4 Cara Sehat Memberi Tahu Pasangan Ketika Anda Sedang Jenuh

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 23/08/2019
Bagikan sekarang

Saat jenuh melanda hubungan Anda, cara terbaik untuk mengatasinya tentu saja membicarakannya. Namun, cara berkomunikasi yang tidak tepat justru dapat menimbulkan konflik dalam hubungan. Lantas, bagaimana cara tepat menyampaikan isi hati ketika Anda merasa jenuh dengan pasangan?

Cara menyampaikan ketika kita jenuh dengan pasangan

Rasa jenuh tidak selalu membawa hubungan dalam episode yang buruk. Bila disampaikan dengan tepat, Anda dan pasangan dapat menjadikannya motivasi untuk membuat hubungan terasa lebih berwarna.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menyampaikan rasa jenuh kepada pasangan.

1. Memahami bahwa rasa jenuh adalah normal

Tidak ada satu pun hubungan yang sempurna. Hubungan paling harmonis sekalipun tidak akan terlepas dari rasa jenuh. Inilah yang perlu Anda pahami dengan baik ketika merasa jenuh dengan pasangan.

Setelah itu, barulah Anda bisa menentukan waktu yang tepat untuk menyampaikan perasaan Anda. Kesimpulan yang Anda dapatkan dari komunikasi bersama pasangan akan menentukan apakah Anda dan pasangan memang cocok satu sama lain dan mampu melalui hal ini atau tidak.

2. Mengenali jenis rasa jenuh yang Anda alami

Rasa jenuh tidak hanya muncul begitu saja. Ketika merasa jenuh dengan pasangan, tentu terdapat berbagai faktor yang menjadi pemicunya. Faktor-faktor ini dapat memunculkan perasaan jenuh yang beragam.

Perasaan jenuh terbagi menjadi lima kategori, yakni:

  • Indifferent boredom, yakni rasa jenuh yang menenangkan. Rasa jenuh ini tidak menunjukkan masalah pada hubungan, tapi justru menandakan bahwa Anda perlu mendekatkan diri dengan pasangan.
  • Calibrating boredom, yakni rasa jenuh yang membuat Anda merasa tidak tahu harus melakukan apa karena segalanya terasa sama. Anda dan pasangan perlu melakukan sesuatu yang berbeda yang membuat hubungan kembali berwarna.
  • Searching boredom, atau rasa jenuh yang membuat Anda merasa perlu melakukan aktivitas baru. Ketika mengalami rasa jenuh ini dengan pasangan, cobalah memberi waktu bagi diri sendiri/masing-masing terlebih dulu.
  • Reactant boredom, yaitu rasa jenuh cenderung ekstrem yang membuat Anda ingin meninggalkan suatu situasi. Rasa jenuh ini mungkin membuat Anda sering komplain atau melebih-lebihkan masalah kepada pasangan.
  • Apathetic boredom, atau perasaan jenuh paling tidak menyenangkan yang membuat Anda kehilangan gairah untuk melakukan apa pun. Kondisi ini juga dapat menandakan frustrasi hingga depresi.

3. Memastikan bagaimana perasaan pasangan Anda

Untuk bisa membahas topik sensitif seperti rasa jenuh dalam hubungan, Anda dan pasangan harus berada dalam sudut pandang yang sama. Cara mengetahuinya adalah dengan bertanya kepada pasangan Anda apakah ia merasakan hal serupa.

Terkadang, emosi yang Anda rasakan ketika jenuh dengan pasangan bisa jadi berasal dari diri Anda sendiri. Terlebih lagi jika mood Anda sedang buruk, atau Anda melihat hubungan orang lain tampak lebih menyenangkan.

4. Jujur dan terbuka

Ketika merasa jenuh dengan pasangan, cara terbaik untuk menyampaikannya adalah dengan bersikap jujur dan terbuka. Sampaikan semua yang Anda rasakan, serta segala hal yang menurut Anda menjadi masalah dalam hubungan.

Namun, pastikan Anda menggunakan pilihan kata yang tepat agar pasangan tidak merasa tersinggung. Ada perbedaan jelas antara menyampaikan rasa bosan dan mengatakan bahwa pasangan Anda membosankan. 

Ketika merasa jenuh dengan pasangan, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengenali rasa jenuh tersebut serta pemicunya. Langkah ini akan sangat membantu Anda dalam menyampaikan apa yang Anda rasa.

Apa yang Anda sampaikan dapat menentukan masa depan hubungan Anda. Jadi, cobalah menyampaikannya sebaik mungkin agar Anda dan pasangan bisa menemukan solusinya bersama-sama.

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

Sumber

How to Beat the 5 Types of Boredom that Arise in Relationships. https://www.psychalive.org/boredom-in-relationships/ Diakses pada 26 Juli 2019.

Feeling Bored? Is It Your Partner — or You? https://www.psychologytoday.com/us/blog/romantically-attached/201807/feeling-bored-is-it-your-partner-or-you Diakses pada 26 Juli 2019.

Are You Bored With Your Relationship? Here's What to Do About It. https://www.menshealth.com/sex-women/a25692291/bored-with-your-relationship/ Diakses pada 26 Juli 2019.

I'm bored with my relationship. https://www.relate.org.uk/relationship-help/help-young-adults/common-problems/im-bored-with-my-relationship Diakses pada 26 Juli 2019.

Yang juga perlu Anda baca

5 Cara Menghadapi Pasangan Pemabuk

Memiliki pasangan yang kecanduan alkohol memang akan memengaruhi hubungan Anda berdua. Lalu, bagaimana cara menghadapi pasangan yang pemabuk?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

5 Dampak Buruk yang Dihasilkan dari Gaslighting dalam Hubungan Asmara

Gaslighting adalah istilah baru untuk mengungkapkan manipulasi dalam sebuah hubungan. Dampaknya tentu saja cukup memengaruhi kehidupan korbannya, apa saja?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

Berkompromi dengan Pasangan yang Beda Prinsip

Beda prinsip dengan pasangan bukan berarti hubungan harus diakhiri. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah saling berkompromi dan saling memahami.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda

Selain Orang Luar, Ternyata Anda Juga Bisa Merusak Hubungan Asmara Sendiri

Salah satu faktor berakhirnya sebuah hubungan ternyata bisa dari diri sendiri. Ini dia beberapa tanda yang menunjukkan Anda merusak hubungan sendiri

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

Direkomendasikan untuk Anda

Sering Disebut Pelampiasan, Apakah Hubungan Rebound Bisa Bertahan Lama?

Sering Disebut Pelampiasan, Apakah Hubungan Rebound Bisa Bertahan Lama?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 06/05/2020
7 Tanda Hubungan Anda dan Pasangan Berjalan Terlalu Cepat

7 Tanda Hubungan Anda dan Pasangan Berjalan Terlalu Cepat

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 27/04/2020
Sehatkah Suka Membandingkan Hubungan Asmara dengan Orang Lain?

Sehatkah Suka Membandingkan Hubungan Asmara dengan Orang Lain?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 05/04/2020
Pacarnya Sahabat Tidak Suka Dengan Anda, Perlu Menjauh Atau Tidak, Ya?

Pacarnya Sahabat Tidak Suka Dengan Anda, Perlu Menjauh Atau Tidak, Ya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/02/2020