Sehatkah Suka Membandingkan Hubungan Asmara dengan Orang Lain?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 05/04/2020
Bagikan sekarang

Membandingkan hubungan dengan orang lain adalah salah satu kebiasaan yang dilakukan salah satu pasangan ketika mereka melihat pasangan lain yang lebih bahagia. Misalnya, sahabat Anda mungkin lebih sering menerima hadiah dari pasangannya dibandingkan Anda, sehingga mereka terlihat sangat menyenangkan dan Anda tidak. 

Apakah menandingkan hubungan asmara Anda dengan orang lain itu normal? Temukan jawabannya di sini. 

Alasan orang suka membandingkan hubungan asmara dengan orang lain

Berbicara dengan pasangan tentang ketemuan sama mantan

Pada dasarnya, perbandingan dalam ruang lingkup sosial membantu Anda memahami diri sendiri.

Hal ini juga sering terjadi pada hubungan asmara agar Anda lebih memahami hubungan Anda dengan pasangan, apakah Anda bahagia atau tidak. Dengan melihat hubungan orang lain, Anda mungkin akan menemukan hal-hal positif yang memperkuat hubungan Anda sendiri.

Akan tetapi, tidak jarang perilaku ini justru cenderung menemukan sisi negatif dan membuat hubungan Anda menjadi lemah. 

Menurut sebuah jurnal yang membahas tentang perbandingan hubungan orang lain pada laman Facebook, ada tiga kategori yang membagi jenis perbandingan hubungan, yaitu: 

  • Perbandingan hubungan orang lain yang lebih positif, seperti Anda melihat orang lain terlihat sangat bahagia dalam hubungannya dan Anda berusaha untuk menjadi seperti itu. 
  • Merasa hubungan Anda lebih baik, seperti Anda merasa hubungan Anda lebih seru dan menarik dibandingkan hubungan asmara teman Anda. 
  • Perbandingan hubungan yang negatif, seperti Anda merasa bahwa pasangan yang lain lebih saling mencintai dibandingkan hubungan Anda. 

Jika Anda termasuk dalam perbandingan yang positif, mungkin membandingkan hubungan dapat berdampak baik pada Anda dan pasangan untuk membuat hubungan ini langgeng.

Akan tetapi, ketika Anda hanya mencari kelemahan hubungan Anda untuk dibandingkan dengan hubungan orang lain tentu berefek buruk terhadap hubungan Anda berdua. 

Memiliki hubungan yang kurang berkomitmen

bercanda dengan pasangan kelewatan

Bagi Anda yang sering berkomentar negatif dengan membandingkan hubungannya dengan orang lain, mungkin terjadi karena tidak terlalu berkomitmen dengan pasangannya sendiri.

Mereka yang berada dalam hubungan seperti ini cenderung senang melihat orang lain sebagai pasangan alternatifnya. Hal ini mungkin dikarenakan hubungannya tidak memuaskan atau kurang bahagia. 

Apabila Anda sering membanding-bandingkan hubungan asmara sendiri dengan teman yang terlihat jauh lebih bahagia, artinya ada yang salah dengan hubungan Anda. Entah itu kesalahan pasangan Anda atau diri Anda sendiri. 

Sebelum mengomentari hidup orang lain, cobalah untuk melihat lebih jauh ke hubungan diri sendiri, apakah memang sudah berusaha untuk berbahagia atau tidak. 

Berhenti membandingkan hubungan percintaan Anda dengan orang lain

Sebenarnya, membandingkan hubungan dengan orang lain adalah cara normal untuk meningkatkan kualitas hubungan Anda. Namun, terlalu sering melakukannya juga hanya akan berdampak buruk terhadap hubungan Anda. 

Maka itu, evaluasi dahulu hubungan Anda dengan pasangan sebelum terlalu sering terpengaruh oleh hubungan orang lain.

Mengevaluasi hubungan percintaan sendiri

quality time dengan pasangan

Walaupun perbandingan hubungan sulit dihindari karena media sosial, cobalah untuk bertanya kepada diri sendiri. Apakah dengan membandingkan hubungan ini dengan orang lain mengarah kepada hubungan Anda yang lebih baik atau tidak?

Jika tidak, ingat bahwa prinsip romantis dan rasa yang kuat dalam hubungan seseorang berbeda-beda. Mungkin ada pasangan yang mengekspresikan rasa sayangnya dengan sering memberikan buket bunga. 

Ada pula pasangan yang mungkin juga bahagia tanpa harus diberikan buket bunga, melainkan dengan cara lain. Oleh karena itu, coba lihat kembali hubungan Anda, apakah perlu melakukan hal yang sama dengan orang lain.

Membandingkan hubungan asmara Anda dengan orang lain sebenarnya tidak masalah. Akan tetapi, menjadi tidak wajar ketika Anda terlalu menjelek-jelekan hubungan Anda.

Ingatlah bahwa setiap orang memiliki cara sendiri agar hubungannya sehat dan bahagia. Hal tersebut akan menyadarkan bahwa cara pasangan Anda mungkin akan berbeda dengan yang lain, begitu juga dengan Anda yang memiliki cara sendiri. 

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berkompromi dengan Pasangan yang Beda Prinsip

Beda prinsip dengan pasangan bukan berarti hubungan harus diakhiri. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah saling berkompromi dan saling memahami.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda

Selain Orang Luar, Ternyata Anda Juga Bisa Merusak Hubungan Asmara Sendiri

Salah satu faktor berakhirnya sebuah hubungan ternyata bisa dari diri sendiri. Ini dia beberapa tanda yang menunjukkan Anda merusak hubungan sendiri

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

Codependent Relationship, Ketika Anda Terlalu Banyak Berkorban Demi Pasangan

Mengutamakan kebahagiaan pasangan memang baik. Namun, selalu berkorban demi pasangan juga tidak dianjurkan. Mengapa begitu?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

Meski Menemui Banyak Rintangan, Ternyata Menjalin Hubungan LDR Ada Manfaatnya

Bagi Anda yang menjalani hubungan jarak jauh alias LDR mungkin sering dipandang sebelah mata. Kenyataannya, LDR memiliki manfaat yang tidak disangka-sangka.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

Direkomendasikan untuk Anda

hubungan berjalan terlalu cepat

7 Tanda Hubungan Anda dan Pasangan Berjalan Terlalu Cepat

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 27/04/2020
tidak disukai pacar sahabat

Pacarnya Sahabat Tidak Suka Dengan Anda, Perlu Menjauh Atau Tidak, Ya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/02/2020
cara mengatasi pasangan pemabuk

5 Cara Menghadapi Pasangan Pemabuk

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 11/02/2020

5 Dampak Buruk yang Dihasilkan dari Gaslighting dalam Hubungan Asmara

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 29/12/2019