Langkah-langkah Sederhana Agar Anda Selalu Sehat dan Awet Muda

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 29/08/2017 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Menjadi tua adalah proses alami yang pasti dialami oleh semua makhluk hidup. Bagaimana Anda merasakan perubahan penuaan ini pada dasarnya bergantung pada banyak hal, mulai dari riwayat kesehatan dan beragam pilihan yang memang Anda buat sendiri. Jika Anda merawat tubuh Anda dengan baik dan belajar mengelola stres, Anda bisa saja memperlambat atau bahkan mencegah berbagai masalah yang sering terjadi seiring bertambahnya usia. Jadi, seperti apa cara awet muda yang sederhana tapi bermanfaat bagi kesehatan? Ketahui jawabannya dalam artikel ini.

Cara awet muda yang sederhana tapi sehat

Saat ini memang sudah banyak beragam perawatan kecantikan yang menawarkan cara instan untuk menghambat proses penuaan. Namun ingat, cara ini tentunya memiliki masa pakainya, alias tidak bisa bertahan lama. Nah, untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif dan tentunya bisa bertahan dalam jangka panjang, cara yang paling aman dan tepat adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Sebenarnya tidak pernah ada kata terlalu dini atau terlambat untuk mengubah kebiasaan buruk dan memulai kebiasaan yang baik. Tidak masalah kapan Anda memulainya, yang terpenting gaya hidup sehat pasti akan memberikan perubahan atas apa yang Anda rasakan dan Anda alami nantinya. Berikut ini beberapa kebiasaan sederhana yang bisa Anda lakukan agar hidup lebih sehat dan awet muda.

1. Aktif bergerak

Salah satu cara terpenting sebagai kunci sukses awet muda adalah dengan melakukan aktivitas fisik. Bergerak secara aktif melalui kebiasaan olahraga membuat Anda bisa mencegah penuaan alami yang lebih sehat.

Tidak hanya itu, olahraga pun bisa jadi kunci sukses menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal ini terjadi karena olahraga menjaga sirkulasi darah dan metabolisme tubuha agar tetap teratur sehingga jantung, otot, tulang, serta organ-organ tubuh lainnya tetap sehat.

Nah, dari manfaat tersebut, olahraga terbukti mampu mengurangi risiko penyakit jantung, gangguan tidur, depresi, meningkatkan daya ingat dan kekuatan tulang yang lebih baik.

Tidak ada kata terlambat untuk mulai berolahraga. Orang yang baru mulai berolahraga teratur menjelang usia lanjut lebih baik dibandingkan mereka yang tidak aktif bergerak sama sekali. Lakukanlah olahraga yang Anda sukai. Jalan santai, bersepeda, aerobik, atau yoga merupakan beberapa pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan.

2. Mengonsumsi makanan sehat

Cara awet muda selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Anda tidak perlu menerapkan diet rumit atau yang semacamnya. Langkah termudah yang dapat Anda lakukan adalah menambahkan jumlah buah dan sayuran ke dalam menu harian Anda. Kedua jenis makanan ini tidak mengandung kolesterol dan memiliki kalori yang rendah.

Selain memiliki banyak kandungan serat dan vitamin, buah-buahan dan sayur-sayuran juga mengandung banyak mineral, misalnya kalsium dan zat besi yang pastinya baik untuk tubuh. Perhatikan juga cara memasak makanan Anda. Hindari apa pun yang dimasak dengan cara digoreng.

3. Istirahat yang cukup

Mencukupi kebutuhan tidur setiap hari juga merupakan kunci agar bisa awet muda. Pasalnya tidur cukup memberikan banyak pengaruh yang signifikan pada tubuh Anda, baik itu dari fisik maupun mental Anda. Tidur 7-8 jam tiap hari dibutuhkan kulit agar tetap sehat dan tidak lekas keriput.

Meski demikian, terlalu banyak tidur justru juga tidak baik dan malah bisa mempercepat proses rusaknya sel kulit.

4. Melakukan perawatan kulit

Ada banyak cara  yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari penuaan dini adalah dengan menggunakan pelembap kulit secara teratur. Cara ini akan menutrisi kulit kering, si penyebab sel kulit menjadi lekas menua dan keriput.

Umumnya kulit kering disebabkan karena terlalu sering terpapar sinar matahari. Itu sebabnya, jangan lupa untuk menggunakan pelempap yang mengandung SPF agar kulit Anda terhindar dari sinar matahari UVA dan UVB.

Selain bermanfaat untuk melembapkan kulit, tabir surya juga bermanfaat melindungi kulit dari kanker akibat paparan sinar matahari berlebihan. Tidak hanya itu, baiknya Anda melakukan konsultasi secara langsung ke dokter kulit untuk mengetahui perawatan yang paling tepat sesuai dengan jenis kulit yang Anda miliki.

5. Berpikir positif dan membangun hubungan baik dengan orang sekitar

Pasti ada saat-saat di mana Anda rasanya ingin menghindari banyak orang. Namun, jangan biarkan hal tersebut berlarut-larut. Bangunlah hubungan baik dengan orang-orang di sekitar Anda. Semakin banyak Anda terhubung dengan orang-orang yang penuh kehangatan, maka akan memberikan dampak yang positif pada pikiran dan diri Anda sendiri. Ini bisa menjadi salah satu cara awet muda yang dapat membantu Anda mencegah stres dan merasa lebih bahagia.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Saat ini hampir semua tempat makanan atau minuman terbuat dari wadah plastik. Namun, sebelum menggunakannya, ketahui dulu kode dari masing-masing wadah.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ada yang bilang kita sudah tak boleh minum air yang disimpan dalam botol plastik hangat. Misalnya karena ditinggal di mobil seharian. Benarkah demikian?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Anda pasti tahu mengayuh sepeda tentunya lebih sehat dibanding naik mobil. Tapi, apa sebenarnya manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh kita?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Mengapa Kuku Bisa Cantengan dan Bagaimana Mengobatinya?

Kuku yang cantengan tak hanya mengerikan untuk dipandang mata, namun bisa terasa menyakitkan dan mungkin bernanah. Begini cara mengobatinya.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 08/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

orgasme tanpa disentuh

3 Hal yang Bisa Membuat Anda Orgasme Tanpa Disentuh

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
pasien koma masih sadar atau tidak

Ini yang Terjadi Pada Tubuh dan Pikiran Saat Kita Sedang Koma

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
tidak puas dengan pekerjaan berbahaya bagi kesehatan

Tidak Menikmati Pekerjaan di Masa Muda, Bisa Membahayakan Kesehatan di Masa Depan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
resep pasta gandum

3 Resep Pasta Gandum Rendah Kalori yang Mudah Dimasak

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 3 menit