Pasangan yang Melakukan Yoga Bersama Ternyata Bisa Lebih Intim, Lho

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 15/08/2019 . 4 mins read
Bagikan sekarang

Biasanya, latihan yoga dilakukan sendiri. Akan tetapi, ada beberapa gerakan yoga yang membutuhkan teman atau pasangan agar dapat memperoleh manfaat dari latihan tersebut. Nah, bagi beberapa orang, manfaat yoga bersama pasangan ternyata berpengaruh cukup besar terhadap hubungan mereka. Apa saja, ya?

Segudang manfaat yoga bersama pasangan

Pengalaman melakukan yoga bersama pasangan ternyata hampir setara dengan berwisata bersama yang dapat memperkuat hubungan Anda berdua.

Pada saat melakukan gerakan yoga bersama pasangan, Anda dan pasangan diharuskan untuk memperhatikan satu sama lain agar gerakan tersebut berhasil. 

Maka itu, banyak pasangan yang memulai untuk melakukan yoga bersama untuk mendapatkan manfaat bagi kualitas hubungan mereka. 

1. Meningkatkan kepuasan di dalam hubungan

Kualitas sebuah hubungan dapat dilihat dari seberapa intim dan sehatnya hubungan di antara Anda berdua. Salah satu cara untuk mendapatkan hal tersebut adalah dengan melakukan yoga bersama pasangan. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang melakukan aktivitas baru bersama-sama, termauk yoga, justru dapat meningkatkan keintiman dan keromantisan di dalam hubungan mereka.

Hal ini dikarenakan ketika mencoba sesuatu yang baru, Anda dan pasangan sama-sama belajar dan menghabiskan waktu bersama untuk berbagi pengalaman yang bermakna. 

Dengan melakukan yoga, Anda mengembangkan perhatian terhadap pasangan Anda saat itu. Sebab, gerakan yoga akan berhasil apabila Anda benar-benar memerhatikan satu sama lain.

Selain itu, momen melakukan teknik pernapasan dan berpose bersama pasangan membuat Anda merasa lebih bahagia satu sama lain. 

2. Memperbaiki kualitas hubungan intim

yoga berpasangan

Selain kepuasan dalam hubungan Anda, kehidupan seksual Anda dan pasangan pun akan lebih berkualitas ketika berlatih yoga bersama.

Ketika berlatih gerakan yoga bersama pasangan, Anda berdua melakukannya dengan gerakan yang terharmonisasi, alias selaras. Anda dan pasangan pun harus memercayai satu sama lain, terutama saat melakukan gerakan yang mengharuskan salah satu di antara Anda diangkat. 

Selain itu, manfaat yoga bersama pasangan juga meningkatkan kualitas hubungan seksual Anda berdua karena adanya komunikasi yang terjalin terus meningkat dari sentuhan dan gerakan. 

Maka itu, banyak terapis pasangan yang menyarankan beberapa pasangan untuk mengikuti kelas yoga bersama demi kualitas hubungan mereka. 

3. Memperkuat komunikasi dan rasa percaya

Komunikasi dan kepercayaan adalah salah satu fondasi dari hubungan yang sehat. Keduanya aspek tersebut ternyata dapat diperoleh melalui yoga bersama pasangan. 

Selain bercerita tentang keseharian, bersentuhan dan kehadiran Anda turut memengaruhi kualitas hubungan Anda. Seperti yang dilansir dari Kripalu, sebuah situs tentang yoga dan kesehatan, yoga dapat membantu Anda menjadi lebih dekat dengan pasangan. 

Terlebih lagi, ketika Anda berdua sedang mengalami sebuah konflik atau kesal. Yoga menjadi media ruang untuk membuka kembali keintiman melalui sentuhan atas persetujuan Anda berdua. 

4. Mengurangi rasa cemas dan stres

manfaat yoga untuk diabetes

Salah satu manfaat yoga yang memang sering dialami oleh hampir setiap orang adalah mengurangi stres dan rasa cemas, tidak terkecuali yoga bersama pasangan. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang sudah menikah dan sering berpegangan tangan lebih jarang mengalami stres. Hal tersebut dikarenakan ketika Anda berpegangan tangan atau melakukan kontak fisik dengan pasangan terdapat sensor saraf yang lebih kuat. 

Oleh karena itu, beberapa pose yoga yang dilakukan bersama dengan pasangan, seperti backbends atau camel pose bertujuan untuk membuka area tubuh tertentu. Kedua pose ini menjadi contoh bahwa gerakan yoga dapat memberikan energi baru dan membantu melepaskan stres. 

Selain menyehatkan tubuh Anda berdua, yoga bersama pasangan ternyata juga membawa manfaat terhadap semakin kuatnya hubungan Anda berdua. Maka itu, tidak salah untuk berlatih gerakan yoga pasangan ini. Namun, ingat untuk melakukannya dalam pengawasan pelatih untuk menghindari terjadinya cedera.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pacarnya Sahabat Tidak Suka Dengan Anda, Perlu Menjauh Atau Tidak, Ya?

Sudah menjalin persahabatan sekian lama, tidak menjamin Anda langsung disenangi pacarnya sahabat. Haruskah menjauh bila tidak disukai pacar sahabat sendiri?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 22/02/2020 . 4 mins read

5 Cara Menghadapi Pasangan Pemabuk

Memiliki pasangan yang kecanduan alkohol memang akan memengaruhi hubungan Anda berdua. Lalu, bagaimana cara menghadapi pasangan yang pemabuk?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 11/02/2020 . 5 mins read

8 Pose Yoga untuk Menghilangkan Pegal-Pegal Pada Ibu Menyusui

SSaat menyusui, badan kerap pegal tak karuan dan biasanya tak hilang hanya dengan tidur. Solusinya, yuk coba gerakan yoga untuk ibu menyusui.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kebugaran, Hidup Sehat 03/01/2020 . 4 mins read

Berkompromi dengan Pasangan yang Beda Prinsip

Beda prinsip dengan pasangan bukan berarti hubungan harus diakhiri. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah saling berkompromi dan saling memahami.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Hidup Sehat, Seks & Asmara 07/12/2019 . 4 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

Hubungan Harmonis Pengaruhi Tingkat Stres Pasien Kanker Payudara

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 10/06/2020 . 5 mins read
hubungan berjalan terlalu cepat

7 Tanda Hubungan Anda dan Pasangan Berjalan Terlalu Cepat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 27/04/2020 . 5 mins read
membandingkan hubungan orang lain

Sehatkah Suka Membandingkan Hubungan Asmara dengan Orang Lain?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 05/04/2020 . 4 mins read
gerakan yoga untuk pria

5 Gerakan Yoga untuk Tingkatkan Vitalitas Pria Saat Berhubungan Intim

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 10/03/2020 . 5 mins read