Jenis olahraga apa yang paling mudah dilakukan? Hampir semua orang akan menjawab olahraga lari. Namun, banyak orang gemuk yang ragu untuk melakukan olahraga lari karena takut tidak bisa menjaga keseimbangan sehingga mudah jatuh. Padahal risiko ini juga kemungkinan bisa terjadi pada orang yang berbadan kurus.

Bagi Anda yang berbadan gemuk, lari tetap bisa Anda lakukan asal tetap dijaga kecepatannya. Manfaatnya, berat badan bisa menurun dan lebih terkendali. Selain itu, ada manfaat lain yang Anda dapatkan jika melakukan jenis olahraga ini. Jadi, jangan ragu untuk mulai berlari. Simak ulasan berikut supaya Anda lebih termotivasi untuk lari.

Kenapa orang berbadan gemuk harus olahraga lari?

1. Membangun kepercayaan diri

Sebagian besar orang yang berbadan gemuk cenderung tidak percaya diri, apalagi wanita. Inilah yang membuat banyak orang enggan untuk melakukan olahraga lari karena takut menjadi perhatian orang di sekitarnya.

Padahal dengan berlari, tubuh akan membakar kalori lebih banyak, termasuk dari lemak tubuh yang berlebihan. Semakin baik hasil yang Anda dapatkan dari olahraga ini, tentu membuat Anda lebih percaya diri dan semangat untuk terus berolahraga, bukan?

Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tidak cukup hanya olahraga saja. Anda juga harus menjaga pola makan. Baik itu dengan mengurangi porsi makan, memerhatikan jenis zat gizinya, serta makan lebih teratur.

2. Sehat dan mudah dilakukan

Lari tidak membutuhkan alat khusus dan dapat dilakukan di mana saja, bahkan di halaman rumah atau lapangan terbuka. Yang perlu Anda lakukan hanyalah latihan pemanasan sebelum memulainya, menyiapkan handuk untuk menyeka keringat, dan air minum agar tubuh tetap terhidrasi.

Selain itu, lari juga menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah tetap normal sehingga menurunkan risiko wanita berbadan gemuk terkena penyakit jantung. Penyakit kronis ini sangat rentan terjadi pada orang yang memiliki berat badan berlebih dan parahnya bisa menyebabkan kematian jika tidak dicegah.

Lari juga bisa menurunkan tekanan gula darah dengan membuat sel-sel otot menjadi lebih sensitif terhadap insulin. Ini membantu gula bergerak ke dalam otot untuk menyimpan cadangan energi. Semakin Anda rutin berlari, Anda semakin terhindar dari berbagai masalah tulang, seperti nyeri lutut akibat radang sendi.

3. Meningkatkan kekuatan mental

Orang bertubuh gemuk cenderung memiliki pikiran buruk atau rasa khawatir terhadap kesehatan, terutama dengan penyakit-penyakit kronis yang rentan pada dirinya. Apalagi, pandangan buruk terhadap orang yang bertubuh gemuk atau gendut, misalnya dicap sebagai pemalas atau tidak bisa merawat diri.

Nah, lari adalah cara bagus untuk membangun kekuatan mental dan pikiran positif. Saat Anda berlari, Anda akan mendorong diri sendiri secara fisik untuk mencapai target. Bahkan, saat Anda ingin menyerah, pasti pikiran Anda akan terus memotivasi agar Anda tidak berhenti di tengah jalan.

Apa yang perlu diperhatikan orang bertubuh gemuk sebelum melakukan olahraga lari?

olahraga lari

Dilansir dari Healthline, ada beberapa hal dasar yang penting diterapkan ketika Anda akan melakukan lari untuk mencegah terjadinya cedera, seperti:

  • Lakukan latihan pemanasan dengan gerakan-gerakan peregangan untuk mempersiapkan otot bekerja lebih keras saat Anda berlari.
  • Lakukan latihan pendinginan dengan menurunkan intensitas, memperlambat kecepatan, dan melakukan gerakan-gerakan peregangan yang santai sambil mengatur pernapasan.
  • Atur waktu untuk berolahraga supaya tubuh Anda terbiasa dengan latihan. Mulai latihan secara bertahap dan buat jadwal rutin, setidaknya 3 kali seminggu. Anda bisa memulai olahraga dengan total waktu 30 menit; 5 menit untuk latihan pemanasan, 20 menit untuk lari, dan 5 menit sisanya untuk latihan pendinginan.
  • Gunakan pakaian senyaman mungkin, pilih sepatu olahraga yang cocok untuk lari, dan tetap jaga kecepatan Anda saat berlari supaya tidak terjatuh.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca