Ketika bekerja, kita diharuskan untuk duduk dalam waktu lama, bahkan totalnya mungkin sampai lebih dari 8 jam. Kursi yang tidak nyaman akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Tetapi, kita sendiri terkadang tidak mengetahui kursi seperti apa yang baik untuk kesehatan. Padahal kursi yang baik akan memberikan efek yang baik pada seluruh tubuh.

Kursi yang baik harus cocok dengan tubuh penggunanya, sehingga ia dapat memberikan dukungan yang memadai dalam berbagai postur duduk, dan memungkinkan kita untuk memiliki banyak variasi posisi duduk dalam sepanjang hari bekerja.

Alternatif kursi kantor yang baik untuk tubuh

Solusi yang kreatif untuk masalah kesehatan sangat banyak, dari bekerja sambil berdiri di balik meja tinggi, atau dengan kursi meja duduk yang aktif. Kursi sejenis ini akan memungkinkan Anda melibatkan otot-otot ketika Anda bekerja di meja kerja. Di bawah ini terdapat 15 macam alternatif kursi kantor ergonomis yang dianggap baik untuk tubuh:

  1. Swopper Stool
  2. Locus Leaning Seat
  3. Gaiam Balance Ball Chair
  4. Buoy Chair
  5. Mogo Portable Seat
  6. Zenergy Ball Chair
  7. Core Chair
  8. Ergoergo
  9. Wobble Chair
  10. Muvman Sit-Stand Stool
  11. Rockin’ Roller Desk Chair
  12. Humanscale Freedom Saddle Seat
  13. Kneeling Posture Office Chair
  14. Ongo Chair
  15. Exercise ball

Dari ke-15 kursi tersebut, kita akan bagi sesuai manfaatnya menjadi 5 jenis, yaitu standing chair, balance ball chair, saddle seats, kneeling chair dan active stools. Dari kelima jenis kursi ini, kita akan bahas satu per satu untuk mengetahui lebih lanjut manfaat dalam penggunaannya.

1. Standing Chair

standing-chair-alternatif-kursi-kerjaLocus leaning seat, mogo portable seat, dan muvman sit-stand stool merupakan kelompok kursi berdiri (standing chair). Kursi jenis ini dapat membantu Anda untuk mengambil beban tubuh yang dipikul oleh kaki ketika kita bekerja dengan posisi berdiri. Muvman sit-stand stool merupakan model standing chair terbaru yang fleksibel, sehingga Anda dapat menyesuaikan posisi tubuh saat bekerja. Bisa digunakan untuk berdiri ataupun duduk, serta dapat dimiringkan ke depan untuk menempatkan posisi Anda pada jarak optimal dari meja kerja. Kursi ini merupakan solusi yang baik untuk menghindari tekukan kaki saat duduk, sehingga dapat meminimalisir tekanan pada pinggul.

2. Balance ball chair

Balance-Ball-Chair-alternatif-kursi-sehatGaiam balance ball chair dan exercise ball merupakan kelompok balance ball chair, yaitu kursi keseimbangan yang dapat memperkuat otot inti, meningkatkan keseimbangan dan stabilitas tubuh, serta meningkatkan keselarasan tulang belakang dan mengurangi tekanan pada saraf. Namun, sebuah jurnal pada tahun 2006, yang diterbitkan di Human Factors, menjelaskan tentang perbandingan pemakaian balance ball dan kursi kantor dalam hal aktivitas otot. Hasilnya menyatakan bahwa meskipun balance ball memiliki beberapa keuntungan bagi otot, namun duduk dengan waktu yang lama di bola mengakibatkan ketidaknyamanan yang signifikan.

Penelitian lain juga menyimpulkan bahwa duduk dengan jangka waktu yang lama pada permukaan kursi yang tidak stabil tidak secara nyata memengaruhi aktivitas otot, postur tulang belakang dan stabilitas tulang belakang secara keseluruhan. Namun, tingginya tingkat ketidaknyamanan pada pengguna balance ball dapat disebabkan oleh tekanan jaringan lunak terhadap bola.

3. Saddle seats

saddle-seat-alternatif-kursi-sehatHumanscale freedom saddle seat merupakan jenis kursi yang menggunakan pelana sebagai alas duduk, dapat membuat Anda tidak merosot saat duduk di kursi, dan dapat membuka pinggul Anda dalam menempatkan tulang belakang untuk membentuk lekukan lordotik yang sehat. Namun, penelitian yang dilakukan oleh Gadge K. dan Innes E., yang diterbitkan dalam US National Library of Medicine National Institute of Health, menyatakan bahwa kursi pelana akan mengakibatkan ketidaknyamanan pada punggung bagian bawah, terutama pinggul dan pantat.

4. Kneeling chair

kneeling-chair-alternatif-kursi-sehat

Kneeling posture office chair merupakan kursi yang didesain untuk digunakan dengan postur tubuh seperti sedang berlutut. Kursi ini dapat membantu mengembangkan posisi duduk yang dinamis sehingga tulang belakang Anda akan berada pada lekukan alaminya. Punggung dan otot-otot perut akan bekerja dan dapat meningkatkan sirkulasi pernapasan, sehingga tubuh akan membantu Anda dalam konsentrasi dan kreativitas. Kneeling chair juga dapat memulihkan penderita lordosis, menurut penelitian yang diterbitkan dalam US National Library of Medicine National Institute of Health. Lordosisi lumbar berkurang akibat interaksi antara kursi dan postur tulang.

5. Active stools

active-stool-alternatif-kursi-sehat

Swooper stool, buoy chair, ergoergo, wooble chair, dan ongo chair termasuk ke dalam kelompok active stools. Kursi jenis ini memungkinkan kita untuk duduk secara aktif dengan menggerakkan tubuh ke samping, ke atas, ke bawah, mundur dan maju. Seluruh aktivitas ini dapat membuat otot Anda selalu berubah posisi sehingga menjadi lebih fleksibel.

BACA JUGA:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca