Ini Alasan Kenapa Menyimpan Rahasia dari Pasangan Itu Bisa Merusak Hubungan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 26/02/2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Ada banyak anggapan berbeda perihal menyimpan rahasia dari pasangan. Ada yang mengatakan boleh ada yang justru menentangnya dengan keras. Namun satu hal yang pasti, setiap orang memiliki alasan tersendiri mengapa ia menyimpan rahasia dari pasangannya. Sebelum Anda terpikir untuk menyimpan rahasia dari pasangan, ketahui dulu efeknya untuk hubungan.

Kenapa menyimpan rahasia dari pasangan merusak hubungan?

menyimpan rahasia dari pasangan

Umumnya seseorang menyimpan rahasia dari pasangannya karena takut saat mengatakan kebenaran justru akan memperburuk keadaan. Selain itu, alasan lainnya yang paling sering digunakan ialah karena ingin terus melakukan sesuatu yang dilarang oleh pasangan. Namun ternyata, menyimpan rahasia dari pasangan bisa merusak hubungan lho.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Michael Slepian di Columbia University, ditemukan fakta bahwa semakin banyak rahasia yang disimpan seseorang maka akan semakin besar pula efek negatifnya. Simpulan ini didapatkan dari penelitian yang dilakukannya yang membuktikan bahwa orang yang menyimpan banyak rahasia lebih merasa terbebani dibandingkan dengan yang tidak. Mengapa bisa begitu?

Rahasia bisa merusak kepercayaan yang dibangun dalam hubungan. Padahal, kepercayaan merupakan salah satu pondasi penting dalam di dalam hubungan baik pacaran maupun pernikahan. Kepercayaan merupakan hal yang mudah rusak dan sangat sulit diperbaiki.

Ketika Anda menyimpan rahasia dari pasangan tandanya Anda membuka celah untuk memicu pertengkaran. Memang benar rahasia bisa dijaga, tetapi siapa yang bisa menjamin rahasia tersebut tak akan terbongkar suatu hari nanti? Seperti kata patah sepandai-pandainya menyimpan bangkai lama-lama baunya akan tercium juga, begitu pun dengan rahasia.

Jika rahasia yang selama ini Anda jaga ternyata terbongkar bukan tidak mungkin pasangan merasa dikhianati. Apalagi jika yang Anda rahasiakan ternyata menyangkut hal yang sangat sensitif seperti keuangan, kebiasaan buruk seperti berjudi, atau perselingkuhan. Apabila hal ini terjadi maka bukan tidak mungkin Anda akan kehilangan kepercayaan dari pasangan. Dampaknya, hubungan bisa di ambang kehancuran.

Pentingnya kejujuran dan keterbukaan dalam hubungan

salah paham dengan pasangan

Daripada berusaha keras untuk menyimpan rahasia, akan jauh lebih baik jika Anda dan pasangan sama-sama belajar untuk berkomunikasi secara jujur dan terbuka. Luangkan waktu santai bersama pasangan untuk membicarakan batasan dan hal-hal lain yang perlu Anda sepakati dalam hubungan.

Misalnya, buat kesepakatan jika salah satu dari Anda ada yang ketahuan menyimpan rahasia, akan ada konsekuensi khusus yang diberikan. Selain itu, Anda juga bisa membuat waktu-waktu khusus untuk membahas hal-hal sensitif dalam hubungan.

Hal ini dilakukan sebagai upaya agar Anda berdua tak perlu lagi menyimpan rahasia dari pasangan. Selain itu, cara ini juga dilakukan untuk membangun kepercayaan agar tetap tumbuh dan semakin kuat. Meski awalnya tidak mudah tetapi Anda dan pasangan pasti bisa melakukannya asal selalu berpegang pada prinsip komunikasi jujur dan terbuka.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Tanda-Tanda Anda Tidak Cinta Lagi Dengan Pasangan

Sudah lama menjalin hubungan dengan dia dan kini merasakan tanda sudah tidak cinta lagi? Simak apa saja tanda cinta Anda ke dia mulai pudar.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 15/01/2020 . Waktu baca 4 menit

4 Tips Memilih Lingerie yang Nyaman dan Menggoda untuk Bercinta

Persiapan bercinta malam ini bisa dilakukan dengan memilih lingerie. Adakah tips untuk memilih lingerie yang pas, nyaman, dan menggoda?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 25/12/2019 . Waktu baca 3 menit

Cara Cepat Hilangkan Pegal Linu Sehabis Bercinta

Badan pegal linu sehabis berhubungan seks? Jangan sedih, simak 3 cara cepat berikut untuk mengatasi otot yang pegal linu sehabis bercinta.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 18/12/2019 . Waktu baca 3 menit

3 Posisi Seks yang Bisa Cepat Membuat Orgasme

Orgasme kini bukan lagi jadi mitos yang katanya sulit didapatkan. Coba 3 posisi seks mantap berikut untuk mempermudah orgasme Anda dengan pasangan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 26/11/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

air mani keluar saat puasa

4 Cara Mencegah Keluar Air Mani Saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020 . Waktu baca 5 menit
tanda-tanda selingkuh

6 Tanda Pasangan Anda Selingkuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 17/02/2020 . Waktu baca 4 menit
suami gay

Suami Tiba-tiba Mengaku Gay, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29/01/2020 . Waktu baca 3 menit
mengatasi trauma setelah bercerai

Mengatasi Trauma Memulai Hubungan Baru Setelah Bercerai

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 22/01/2020 . Waktu baca 4 menit