3 Penyebab Utama Mengapa Pasangan Bisa Bertengkar Saat Liburan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro

Liburan bersama pasangan seharusnya menjadi momen untuk memperkuat hubungan Anda. Namun, saat-saat ini justru malah bisa membuat Anda dan pasangan malah bertengkar karena berbagai masalah yang muncul saat liburan. Untuk menghindarinya, ketahui lebih dulu penyebab terjadinya pertengkaran selama liburan?

Penyebab pasangan bertengkar saat liburan

Mengenali apa saja penyebab Anda dan pasangan bertengkar saat liburan bisa membuat Anda menghindari atau setidaknya meminimalisir. Lantas, apa saja penyebabnya? 

1. Stres saat liburan

Pasangan sedang marah-marah

Menurut American Psychology Association, stres yang muncul saat liburan adalah kondisi yang sangat sering terjadi, bahkan pada pasangan yang sedang berlibur. 

Stres yang Anda dan pasangan alami tentu akan mengganggu. Tak jarang, hal ini juga bisa memengaruhi hubungan Anda berdua. Semakin lama stres terjadi, tentu dampaknya akan semakin buruk kepada pikiran dan tubuh. 

Anda berdua mungkin merasa sangat lelah, sulit berkonsentrasi, atau mudah marah tanpa alasan yang jelas. Akibatnya, ketika hal tersebut terjadi Anda dan pasangan menjadi mudah emosi dan berdebat soal hal-hal kecil. 

Misalnya, Anda menjadi mudah marah dan stres karena rumah yang berantakan akibat pasangan yang mengadakan pesta ketika berlibur. Hal-hal kecil tersebut mungkin awalnya sepele, tetapi jika selalu diungkit, tentu akan memicu pertengkaran baru di antara Anda dan pasangan. 

Maka itu, pasangan yang bertengkar sering kali dipicu oleh rasa lelah dan stres saat liburan tiba. 

2. Berdebat soal kondisi keuangan

Menentukan biaya liburan

Selain rasa lelah dan stres, masalah keuangan yang tiba-tiba berubah drastis juga bisa menjadi penyebab pasangan bertengkar saat liburan. 

Hampir sebagian besar pasangan pasti pernah mengalami pertengkaran seputar masalah finansial. Terlebih lagi, ketika liburan tiba, pengeluaran yang tidak terduga tiba-tiba muncul. 

Entah karena kelebihan pengeluaran saat liburan atau mengadakan pesta tanpa mempertimbangkan keuangan

Selain itu, hal ini juga sering terjadi ketika salah satu di antara Anda berdua memiliki prinsip yang berbeda soal keuangan. Apakah Anda berperan sebagai orang yang menyimpan uang atau pasangan yang hobi menghambur-hamburkan uang ketika berlibur. 

3. Perbedaan tradisi perayaan liburan

penyebab pasangan posesif

Biasanya, perbedaan tradisi ketika melaksanakan liburan menjadi salah satu masalah yang membuat Anda bertengkar dengan pasangan. Apalagi jika ini adalah kesempatan pertama kali Anda merasakannya. 

Sebenarnya, masalah ini merupakan dua sisi mata uang. Di satu sisi, perbedaan ini bisa membuat Anda semakin mengenal satu sama lain, atau justru malah membuat Anda renggang. Semuanya tergantung bagaimana Anda berdua bersikap. 

Misalnya, ketika liburan tiba, Anda dan keluarga besar terbiasa berlibur di luar kota. Sedangkan, pasangan Anda tidak terbiasa demikian. Ia lebih cenderung di rumah dan berkumpul bersama dengan saudara lainnya. 

Jika perbedaan tersebut tidak diselesaikan dengan baik, tentu akan menimbulkan masalah dalam hubungan. Anda mungkin ingin menghabiskan waktu bersama keluarga besar, tetapi di sisi lain pasangan Anda pun juga menginginkan hal yang sama. 

Selain itu, masalah perbedaan ini mungkin bisa menimbulkan persoalan baru antara keluarga pasangan dengan keluarga Anda. 

Pasangan yang bertengkar saat liburan tentu bisa dihindari. Kunci utamanya adalah mempunyai komunikasi yang baik di antara Anda dan pasangan. Dengan begitu, Anda berdua bisa mengetahui keinginan masing-masing dan bagaimana mewujudkannya.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 4, 2020 | Terakhir Diedit: Januari 13, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca