Agar Tetap Langgeng, Ini 5 Tips Mempersiapkan Diri Sebelum Menjalani LDR

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 30/08/2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Long distance relationship (LDR) alias hubungan jarak jauh tak jarang menjadi alasan bagi banyak pasangan untuk mengakhiri hubungan. Pemicunya biasanya berasal dari komunikasi yang kurang efektif antara kedua belah pihak. Kabar baiknya, Anda bisa mengantisipasi hal ini dengan menerapkan beberapa tips sebelum jarak benar-benar memisahkan (LDR).

Tips sebelum menjalani LDR

Menjalani LDR tidaklah mudah. Anda dan pasangan tentu perlu beradaptasi terhadap banyak perubahan yang terjadi. Sayangnya, tidak semua pasangan menyadari bahwa proses adaptasi perlu dimulai bahkan dari sebelum menjalani LDR.

Guna mempermudah prosesnya, berikut sederet tips yang bisa Anda terapkan sebelum menjalani LDR:

1. Membicarakan kebutuhan Anda dan pasangan

memiliki minat dan kesamaan dengan pasangan

Tips pertama yang perlu dilakukan pasangan sebelum menjalani LDR adalah membicarakan kebutuhan dan keinginan masing-masing. Ungkapkan perasaan Anda dengan jujur serta harapan Anda kepada pasangan selama menjalani LDR ini.

Anda mungkin merasa takut dan cemas, terutama jika jarak antara tempat tinggal Anda dan pasangan nantinya begitu jauh. Memendam rasa takut tidak akan membuat Anda semakin kuat. Justru, sampaikan masalah ini kepada pasangan agar ia memahaminya.

2. Menentukan waktu untuk menelepon dan berkirim pesan

Ini merupakan salah satu tips terpenting sebelum menjalani LDR. Pasalnya, perbedaan jadwal kerja, jam tidur, dan zona waktu bisa memicu pertengkaran. Atur kapan saatnya menelepon dan berkirim pesan agar tidak mengganggu kesibukan satu sama lain.

Diskusikan pula faktor lain terkait pola komunikasi yang dapat memicu pertengkaran. Misalnya, apakah Anda nyaman dengan telepon yang masuk tiba-tiba, siapa yang menelepon lebih dulu, perlukah memberi kabar setiap hari, dan sebagainya.

3. Berpikir positif dan optimis

dimanfaatkan oleh pasangan

Alih-alih membuat hubungan asmara menjadi renggang, hubungan LDR yang sehat justru memperkuat ikatan emosional antara Anda dan pasangan. Perasaan sayang Anda kepada pasangan bahkan akan bertambah besar selama menjalani LDR.

Untuk bisa memperoleh manfaat ini, tips yang perlu Anda terapkan sebelum menjalani LDR adalah tetap berpikir positif mengenai hubungan Anda. Pikiran positif dapat membantu Anda berpikir lebih jernih dalam mengahadapi setiap situasi sulit dalam menjalani hubungan jarak jauh ini.

4. Memercayai pasangan

Kepercayaan adalah fondasi dari setiap hubungan. Bahkan tak sedikit hubungan yang berakhir akibat masalah kepercayaan. Tanpa adanya kepercayaan, hubungan yang Anda jalani akan selalu terisi dengan perasaan curiga dan prasangka buruk.

Sedapat mungkin, hindari munculnya perasaan curiga dan pikiran negatif. Jangan membuat asumsi tanpa mengetahui kebenarannya. Jika pasangan Anda menunjukkan sikap yang berbeda, tanyakan alasannya secara langsung.

5. Ciptakan rutinitas sederhana yang menjaga keharmonisan hubungan

Menerapkan tips yang satu ini sebelum menjalani LDR akan menjaga hubungan Anda tetap harmonis. Alasannya tak lain karena rutinitas sederhana yang dilakukan bersama membuat Anda merasa tetap terhubung dengan pasangan.

Anda dan pasangan bisa saling berkirim pesan selamat pagi, menceritakan hal menarik yang terjadi pada pekan tersebut, dan masih banyak lagi. Jika pasangan Anda pulang secara berkala, bertemu untuk melepas kangen juga bisa menjadi salah satunya.

Hubungan LDR yang sukses dibangun berdasarkan kepercayaan, komunikasi yang baik, serta komitmen. Meskipun hubungan ini lebih menantang, Anda dan pasangan akan memperoleh hasil yang sepadan jika berhasil melaluinya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Cara Menghadapi Pasangan Pemabuk

Memiliki pasangan yang kecanduan alkohol memang akan memengaruhi hubungan Anda berdua. Lalu, bagaimana cara menghadapi pasangan yang pemabuk?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 11/02/2020 . Waktu baca 5 menit

4 Tips Hadapi Pasangan LDR yang Sedang Marah

Menghadapi pasangan LDR yang sedang marah tentu tidak semudah langsung menemuinya. Lantas, apa yang bisa dilakukan agar hubungan kembali hangat?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 02/02/2020 . Waktu baca 4 menit

Hilangkan Kebiasaan Cuek Terhadap Pasangan Sekarang

Dianggap tidak peduli oleh pasangan memang sungguh menyakitkan. Yuk, ubah kebiasaan buruk tersebut dengan menghilangkan sifat cuek Anda.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 21/01/2020 . Waktu baca 4 menit

3 Cara Menghadapi Pasangan yang Cuek

Pasangan yang tidak perhatian alias cuek memang membuat batin sengsara. Supaya hal ini tidak terjadi pada Anda, kenali cara menghadapi pasangan yang cuek.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 15/01/2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pasangan menjadi sahabat

Manfaat Pasangan Menjadi Sahabat dalam Hubungan Asmara

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 06/06/2020 . Waktu baca 4 menit
menolak cinta gebetan

Inilah Siasat Jitu Menolak Cinta Gebetan agar Tidak Bikin Sakit Hati

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 19/04/2020 . Waktu baca 5 menit
New normal pandemi COVID-19

Tips Merawat Hubungan Selama Physical dan Social Distancing dengan Pasangan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 30/03/2020 . Waktu baca 5 menit
kencan valentine

Jadikan Kencan Malam Valentine Lebih Romantis dengan 5 Tips Ini

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 13/03/2020 . Waktu baca 4 menit