Psst, Ternyata Seks Bisa Mencegah Beser Lho! Ini Penjelasannya

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 04/07/2018
Bagikan sekarang
Artikel ini berisi:

Faktanya, tak hanya memuaskan gairah, seks juga punya segudang manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Salah satu manfaat seks untuk kesehatan yaitu bisa mencegah inkontinensia atau beser. Ya, beser membuat Anda sulit menahan air kencing sehingga bisa saja Anda berkali-kali bolak-balik kamar mandi. Lalu, bagaimana bisa seks bikin gejala inkontinensia ini menghilang?

Mengapa seks bisa mencegah?

Otot panggul yang kuat sangat penting untuk menghindari inkontinensia atau kebocoran urin selama melakukan aktivitas fisik seperti seks, melompat, bersin, hingga tertawa.

Semakin lemah otot-otot dasar panggul, maka semakin besar kemungkinan Anda untuk mengalami gejala inkontinensia. Hal ini dikarenakan otot panggul yang lemah akan menurunkan kemampuan kandung kemih untuk menahan urine yang ditampungnya.

Apalagi jika Anda wanita berusia menengah ke atas yang telah menjalani beberapa kali kehamilan dan juga persalinan. Otot dan jaringan panggul mungkin telah mengalami kerusakan.

Pertambahan usia serta riwayat kehamilan dan kelahiran ini menjadi faktor utama melemahnya otot dasar panggul. Itu sebabnya Anda sangat mungkin mengalami kebocoran urine saat beraktivitas.

mencoba seks anal

Para ahli menyatakan bahwa salah satu cara untuk mengembalikan kekuatan otot dasar panggung demi mencegah inkontinensia urine ialah dengan melakukan seks secara rutin. Saat seks, hampir seluruh otot tubuh mengalami kontraksi, termasuk otot dasar panggul dan otot kandung kemih. Sehingga, kegiatan seks menjadi semacam latihan bagi otot-otot di sekitar panggul untuk memperkuat dirinya.

Ketika orgasme, organ vagina, rahim, anus, dan otot dasar panggul mengencang dan berkontraksi selama hampir 20 detik. Hal ini menjadi latihan yang sangat baik untuk menguatkan otot dasar panggul yang melemah.

Atas dasar inilah seks menjadi sangat bermanfaat untuk kesehatan kandung kemih Anda. Bisa dikatakan, semakin sering Anda melakukan seks dengan pasangan semakin baik pula kemampuan tubuh untuk mengendalikan kandung kemih Anda.

Sehingga manfaat seks untuk kesehatan kandung kemih Anda dapat terlihat. Melakukannya secara rutin dengan pasangan menjadikan manfaat seks yang satu ini dapat berlangsung secara jangka panjang.

Tak hanya seks, ini tips supaya otot panggul jadi kuat

Selain seks, ada beberapa cara untuk menjaga kekuatan kendali kandung kemih yaitu dengan menjaga kekuatan otot dasar panggul melalui cara-cara berikut:

1. Melakukan senam kegel

Senam kegel sudah menjadi latihan efektif untuk memperkuat dasar panggul. American Academy of Family Physicians (AAFP) menyatakan bahwa melakukannya secara rutin sebanyak 10 kali di pagi hari dan 10 kali di malam hari dapat memperkuat otot dasar panggul Anda.

Dengan melatih otot-otot ini, tubuh bisa mengendalikan saluran urinnya sehingga tidak mudah bocor. Menurut AAFP, kontrol kandung kemih akan membaik setelah 6 hingga 12 minggu melakukan senam kegel rutin setiap hari.

2. Menjaga berat tetap ideal

Menurut penelitian yang diterbitkan di Journal of Urology, semakin berat tubuh Anda makan semakin besar pula tekanan yang diberikan pada kandung kemih.

Tekanan berlebih yang konstan akibat berat badan yang juga berlebihan dapat membuat kandung kemih kehilangan kekuatannya hingga Anda sulit untuk menahan kencing saat sedang melakukan aktivitas fisik tertentu. Oleh sebab itu, cari tahu dan pertahankan berat ideal Anda demi kesehatan kandung kemih yang lebih baik.

3. Membatasi konsumsi kafein dan alkohol

Kafein dan alkohol termasuk minuman diuretik yang membuat Anda kencing lebih banyak dan sering. Sayangnya, terlalu sering kencing bisa membuat otot lebih mudah teriritasi yang dapat menyebaabkan inkontinensia.

Reseptor saraf di kandung kemih akan memberi tahu otak saat ia mulai penuh, tetapi jika kandung kemih mengalami gangguan maka otak akan menerima pesan bahwa kandung kemih penuh padahal sebenarnya tidak. Hal ini akan membuat otot sekitarnya berkontraksi dan menyebabkan kebocoran.

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

Sumber

The Science of Orgasm

https://www.medicaldaily.com/science-orgasms-242406 accessed on June 5th 2018

10 Surprising Health Benefit of Sex

https://www.webmd.com/sex-relationships/guide/sex-and-health#1 accessed on June 5th 2018

Sex, Exercise, and Stress Incontinence

https://www.webmd.com/women/features/sex-exercise-stress-incontinence#2  accessed on June 5th 2018

8 Easy Things You Can Do To Avoid Peeing Your Pants In Public

https://www.womenshealthmag.com/health/a19960365/how-to-prevent-urinary-incontinence/ accessed on June 5th 2018

 

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Bahaya yang Ditimbulkan Akibat Melakukan Aborsi Sendiri

Tahukah Anda, bahwa melakukan aborsi sendiri dapat menyebabkan munculnya penyakit ganas pada sang ibu? Itulah penyebab utama dari kematian ibu di dunia.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Melahirkan, Kehamilan 01/04/2020

Pria Ternyata Juga Bisa Stres Setelah Berhubungan Intim, Ini Sebabnya

Pria sering kali dianggap memiliki gairah seksual yang besar. Padahal, pria sebenarnya juga bisa mengalami stres setelah berhubungan intim. Apa penyebabnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

Penyebab Pasangan Hilang Gairah Seksual dan Cara Mengatasinya

Tiba-tiba gairah seksual hilang? Tidak perlu panik saat mengalaminya. Terdapat penjelasan ilmiah mengenai penyebab sekaligus cara mengatasinya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Setelah Bertengkar Hebat, Dapatkah Seks Menyelesaikan Masalah?

Benarkah melakukan hubungan suami-istri setelah bertengkar itu termasuk seks terbaik? Lalu apakah masalahnya terselesaikan? Temukan jawabannya di sini!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Direkomendasikan untuk Anda

Begini Cara yang Benar Membersihkan Vibrator

Begini Cara yang Benar Membersihkan Vibrator

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 05/05/2020
Kalau Terlalu Sering Pakai Vibrator, Apa Efek Samping yang Ditimbulkan?

Kalau Terlalu Sering Pakai Vibrator, Apa Efek Samping yang Ditimbulkan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020
Hubungan Seks Secara Rutin Bisa Mencegah Pikun, Benarkah?

Hubungan Seks Secara Rutin Bisa Mencegah Pikun, Benarkah?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 15/04/2020
Rutin Berhubungan Seks Bisa Memperlambat Datangnya Menopause

Rutin Berhubungan Seks Bisa Memperlambat Datangnya Menopause

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 03/04/2020