukup dekat. Di sini, dokter akan melakukan perawatan untuk mencegahnya tumbuh kembali. Salah satunya dengan laser.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Dari Ketiak Hingga Rambut Kemaluan, Ini Cara Bercukur yang Benar

Jangan sembarangan mencukur bulu ketiak dan bulu kemaluan. Ada beberapa cara bercukur yang benar agar Anda terhindar dari luka. Simak caranya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Tips Sehat 06/02/2020 . Waktu baca 4 menit

Bolehkah Menghilangkan Rambut yang Tumbuh di Payudara?

Tidak hanya pria, pada payudara wanita pun dapat ditumbuhi bulu. Pertanyaanya, tumbuh rambut di payudara ini boleh dihilangkan atau tidak, ya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Kewanitaan, Hidup Sehat 25/01/2020 . Waktu baca 5 menit

Maksimalkan Keindahan Rambut dengan Mengenali Jenis-jenisnya

Jenis rambut tidak sebatas lurus dan keriting saja. Ternyata ada banyak tipe rambut yang bisa dikenali dan disesuaikan dengan perawatan rambut Anda.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat 29/11/2019 . Waktu baca 6 menit

Tahukah Anda Kenapa Rambut yang Digunting Tidak Terasa Sakit?

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang unik. Contohnya, tidak akan terasa sakit saat rambut digunting. Namun, tahukah kenapa hal ini bisa terjadi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik 17/10/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bahan alami untuk mengusir kulit kepala gatal

Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 09/06/2020 . Waktu baca 5 menit
merawat rambut keriting

10 Cara Merawat Rambut Keriting agar Mudah Diatur

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 05/05/2020 . Waktu baca 4 menit
mencegah iritasi mencukur ketiak

5 Tips Mencegah Iritasi Pada Ketiak Setelah Bercukur

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 23/02/2020 . Waktu baca 4 menit
dewasa pakai sampo bayi

Apa Orang Dewasa Boleh Pakai Sampo Bayi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 22/02/2020 . Waktu baca 3 menit