6 Hal yang Wajib Dilakukan Setelah Berhubungan Intim

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020 . 3 mins read
Bagikan sekarang

Tak bisa dipungkiri, seks memang nikmat dan menyenangkan. Oleh karenanya, Anda mungkin jadi lupa diri dan terbawa suasana setelah berhubungan intim. Menikmati momen-momen menyenangkan habis seks itu sah-sah saja, kok. Namun, jangan sampai Anda lupa melakukan enam hal wajib berikut ini setelah sesi panas bersama pasangan berakhir.

1. Minum air putih

Setelah berhubungan intim, tubuh akan kehilangan banyak cairan yang keluar lewat keringat. Selain itu, tenggorokan Anda mungkin terasa kering habis bercinta. Terutama kalau saat berhubungan seks Anda bernapas lewat mulut yang terbuka.

Jadi, selalu sediakan segelas air putih di sisi tempat tidur atau di mana pun Anda biasanya berhubungan seks. Air putih juga bisa membantu melancarkan peredaran darah. Hal ini baik untuk mencegah kram atau kesemutan setelah seks.

2. Bersihkan vagina dan penis

Jangan langsung tidur setelah seks, ya. Sebaiknya cuci dan bersihkan dulu organ intim Anda. Tak perlu sekalian mandi. Anda cukup membasuh penis atau vagina dengan air bersih. Membersihkan penis dan vagina setelah berhubungan intim berguna untuk mencegah infeksi bakteri atau ragi.

Pasalnya, ketika bercinta penis dan vagina mungkin terpapar berbagai jenis kuman, bakteri, dan kotoran dari berbagai hal. Misalnya tangan, pelumas, mainan seks, dan mulut. Namun, jangan pakai sabun antibakteri atau cairan pembersih kewanitaan. Bahan kimia dari pembersih-pembersih tersebut justru akan mengacaukan keseimbangan tingkat pH di area intim Anda. Hal ini berisiko menyebabkan infeksi atau iritasi.

3. Lepas dan buang kondom dengan benar

Sehabis penetrasi atau kalau Anda sudah berejakulasi, segera lepas dan buang kondom. Jangan ditunda-tunda karena kondom bisa saja bocor atau terlepas dari penis. Bila tidak hati-hati, Anda berisiko menyebabkan kehamilan atau penularan penyakit kelamin.

Untuk melepas kondom, tahan pangkalnya sebelum ereksi hilang dan perlahan-lahan dorong sampai terlepas. Ingat, dorong ke depan supaya air mani tidak bocor keluar, jangan digulung ke depan. Setelah dilepas, bungkus dengan tisu dan buang ke tempat sampah.

4. Buang air kecil

Hal ini wajib dilakukan, khususnya bagi wanita. Buang air kecil setelah seks mampu mencegah infeksi saluran kencing. Ketika berhubungan seks, bukaan vagina mungkin terpapar bakteri dari anus, tangan, atau hal lainnya. Jika tidak segera dibersihkan, bakteri bisa pindah ke uretra (saluran kencing) melalui lubang kemih yang letaknya berdekatan dengan bukaan vagina. Nah, buang air kecil akan membasuh bakteri-bakteri tersebut keluar dari lubang kemih.

5. Mengonsumsi probiotik

Merasa lapar setelah berhubungan intim? Anda bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan probiotik, misalnya yogurt. Probiotik berguna untuk menyeimbangkan kadar bakteri baik di vagina dan penis. Maka, area intim Anda pun akan tetap sehat dan terhindar dari infeksi bakteri jahat.

6. Bermesraan

Salah satu hal yang wajib dilakukan setelah berhubungan intim adalah bermesraan. Daripada langsung main hp, tidur, atau menonton televisi, sebaiknya manfaatkan momen romantis setelah seks untuk bercumbu dan berpelukan dengan pasangan. Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Personality and Social Psychology Bulletin, bermesraan habis seks akan melepaskan hormon oksitosin. Hormon ini membuat Anda merasa lebih nyaman dengan pasangan. Hubungan Anda pun jadi lebih mesra dan penuh kepercayaan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Saat harus tampil di depan umum atau mau kencan pertama, tiba-tiba perut jadi sangat mual karena gugup. Mengapa bisa begitu dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/06/2020 . 6 menit baca

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21/06/2020 . 5 menit baca

9 Makanan yang Ampuh Mengusir Perut Kembung

Perut kembung atau begah pasti sangat mengganggu. Untuk segera meredakan rasa tidak nyaman, siapkan berbagai makanan berikut untuk mengusir perut kembung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20/06/2020 . 6 menit baca

Keluar dari Lubang Hitam Anda Lewat Psikoterapi

Sedang mengalami masa sulit yang seakan mengisap energi dan pikiran Anda ke dalam lubang hitam? Psikoterapi bisa membantu Anda mencari solusinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 20/06/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 menit baca
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
menjaga kebersihan diri

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca
apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca