Haruskah Mengenalkan Sang Pacar Kepada Sahabat Anda?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Bagi sebagian orang, mengenalkan pacar ke sahabat adalah suatu tahap yang cukup besar dalam hubungan. Pasalnya, dengan begitu Anda sudah semakin siap dan mantap untuk mengenalkannya pada orang-orang terdekat dan kian masuk dalam kehidupan Anda. Akan tetapi, sebenarnya penting tidak ya mengenalkan pacar ke sahabat?

Apakah Anda siap mengenalkan pacar ke sahabat?

cara mendapatkan teman baru

Pertanyaan ini sebaiknya Anda pikirkan dan tanyakan berulang kali pada diri sendiri. Tentu saja, pada awalnya mengenalkan pacar ke sahabat tidak mudah. Anda mungkin akan cemas, khawatir, dan berpikir yang berlebihan.

Apakah sahabat-sahabat Anda akan suka dan senang dengan sang pacar? Apakah mereka akan saling cocok seperti Anda dengan sahabat? Bagaimana jika pacar Anda tidak menyukai mereka? Atau jika sahabat-sahabat Anda menceritakan hal-hal yang memalukan apakah hal tersebut akan membuat pasangan kurang menyukai Anda?

Nah, coba intip terlebih dahulu beberapa tips di bawah ini sebelum Anda mengenalkan pacar ke sahabat Anda.

  • Jika Anda cemas terhadap reaksi teman Anda, usahakan untuk menceritakan kepribadian sang pacar dulu pada sahabat. 
  • Minta mereka untuk bersikap sopan mengingat ini adalah kali pertama mereka bertemu. Begitu pun sebaliknya dengan pacar Anda.
  • Cobalah sampaikan beberapa topik yang mungkin menurut Anda tidak pantas dibicarakan di depan pasangan.

Akan tetapi, apabila Anda masih saja khawatir meskipun hal-hal di atas sudah dilakukan, mungkin perkenalan bisa ditunda hingga Anda merasa siap. Selain itu, ingatkan diri Anda bahwa kesan pertama sahabat Anda tidak akan berlangsung selamanya. Oleh karena itu, menyaring pendapat dari teman terdekat adalah hal yang bisa dilakukan untuk melalui proses ini.

Mengapa harus memperkenalkan sahabat kepada pasangan?

curhat masalah cinta dan masalah hubungan ke teman

Sudah pasti Anda mengetahui bahwa tahap ini adalah langkah besar dalam hubungan Anda. Kedua pihak adalah bagian yang penting di hidup Anda. Sahabat Anda adalah orang yang mungkin sangat mengenal Anda dan sering menghabiskan waktu bersama jauh sebelum pasangan masuk ke dalam hidup Anda.

Mereka biasanya memiliki kegiatan dan jadwal yang sama dengan Anda, seperti kuliah atau hobi. Hal ini bisa menjadi refleksi mengenai siapa diri Anda sebenarnya. Selain itu, berada di lingkungan pertemanan Anda sudah pasti lebih santai dan pasangan pun melihat sisi yang berbeda dari Anda ketika bersama sahabat Anda.

Kapankah waktu yang tepat?

hubungan pacaran sehat

Sebenarnya, tidak ada jadwal khusus untuk memperkenalkan pasangan kepada sahabat Anda. Hal tersebut semuanya tergantung dari diri Anda. Entah itu sebulan setelah pacaran, setahun atau bahkan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk membawa pasangan Anda ke dalam kehidupan dengan jenjang yang lebih tinggi.

Selain itu, pastikan suasana pertemuan pertama kalian santai, tanpa tekanan dan menciptakan situasi yang menyenangkan. Dengan begitu pasangan dan sahabat Anda dapat saling mengenal dengan lebih baik. 

Biasanya, orang-orang akan mulai memperkenalkan pasangan ketika sudah berkomitmen. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk tidak terburu-buru dalam tahap ini. Pastikan Anda yakin dan nyaman jika tahapan ini dimulai.

Apa saja yang harus dipertimbangkan?

berpikir logis

Apabila Anda masih tidak yakin untuk memasuki tingkatan ini, mungkin Anda harus berpikir ulang mengapa sangat penting memperkenalkan pacar kepada sahabat Anda? Apakah karena Anda ingin memperkenalkan dunia Anda padanya? atau karena Anda memiliki keraguan dan membutuhkan pendapat kedua dari sahabat? Coba Anda pikirkan dan renungkan kembali tujuan Anda.   

Selain itu, usahakan untuk tidak secara kebetulan mengenalkan pacar Anda ke sahabat. Misalnya, Anda berdua sedang pergi menonton atau makan malam dan tiba-tiba bertemu dengan sahabat Anda. Selain merusak momen kalian berdua, biasanya pasangan Anda akan lebih banyak diam karena tidak ada persiapan sama sekali.

Sesungguhnya, semuanya kembali lagi pada diri Anda. Apabila Anda merasa hal ini penting untuk dilakukan dan siap untuk mengenalkan pacar Anda ke sahabat, maka lakukanlah. Anda pasti paham bahwa sahabat tahu yang terbaik untuk Anda, dan mereka lah orang yang paling jujur kepada kita.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca