Pilihan Bahan dan Cara Alami untuk Mengatasi Otot yang Tegang

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29/11/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda pernah mengalami otot yang tegang dan terasa nyeri? Kondisi ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari olahraga yang terlalu keras, sakit punggung, hamil, atau gejala fibromylagia. Untuk mengatasinya, banyak orang lebih memilih menggunakan cara-cara alami ketimbang harus menggunakan obat-obatan. Jangan bingung, berikut beberapa cara alami yang bisa membantu mengatasi otot tegang agar kembali rileks.

Pilihan bahan dan cara alami untuk mengatasi otot tegang

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi otot tegang, seperti:

1. Magnesium

menyimpan kacang almond

Magnesium termasuk salah satu mineral penting untuk tubuh untuk membantu menjaga fungsi otot dan saraf tetap normal. Oleh karena itu, saat otot tegang dan terasa nyeri, Anda bisa makan berbagai makanan yang kaya magnesium seperti pisang, kacang almond, kacang polong, beras merah, bayam, dan kacang mete. Selain enak, berbagai makanan sumber magnesium ini juga membantu otot kembali rileks.

2. Kurkumin

obat flu alami

Kurkumin adalah senyawa aktif yang terdapat di dalam kunyit, kayu manis, dan juga jahe. Senyawa yang satu ini memiliki sifat antiradang sehingga mampu menurunkan tanda peradangan pada otot setelah melakukan olahraga berat tertentu. Selain itu, berbagai bahan alami ini juga mampu membantu mengendurkan otot-otot yang kencang dan mengembalikannya ke kondisi semula seperti sebelum latihan.

3. Minyak peppermint

Dikutip dari Medical News Today, penelitian di tahun 2018 menemukan fakta bahwa meminum minyak peppermint bisa membantu meredakan rasa sakit secara efektif. Namun, Anda perlu hati-hati karena minyak yang satu ini tidak cocok untuk orang yang memiliki masalah pada saluran empedu, kantong empedu, dan hati.

Jika Anda ragu untuk mengonsumsinya, oleskan minyak peppermint secara langsung ke otot yang terasa tegang dan kencang. Beberapa penelitian lain juga menunjukkan fakta bahwa minyak peppermint oles membantu memberikan efek dingin, menghilangkan rasa sakit, dan melemaskan otot.

4. Chamomile

chamomile adalah kamomil

Chamomile termasuk salah satu ramuan yang banyak digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk otot yang kejang dan menegang. Chamomile mengandung flavonoid yang merupakan senyawa antiradang. Untuk membantu melemaskan otot, Anda bisa mengoleskan minyak esensial yang satu ini langsung ke kulit, tapi secukupnya saja.

Tak hanya dengan minyak, Anda juga bisa minum teh chamomile untuk membantu meredakan ketegangan.

5. Minyak arnica

salep arnica

Minyak arnica termasuk salah satu pereda nyeri otot yang cukup ampuh. Kandungan timol di dalam minyak arnica membantu merangsang aliran sel darah putih untuk menghilangkan cairan yang terperangkap di otot, persendian, dan jaringan yang memar. Selain itu, minyak yang satu ini juga bertindak sebagai antiradang untuk membantu mengurangi rasa sakit dan kerusakan otot.

6. Sari buah ceri

manfaat buah ceri

Ceri kaya akan antioksidan dan senyawa anti peradangan. Sebuah penelitian di tahun 2018 menemukan fakta bahwa ceri dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kerusakan otot akibat olahraga. Kandungan antioksidan  dan antiradang di dalamnya juga membantu melemaskan otot secara alami. Agar kandungan antiradangnya bisa langsung diserap secara sempurna, sebaiknya konsumsilah buah ceri dalam bentuk cair seperti jus atau perasan sarinya.

7. Pijatan

pijat setelah melahirkan

Pijat dengan terapis yang berpengalaman menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi otot tegang. Dengan pijatan yang tepat, otot-otot yang yang tegang akan melemas sehingga meredakan rasa sakit.

Sebuah penelitian di tahun 2011 yang melibatkan para pasien kanker membuktikan bahwa terapi pijat mampu membantu mengatasi nyeri tulang dan otot. Para pasien ini juga merasakan otot-ototnya lebih rileks dari biasanya saat mendapatkan pijatan secara teratur. Setelah dipijat, beristirahatlah hingga tubuh kembali segar dan otot yang kencang tak lagi terasa mengganggu.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Otot Rahang Terasa Kaku? Ini 4 Penyebab dan Tips Mengatasinya

Rahang yang terasa tegang memang membuat segala aktivitas menjadi tidak nyaman. Yuk, kenali cara mengatasi rahang kaku ini berdasarkan penyebabnya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Tips Sehat 25/09/2019 . Waktu baca 6 menit

3 Khasiat Utama Masker Kunyit untuk Kecantikan Kulit Wajah

Selain sebagai bumbu masak atau jamu, sekarang ini kunyit juga sering digunakan sebagai masker wajah, lho! Simak manfaat masker kunyit untuk wajah disini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hidup Sehat, Kecantikan 29/01/2019 . Waktu baca 3 menit

6 Penyebab Paha Mati Rasa yang Sebaiknya Tidak Disepelekan

Paha mati rasa disebabkan oleh berbagai hal. Namun umumnya kondisi ini disebabkan karena adanya masaalah pada saraf di sekitar kaki Anda.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Fakta Unik 22/11/2018 . Waktu baca 4 menit

Minum Kunyit untuk Asam Lambung, Ampuh Apa Tidak?

Selain sebangai bumbu masak, kunyit juga dikenal sebagai pengobatan herbal seperti mengatasi pencernaan. Lantas, ampuhkah kunyit untuk asam lambung?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Gangguan Pencernaan, Gastritis, Health Centers 18/09/2018 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

empon-empon

Manfaat Empon-empon untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 30/04/2020 . Waktu baca 5 menit

Minyak Peppermint untuk Rambut yang Lebih Lebat dan Indah

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 16/01/2020 . Waktu baca 4 menit
kunyit untuk kanker

Manfaat Kunyit untuk Memperlambat Pertumbuhan Sel Kanker

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 05/01/2020 . Waktu baca 4 menit
kunyit untuk psoriasis

Mengulik Khasiat Kunyit untuk Redakan Gejala Psoriasis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 12/12/2019 . Waktu baca 4 menit