Apa Bahayanya Membersihkan Telinga Pakai Cotton Bud?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Sebagian besar orang mungkin akan menjawab “cotton bud” ketika ditanya biasanya pakai apa untuk membersihkan telinga mereka. Anda juga? Meski sangat populer, tapi nyatanya membersihkan kotoran telinga itu bahaya pakai cotton bud. Itu kenapa rata-rata dokter tidak menganjurkan Anda untuk tetap menggunakan alat pembersih telinga yang satu ini.

Apa bahaya pakai cotton bud untuk membersihkan kotoran telinga?

Saluran telinga memang selalu memproduksi serumen, atau yang lebih dikenal sebagai kotoran telinga. Penumpukan kotoran telinga ini bisa membuat gatal, mengganggu kemampuan pendengaran, bahkan terkadang sampai menimbulkan rasa sakit. Ini yang jadi alasan mengapa banyak orang memilih cotton bud guna membersihkan bagian dalam telinga.

Meski cepat dan praktis, nyatanya bahaya pakai cotton bud tidak main-main. Residu kotoran telinga memang akan keluar bersama cotton bud, tapi di saat yang bersamaan Anda tanpa sadar juga sekaligus mendorong sisa kotoran lainnya yang tidak “terangkut ” di kapas cotton bud sehingga makin masuk jauh ke dalam telinga.

Selain itu, melansir laman Medical Daily, seorang spesialis THT di Amerika Serikat, Dr. Seth Schwartz menjelaskan bahwa memasukkan benda apapun ke dalam telinga berisiko merusak gendang telinga beserta saluran-saluran di dalam telinga. Termasuk pula cotton bud yang terbuat dari bahan kapas lembut.

Terlebih gendang telinga berada di tempat yang mudah dijangkau oleh cotton bud. Struktur gendang telinga juga sangat halus dan rapuh sehingga sentuhan ringan bisa riskan merobek atau bahkan memecahkannya. Gendang telinga yang bermasalah ditandai dengan keluarnya cairan bening, perdarahan, atau terasa sakit. Risikonya akan berujung pada terancamnya kemampuan pendengaran Anda.

Cara membersihkan telinga yang benar

Kotoran telinga tidak sepenuhnya buruk. Sebenarnya itu merupakan pelembab sekaligus pembersih alami bagi telinga sehingga mencegah bakteri dan kotoran dari luar masuk terlalu jauh ke dalam telinga. Itu sebabnya, ia tidak terlalu dianjurkan untuk dibersihkan karena biasanya kotoran akan keluar dengan sendirinya.

Namun jika kotoran telinga sudah terlalu menumpuk dan mengganggu pendengaran, larutan tetes telinga yang dijual bebas di apotek bisa jadi salah satu pilihan. Anda juga bisa menggunakan kain lap basah guna menyeka bagian luar telinga.

Di samping itu semua, solusi terbaik dalam membersihkan kotoran telinga yang mengganggu adalah dengan mengunjungi spesialis THT guna memberikan Anda saran dan perawatan yang paling optimal.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca