Keberadaan hewan peliharaan bisa membawa kebahagiaan bagi sebagian orang. Tak hanya membawa kebahagiaan, memiliki hewan peliharaan juga mendatangkan manfaat dalam hubungan asmara. Lantas, apa saja manfaat positif memelihara hewan bersama pasangan?

Efek positif hewan peliharaan dengan hubungan asmara

Anda mungkin pernah sesekali melihat pasangan bermain dengan hewan peliharaan mereka di taman. Bahkan, ada pula yang rela berbagi meja dengan peliharaannya ketika acara makan.

Melihatnya sungguh menyenangkan, bukan? Rupanya, kehadiran hewan peliharaan bisa memberikan dampak positif pada hubungan Anda dengan pasangan.

Beberapa di antaranya, antara lain:

1. Memperkuat komunikasi dan empati antarpasangan

Komunikasi dan empati dapat menumbuhkan keintiman dalam berhubungan. Menurut sebuah studi, ketika Anda mengomunikasikan apa yang Anda rasakan dan pasangan dapat memahami, kadar hormon oksitosin dalam tubuh akan meningkat.

Hormon yang juga dikenal dengan hormon cinta inilah yang kemudian membangun keintiman dalam berhubungan. Bila tak dijaga, kadarnya tentu akan meredup seiring berjalannya waktu.

Nah, di sinilah peran hewan peliharaan dalam hubungan Anda dengan pasangan. Memelihara binatang bersama pasangan dapat membuat efek hormon oksitosin bertahan lebih lama.

2. Membangun suasana yang lebih hidup saat bersama pasangan

pasangan ideal untuk menikah

Waktu bersama pasangan memang lebih intim jika dilalui berdua tanpa gangguan. Namun, mengajak hewan peliharaan menikmati waktu bersama, ternyata tidak kalah menyenangkan.

Binatang peliharaan Anda bisa jadi sangat ahli dalam membangun suasana hubungan Anda. Hewan peliharaan biasanya akan menunjukkan tingkah lucu yang membuat Anda dan pasangan gemas.

Suasana menyenangkan seperti ini tentu akan menjadi kenangan yang indah. Positifnya lagi, tak hanya Anda dan pasangan, hewan peliharaan kesayangan Anda juga akan berperilaku baik.

3. Menenangkan hati saat Anda bertengkar

Dalam menjalin hubungan, pasti ada kalanya Anda dan pasangan mengalami pertengkaran. Pada situasi ini, Anda dan pasangan mungkin butuh waktu untuk membenahi hati dan pikiran masing-masing.

Pada saat itulah Anda membutuhkan dukungan. Bukan hanya dari sahabat atau keluarga, tapi juga dari hewan peliharaan Anda.

Hewan peliharaan cenderung mengetahui bagaimana suasana hati Anda saat berada di sekitar Anda. Sebuah studi tentang manfaat terapi hewan peliharaan menyebutkan bahwa mengelus binatang dan bermain bersamanya bisa mengurangi hormon stres dan rasa kesepian.

Efeknya ini tentu membuat perasaan Anda jadi lebih baik sehingga membuat pikiran jadi jernih dan dapat memikirkan solusi permasalahan yang dihadapi.

Tak hanya memiliki manfaat dalam hubungan asmara, banyak pula rumah sakit di luar negeri yang memulai terapi menggunakan hewan untuk mengatasi stres, kecemasan, dan kesepian pasien yang memiliki penyakit kronis.

hewan peliharaan dengan hubungan asmara
Sumber: Freepik

Namun, bisa juga terjadi sebaliknya …

Meskipun hewan peliharaan membawa dampak positif dalam hubungan asmara, bukan berarti tak ada pengaruh negatif yang dibawanya.

Berikut efek negatif yang mungkin terjadi pada hubungan asmara Anda akibat memiliki hewan peliharaan, antara ini:

1. Kesempatan bercengkerama dengan pasangan jadi terbatas

Hewan sudah lama dianggap sebagai sahabat manusia. Bahkan, ada pula yang menganggapnya menjadi bagian keluarga.

Orang yang sudah memiliki ikatan kuat dengan binatang peliharaannya ini bukan hanya sekadar memberi makanan. Mereka juga menyediakan waktu dan perhatian untuk merawat dan mengajaknya bermain.

Hal ini tentu bisa membuat perhatian Anda jadi terbagi. Akibatnya, Anda tidak bisa sepenuhnya mencurahkan perhatian pada pasangan.

Jika hal itu terus terjadi, bukan tidak mungkin hubungan asmara Anda akan terus memburuk.

2. Membuat Anda sedih dan kehilangan mendalam

Jika memutuskan untuk memelihara hewan, Anda tentu tahu konsekuensinya, yakni harus ikhlas jika suatu hari hewan peliharaan harus pergi dari sisi Anda.

Orang yang memiliki ikatan dan hubungan kuat dengan hewan peliharaan, cenderung merasakan duka lebih dalam ketika harus berpisah.

Kesedihan yang cukup dalam ini, bisa memperburuk suasana hati. Mood yang tidak stabil ini tentu bisa berdampak pada kehidupan asmara.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca