Apa yang Terjadi Jika Wanita Orgasme Prematur Saat Seks, dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 20/08/2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Ejakulasi dini tidak hanya bisa terjadi pada pria. Siapa sangka hal yang sama juga bisa terjadi pada wanita? Namun, sebutannya untuk wanita adalah orgasme prematur. Apakah kondisi ini berpengaruh pada kepuasan berhubungan seks mereka di ranjang?

Apa dampak orgasme prematur pada wanita?

Pada wanita, orgasme prematur atau ejakulasi dini adalah kondisi ketika mengalami orgasme lebih cepat dari waktu yang diinginkan. Kondisi ini terjadi di luar kendali atau kesadaran Anda.

Melansir Live Science, ada sebuah survey yang mengamati kasus ejakulasi dini pada wanita berusia 18-45 tahun di Portugal pada tahun 2011. Penelitian ini dipimpin oleh Serafim Carvalho dan menanyakan tentang:

  • Seberapa sering mereka mengalami orgasme prematur?
  • Apakah orgasme mereka tidak bisa ditahan atau dikendalikan?
  • Apa mereka merasa terganggu karena sering orgasme dini?
  • Apakah secara umum mereka tetap merasa puas dengan kehidupan seks mereka selama ini, meski punya masalah ejakulasi dini? 

Hanya 60% wanita dari total peserta yang menjawab survey hingga komplit. Dari situ ditemukan bahwa 40%-nya mengaku pernah orgasme lebih cepat dari yang diinginkan setidaknya sekali, tapi tidak mengalami masalah berarti. Sementara 14 persen wanita lainnya melaporkan sering mengalami orgasme prematur. Sisanya sebanyak 3,3 persen wanita menjawab bahwa orgasme prematur membuat mereka jadi mengalami disfungsi seksual.

Wanita yang sering ejakulasi dini juga merasa tidak mendapatkan kepuasan yang maksimal setiap kali berhubungan seks. Dalam penelitian ini, mereka cenderung merasa bersalah terhadap pasangannya karena sudah orgasme terlebih dulu. Sementara yang lainnya jadi merasa tidak nyaman untuk berhubungan seksual. Rata-rata suasana hati dan gairah seksual wanita ini pun menurun setelah orgasme prematur.

Bagaimana cara mengatasi orgasme prematur?

Carvalho mengatakan, wanita yang langganan orgasme atau ejakulasi dini butuh pemeriksaan dan konsultasi klinis untuk segera menangani masalahnya. 

Menurut Justin Miller, asisten dosen jurusan psikologi sosial di Ball State University, belum diketahui apa penyebab wanita mengalami orgasme dini. Namun, hal ini bisa diperbaiki dengan beberapa teknik untuk membantu wanita menahan dan melatih orgasmenya agar tidak kebablasan. 

Pakai teknik stop and start

Miller mengatakan bahwa wanita bisa mencoba teknik stop and start. Teknik ini dilakukan dengan cara beraktivitas seksual seperti biasa sampai wanita merasakan ingin orgasme.

Ketika wanita merasakan orgasme, segera langsung hentikan semua aktivitas berhubungan intimnya sementara. Tenangkan diri dulu dari rangsangan, baru lanjutkan 

Ulangi hal ini sampai beberapa kali. Semakin sering Anda melatih dan berhasil melewati orgasme lebih awal, semakin berhasil. 

Minum obat antidepresan

Justin Miller juga mengatakan bahwa orgasme prematur pada wanita bisa ditangani sementara dengan minum obat antidepresan SSRI berdosis rendah. 

Bagi kebanyakan orang, efek samping obat SSRI biasanya membuat susah klimaks. Akan tetapi, efek obat ini diduga dapat membantu menunda orgasme jika diberikan pada wanita yang mengalami orgasme prematur. Dengan catatan: obat depresan hanya bisa didapat dengan resep dokter, dan dosisnya pun akan diatur ketat oleh dokter. 

Selain dua cara di atas, Miller juga menyarankan berlatih senam Kegel untuk mengencangkan otot panggul yang mungkin bisa membantu mengatasi orgasme prematur pada wanita. 

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Momen anak disunat menjadi salah satu hal penting, khususnya di Indonesia. Tapi, dari sisi medis, kapan waktu yang tepat untuk melakukan sunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Banyak gejala penyakit yang sering kali kita abaikan karena terkesan remeh. Padahal, jika dibiarkan justru efeknya bisa fatal.

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kode wadah plastik pada makanan atau minuman

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
botol plastik hangat

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit