Menurunkan kadar kolesterol buruk bisa dilakukan dengan melakukan perubahan sederhana dalam cara Anda memasak. Jika selama ini Anda menerapkan cara masak yang asal-asalan, mungkin ini malah memicu kolesterol tinggi. Oleh sebab itu, kini saatnya Anda mengubah cara memasak untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Simak tips memasak berikut ini yang akan membantu Anda menyajikan makanan di rumah supaya lebih sehat namun tetap nikmat.

1. Gunakan minyak sehat sebagai pengganti mentega

Tips memasak sehat yang pertama, Anda bisa mengurangi penggunaan lemak jenuh dalam cara memasak Anda. Jadi, hindari menggunakan mentega dalam memasak. Gunakanlah minyak sehat yang rendah lemak seperti canola atau minyak zaitun.

Anda juga bisa menggunakan jenis minyak lainnya seperti minyak bunga matahari – sunflower, dan minyak safflower yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu hindari penggunaan minyak sayur eceran, karena kadang-kadang ada minyak sayur yang  tidak jelas jenis tanaman apa yang digunakan untuk membuatnya.

2. Memilih daging tanpa lemak

Pilihlah daging fillet, misalnya dada ayam. Namun jika Anda ingin memasak daging merah, pilihan terbaik adalah pilih daging sapi tanpa lemak seperti bagian round, paha depan (chuck), daging has luar (sirloin), has dalam (tenderloin), dan daging kelapa (ground).

Ingat, ketika Anda memutuskan untuk melakukan diet rendah kolesterol, jangan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak, misalnya kulit ayam.  

3. Menggunakan teknik memanggang

Memanggang adalah salah satu metode memasak yang sehat. Panggang daging Anda pada panci kering atau rak yang memungkinkan lemak menetes dari makanan sehingga tidak mengendap. Untuk menambahkan cita rasa dan menjaga kelembaban daging, Anda bisa menambahkan perasan jeruk, sedikit garam, dan bumbu-bumbu lainnya dalam porsi yang sedang. Metode memasak ini dijamin memiliki aroma yang menggugah selera, namun tetap rendah kolesterol.

4. Gunakan putih telur saja

Semua kolesterol dalam telur ada pada kuning telur. Jadi, jika Anda hanya menggunakan putih telurnya saja, Anda akan mengonsumsi protein sehat yang baik untuk kesehatan jantung. Anda bisa menggunakan dua putih telur untuk mengganti asupan nutrisi telur utuh.

5. Menganti topping dan saus dengan yang rendah lemak

Dressing, topping, dan saus pada makanan faktanya tanpa sadari bisa menambah jumlah lemak di tubuh. Misalnya, satu porsi mayones mengandung 10 gram lemak. Untuk mengurangi lemak namun tetap mempertahankan tekstur creamy pada salad dan sandwich, Anda bisa menggunakan greek yoghurt, minyak zaitun, saus apel dan makanan lainnya asalkan rendah lemak. Anda perlu mengontrol porsi makanan, bahkan dengan bumbu yang sehat.

6. Membuat makanan crispy yang sehat

Anda penggemar makanan renyah dan crispy? Tenang, ada tips memasak makanan crispy yang sehat juga, lho! Anda bisa membuat makanan crispy tiruan dengan menggunakan teknik goreng-oven yang rendah lemak. Caranya mudah, Anda bisa  menyemprotkan minyak zaitun atau canola ke daging ayam, daging sapi, atau daging tanpa lemak lainnya lalu bubuhi tepung roti – gunakan tepung roti gandum, secara merata sebelum memanggang di dalam oven. Setelah disemprot, biarkan dalam oven selama beberapa menit dan makanan siap dihidangkan. Dengan teknik ini, Anda tetap bisa menikmati daging crispy yang lezat.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca