Saatnya Move On! Ini 6 Tips Kembali Menjalin Asmara Setelah Bercerai

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto

Mengulang segalanya dari awal demi menjajaki hubungan baru merupakan langkah berani bagi seorang yang sudah bercerai. Namun, pasti ada rasa takut yang menghantui benak saat Anda berniat untuk kembali memulai hubungan setelah bercerai.

Sebagian orang memang membutuhkan waktu yang tepat untuk kembali memulai hubungan. Bila kini Anda sudah mengumpulkan kepercayaan diri, ketahui tips memulai hubungan baru usai bercerai.

Tips memulai hubungan baru usai bercerai

Mungkin saja sebagian orang berpikir bahwa adakah yang ingin mencintainya setelah bercerai. Tak peduli berapapun umur Anda, tetapi selalu ada kesempatan untuk memulai hubungan baru.

Justru inilah tantangan menyenangkan untuk mengawali babak baru dalam hidup. Kembali berjiwa muda dengan memulai hubungan baru. Berikut tips yang bisa Anda coba sebagai langkah membuka pintu sebuah hubungan.

1. Terima diri Anda apa adanya 

Penting untuk menerima kenyataan dan mencintai diri sendiri untuk meraih kebahagiaan. Ada baiknya Anda tetap bersosialisasi dengan yang teman lama atau komunitas baru. Berikan kesempatan pada diri sendiri pada babak ini.

Ada kalanya Anda butuh waktu menyendiri untuk menerima apa adanya. Tapi jika pada saatnya, terbukalah kepada yang lain. Terkadang cara terbaik mengobati luka dengan hidup bersosialisasi.

2. Perlahan saja

Bilamana Anda sudah menemukan tambatan hati yang baru, mulai saja perlahan. Misalnya dengan berbincang banyak mengenai beragam topik atau favoritnya. 

Memulai hubungan dengan percakapan sederhana di sebuah kedai kopi, tentu menyenangkan. Hindari percakapan sensitif, misalnya mengulik perceraian atau masalah pribadi.

3. Cukup sebentar saja agar si dia penasaran

Tak perlu berlama-lama dalam pertemuan awal memulai hubungan. Cukup berbincang 40 menit saja dan rencanakan pertemuan berikutnya. Setidaknya hal ini membuat si dia penasaran.

Tentu pada pertemuan selanjutnya, ada banyak hal yang bisa Anda dan si dia ceritakan. Secara perlahan, Anda juga semakin mengenal apakah ia orang yang tepat untuk Anda.

4. Jangan cari yang sama dengan mantan

Setiap orang ingin merasakan hubungan yang familiar. Salah satu jalannya dengan menemukan calon pasangan yang mirip dengan mantan suami atau istri.

Terjebak dengan rasa familiar ini, secara tak langsung membuat Anda kembali terjebak nostalgia. Maka itu, cobalah untuk beralih keluar dari zona nyaman dan cari seseorang yang memiliki karakter berbeda dari mantan.

5. Ingatlah, selalu ada pilihan

Terbuka pada beragam pilihan hingga Anda menemukan seseorang yang tepat. Jika ia bukan orang yang tepat, selalu ada pilihan lain.

Memulai hubungan secara perlahan bukan berarti Anda harus menemukan di saat itu juga. Memang butuh waktu untuk kembali menemukan cinta sejati tak ada salahnya bukan?

Jika Anda ingin memulai petualangan baru, tak ada salahnya mencoba ngopi darat dengan teman kencan online. Namun, ingatlah poin-poin sebelumnya bahwa segalanya tak perlu terburu-buru.

6. Berikan pengertian pada anak

Bila Anda telah menemukan orang yang tepat dan hendak ingin kembali memulai hubungan, jangan lupa komunikasikan kepada anak.

Mungkin sebagian anak kurang setuju karena terkadang sulit untuknya menerima kenyataan bila orangtuanya menjalani hubungan dengan orang lain.

Namun, berikanlah ia pengertian bahwa memulai hubungan kembali adalah bagian dari pilihan orang dewasa. Pastinya Anda akan memilih orang terbaik yang bisa menerima kehidupan Anda dan anak seutuhnya.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Desember 22, 2019 | Terakhir Diedit: Desember 10, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca