Masih banyak para pasangan yang memperhitungkan efektivitas antara pil KB dan kondom. Malah terkadang, para pasangan bertanya-tanya, apa masih perlu pakai kondom kalau sudah minum pil KB? Satu-satunya jawaban tepat untuk menjawab pertanyaan itu adalah tergantung pada apa yang Anda ingin dan butuhkan. Untuk menentukan mana yang akan Anda pilih, ada baiknya Anda menyimak ulasan di bawah ini.

Pil KB lebih ampuh mencegah kehamilan dibanding kondom

Pertama yang harus Anda ketahui, bahwa semua alat kontrasepsi, termasuk kondom bisa mencegah kehamilan. Dan pastinya ada beberapa alat lain yang lebih efektif daripada kondom.

Jika Anda harus memilih antara pil KB dan kondom tapi hanya ingin memilih satu alat yang lebih efektif untuk mencegah kehamilan, maka jawabannya adalah pil KB. Sedangkan, jika tujuan Anda ingin menghindar dari adanya penularan penyakit kelamin serta kehamilan, tidak ada salahnya juga Anda menggunakan kondom, atau bahkan keduanya sekalipun.

Kelebihan dan kekurangan pil KB

Pil KB dinyatakan 99% efektif untuk mencegah kehamilan, sedangkan untuk alat kontrasepsi seperti IUD efektif sebesar 92%. Disarankan bagi Anda yang sedang mencari tahu manakah yang lebih efektif dan mudah digunakan, coba lihat dari bagaimana cara pemakaian dan risikonya. Aturannya, pil KB harus diminum secara teratur setiap hari dan di jam yang sama pula.

Kalau Anda lupa minum di jam yang berbeda, Anda boleh tetap menyusul minum pil asal tidak lebih dari 12 jam di hari yang sama. Bagi yang lupa minum sampai kurun waktu 24 jam (seharian), boleh-boleh saja tetap minum dengan cara meminum dua pil pada hari tersebut dan melanjutkan minum pil seperti biasa pada hari-hari berikutnya.

Jika Anda lupa minum dalam kurun 48 jam (2 hari), maka anda minum dua pil berturut-turut pada dua hari kedepan dan dapat melanjutkan minum pil seperti biasa di hari berikutnya. Namun, jika anda lupa minum pil lebih dari 2 hari maka Anda harus berhenti meminum pil KB yang Anda punya dan menggunakan kontrasepsi lain seperti kondom untuk mencegah kehamilan. 

Kelebihan dan kekurangan menggunakan kondom

Banyak orang menganggap penggunaan kondom ini akan berpengaruh pada kenikmatan seksual yang dirasakan kedua pasangan. Selain itu, kondom pun memiliki risiko tertinggal di dalam vagina atau bahkan sobek. Namun, jika tujuan utama Anda bukan saja mencegah kehamilan tapi juga mencegah penularan penyakit kelamin, maka kondom adalah pilihan yang paling tepat.

Lebih baik konsultasikan dengan dokter

Di beberapa negara barat, dokter secara aktif mempromosikan penggunaan pil KB dan kondom secara bersamaan. Dan hasilnya, di negara-negara Eropa Timur, penggunaan pil KB dan kondom secara bersama berhasil menghasilkan tingkat kehamilan yang rendah dan kehamilan yang tidak diinginkan. Selain itu, penggunaan pil KB dan kondom mendapatkan perlindungan ganda yang untuk mencegah kehamilan dan penyakit menular seksual.

Pada akhirnya, masalah kegalauan alat kontrasepsi ini bisa Anda diskusikan dengan ahli. Lewat diskusi dengan dokter, ia akan mempertimbangkan masalah pro dan kontra, riwayat kesehatan. Dan risiko kesehatan Anda guna memberikan rekomendasi alat kontrasepsi mana yang terbaik dan paling aman untuk Anda dan pasangan. Jadi jangan ragu bertanya untuk memilih pilihan alat kontrasepsi yang terbaik.

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca