7 Manfaat Kesehatan Pil KB, Selain untuk Mencegah Kehamilan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Manfaat utama pil KB tentu saja untuk mencegah kehamilan. Pil KB menjadi salah satu metode kontrasepsi yang paling banyak digunakan, setidaknya 20% perempuan Indonesia. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata ada manfaat  pil KB untuk mengatasi gangguan kesehatan tertentu? Benarkah demikian dan apa saja manfaat kesehatan minum pil KB selain mencegah kehamilan?

Sekilas tentang pil KB

Anda mungkin penasaran mengenai manfaat kesehatan dari pil KB. Namun, sebelum membahasnya, mari memahami sekilas tentang apa itu pil KB. Pil KB adalah salah satu jenis kontrasepsi wanita yang bekerja dengan cara memengaruhi hormon. Kebanyakan pil KB mengandung hormon wanita sintetis, yakni perpaduan hormon estrogen dan progestin. Keduanya, dibuat mirip seperti hormon estrogen dan progesteron asli di dalam tubuh wanita.

Terdapat dua jenis pil KB dengan manfaat yang berbeda. Jenis pertama mengandung kedua hormon sintetis, yaitu hormon estrogen dan progestin. Jenis kedua adalah pil yang hanya memiliki kandungan progestin di dalamnya, disebut dengan minipill. Jenis kedua ini biasanya lebih disarankan untuk digunakan wanita yang tidak cocok bila mengonsumsi atau meningkatkan kadar estrogen di dalam tubuhnya.

Oleh karena itu, untuk memilih mana jenis pil KB yang terbaik untuk Anda, tentu Anda disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu, mana pil yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Penting untuk mengetahui jenis pil mana yang sesuai untuk Anda, berapa dosisnya, dan mengetahui efek sampingnya. Lalu, apa sebenarnya manfaat kesehatan lain dari pil KB?

Manfaat pil KB bagi kesehatan

Sebuah artikel yang dimuat pada Planned Parenthood menyatakan bahwa penggunaan pil KB tidak semata-mata hanya untuk mencegah kehamilan. Kabar baiknya, pil KB ternyata juga punya berbagai manfaat kesehatan untuk para penggunanya. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan lain yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi pil KB:

1. Membantu haid lebih teratur

Salah satu manfaat minum pil KB yang bisa Anda rasakan selain mencegah kehamilan adalah haid menjadi lebih teraturBagi Anda yang sering uring-uringan karena haid tidak jelas jadwalnya, mungkin bisa coba minum pil KB. Terkadang, dokter juga akan meresepkan obat minum ini pada pasiennya yang punya jadwal haid tidak teratur.

Haid tidak teratur kebanyakan disebabkan oleh gangguan hormon reproduksi. Nah, dengan minum pil KB, Anda bisa membantu memperbaiki hormon tersebut. Biasanya dokter akan memberikan pil KB bahan aktif untuk diminum selama tiga minggu berturut-turut.

Kemudian, satu minggu terakhir Anda harus minum pil KB bahan tidak aktif. Bahan aktif yang ada di dalam pil KB ini mengandung hormon yang dapat membantu atasi gangguan hormon Anda saat itu.

2. Mencegah kram perut dan migrain saat haid

Apakah setiap bulannya Anda selalu merasa sangat kesakitan jika sedang datang bulan? Ya, kebanyakan perempuan sering kali mengalami nyeri perut, migrain, bahkan sakit pada pinggang di hari pertama dan kedua haidnya. Hal ini biasanya disebabkan oleh hormon yang sedang tidak stabil. Namun, Anda bisa mencoba minum pil KB untuk membuat gejala haid tidak terlalu sakit dan tidak mengganggu aktivitas.

Salah satu manfaat kesehatan dari mengonsumsi pil KB adalah menghambat pertumbuhan dinding rahim (endometrium) pada wanita. Maka saat seorang wanita yang mengonsumsi pil KB sedang haid, peluruhan dinding rahim tidak terasa berat karena dinding rahim lebih tipis. Kondisi ini yang kemungkinan akan mengurangi rasa sakit yang dirasakan wanita biasanya saat sedang menstruasi.

3. Mengatasi masalah jerawat

Nah, ini manfaat kesehatan dari pil KB lainnya yang mungkin tidak Anda tahu. Ternyata, minum pil KB membantu mengatasi jerawat . Bisa dibilang jerawat adalah musuh kaum perempuan, apalagi jika masuk masa PMS, maka tak hanya satu atau dua saja yang muncul di wajah.

Jerawat muncul akibat produksi sebum yang berlebihan. Sementara, sebum adalah minyak yang dilepaskan oleh kelenjar dan produksinya diatur oleh hormon. Nah, sayangnya ketika Anda datang bulan, hormon Anda sedikit kacau dan tidak stabil. Hal ini yang kemudian membuat jerawat cenderung banyak ketika PMS.

Maka itu, Anda bisa menggunakan pil KB untuk mengatasi masalah jerawat. Pil KB telah disetujui Food and Drugs Association (US FDA) untuk untuk dijadikan sebagai salah satu pilihan obat jerawat. Jadi, Anda tak perlu lagi pusing dengan masalah jerawat tiap kali datang bulan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pil KB tersebut, konsultasikan lebih lanjut kepada dokter Anda.

4. Meringankan gejala endometriosis

Salah satu manfaat penggunaan pil KB lainnya adalah meringankan gejala endometriosis. Endometriosis adalah gangguan kesehatan yang terjadi akibat dinding rahim yang tumbuh dan menebal secara tidak normal.

Beberapa wanita mungkin tidak mengalami gejala tertentu, namun sebagian besar mengeluhkan kram perut, sakit di bagian punggung belakang, hingga haid yang mengeluarkan darah yang banyak.

Oleh sebab itu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat kesehatan dari pil KB  adalah dapat mengurangi berbagai gejala tersebut dengan cara memperlambat tumbuhnya dinding rahim, sehingga gejala itu tidak akan muncul.

5. Meningkatkan nafsu makan

Manfaat lain dari penggunaan pil KB adalah nafsu makan yang juga ikut berubah. Biasanya, nafsu makan seseorang berubah menjadi semakin tinggi saat menggunakan pil KB.

Tentunya, nafsu makan yang semakin tinggi membuat asupan makan meningkat dan menyebabkan berat badan bertambah saat minum pil KB. Pil KB dengan dosis estrogen tinggi adalah jenis pil KB yang akan memicu nafsu makan semakin tinggi.

Namun tenang saja, tidak semua pil KB seperti demikian. Sekarang ini sudah banyak jenis pil KB yang mengandung hormon lebih rendah sehingga tidak terlalu mengubah nafsu makan. Naiknya berat badan pun akan lebih terkontrol. Hal yang patut diperhatikan, diskusikan pilihan pil KB yang tepat dengan dokter Anda.

6. Menurunkan risiko beberapa jenis kanker

Salah satu manfaat kesehatan dari penggunaan pil KB adalah memberikan perlindungan ekstra dari kanker rahim dan kanker ovarium. Saat ini, telah dibuktikan bahwa risiko kanker ovarium dan kanker rahim dapat diturunkan dengan cara minum pil KB. Apalagi jika semakin lama mengonsumsi jenis pil KB ini, maka efek protektifnya akan semakin menguat.

Hal ini diduga karena pengurangan masa ovulasi (pelepasan sel telur) berkaitan dengan terjadinya penurunan risiko kanker rahim dan ovarium. Sifat pil KB ini akan mengurangi  terjadinya masa ovulasi tersebut. Tentu manfaat pil KB yang satu ini layak dipertimbangkan, bukan? 

Konsultasikan kepada dokter kandungan Anda dalam penggunaan pil KB dan efek non-kontrasepsi yang terdapat di dalam penggunaan pil KB. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, sebaiknya segera hubungi dokter, bidan, atau praktisi kesehatan. 

7. Mengurangi migrain saat PMS

Salah satu manfaat dari penggunaan pil KB adalah berpotensi untuk meredakan migrain menjelang haid. Ya, hal ini juga disebabkan oleh kadar hormon yang terkandung di dalam pil KB yang Anda gunakan. Penurunan kadar estrogen bisa memicu migrain. Itulah sebabnya beberapa wanita mengalami sakit kepala hormonal sesaat sebelum menstruasi, karena kadar estrogen sedang menurun.

Jika kondisi Anda seperti ini, pil KB dapat membantu mencegah sakit kepala dengan menjaga kadar estrogen tetap stabil selama siklus menstruasi. Namun, beberapa wanita juga justru malah merasa sakit kepala ketika mengonsumsi pil KB yang mengandung estrogen. Atau, mereka harus minum pil KB selama beberapa bulan dahulu baru rasa sakit kepala itu akan menghilang.

Agar Anda bisa mendapatkan penjelasan yang lebih terang mengenai manfaat dari penggunaan pil KB, Anda disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter mengenai memilih dan menggunakan pil KB dengan cara yang tepat.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Mei 2, 2019 | Terakhir Diedit: Maret 24, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca