Ternyata, Percintaan Anda Berdampak Juga Pada Pola dan Kebiasaan Makan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 26/03/2020 . 4 mins read
Bagikan sekarang

Kesehatan Anda sangat bergantung dengan bagaimana kebiasaan dan pola makan yang Anda anut. Namun, tahukah Anda jika kebiasaan dan pola makan dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya masalah percintaan? Memangnya, bagaimana percintaan bisa memberi efek tertentu pada kebiasaan dan pola makan seseorang? Simak selengkapnya di artikel berikut.

Efek hubungan percintaan dengan kebiasaan dan pola makan

National Institute of Health memaparkan bahwa makanan memengaruhi risiko kematian akibat penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2. Institusi tersebut juga melaporkan bahwa angka kematian berkurang terkait dengan perbaikan kebiasaan dan kebiasaan makan.

Sepenggalan informasi di atas menunjukkan bila kebiasaan dan pola makan sangat memengaruhi kesehatan dan kesejahteraan hidup. Nah, penerapan kebiasaan dan pola makan juga bergantung pada beberapa faktor, salah satunya hubungan percintaan.

Hubungan percintaan yang terjalin bisa memberikan efek yang baik sekaligus buruk pada kebiasaan dan pola makan seseorang, seperti:

1. Pilihan makanan jadi tidak sehat bisa juga sebaliknya

pacar pelit

Saat sedang jalan bersama pasangan, entah itu di mal atau di mana pun terkadang pilihan makanan yang masuk tidak terlalu Anda perhatikan. Mulai dari junk food atau bahkan makanan kekinian yang tinggi kalori.

Meski banyak yang tidak menyadarinya, kebiasaan ini ternyata bisa membuat seseorang memiliki pola makan yang tidak sehat. Biasanya, kebanyakan pasangan akan memilih makanan cepat saji yang praktis dan tentunya lebih menggiurkan lidah.

Namun, percintaan tidak hanya memberikan efek buruk pada perubahan pola makan. Bisa juga mengarahkan Anda pada gaya hidup yang lebih sehat.

Contohnya, sengaja membuat rencana untuk makan malam di rumah dengan masakan buatan sendiri. Bisa juga dengan membuatkan bekal makanan yang sehat untuk pasangan. Dengan begitu, nutrisi yang masuk ke tubuh bisa lebih dipantau.

2. Memotivasi punya berat badan ideal atau malah jadi tambah naik

quality time dengan pasangan
Sumber: Dr. Oz

Punya berat badan ideal, memang impian semua orang. Bukan hanya Anda yang menginginkan, tapi pasangan Anda mungkin juga. Bagi pasangan yang menginginkan kekasihnya punya berat badan ideal, ia bisa memberikan dukungan motivasi.

Misalnya, mengajak pasangan untuk olahraga dan ikut memperhatikan pilihan dan porsi makanan saat nge-date. Inilah efek positif yang didapat dari hubungan percintaan pada kebiasaan dan pola makan seseorang.

Tidak pukul rata, hubungan asmara juga bisa menimbulkan dampak buruk pada pola dan kebiasaan makan. Misalnya, Anda dan pasangan tidak henti mengunyah makanan dari satu resto ke resto lainnya. Tidak pula mengimbanginya dengan berolahraga.

Apalagi, saat makan Anda terus mengobrol atau bercanda dengan pasangan. Kelihatan sepele memang, tapi kebiasaan tersebut bisa membuat Anda tanpa sadar terus makan tanpa henti dan tak menikmati makanan.

Akibatnya, perut bisa jadi kekenyangan. Jika terus berlanjut tanpa diseimbangi aktivitas fisik yang sesuai, berat badan kemungkinan bisa naik.

3. Menyebabkan eating disorder, bisa juga membantu pengobatannya

ciri sosiopat pada pasangan

Meminta pasangan untuk menurunkan berat badannya, bisa jadi hal yang baik dan buruk. Baik jika dilakukan dengan cara yang benar, seperti memerhatikan pilihan makan dan mengajaknya olahraga atau melakukan aktivitas sehat bersama di hari libur.

Akan jadi buruk ketika memberi tekanan dan paksaan untuk menurunkan berat badan. Tekanan psikologis ini dapat menyebabkan stres dan meningkatkan risiko terkena eating disorder (gangguan makan), seperti anoreksia nervosa atau bulimia.

Namun, hubungan percintaan tidak selalu menimbulkan dampak buruk pada pola makan. Anda tentu juga bisa menjadi suporter pasangan yang memiliki eating disorder.

Misalnya, selalu menjadi pendukung dan pengawas agar pasangan dapat menerapkan kebiasaan dan pola makan yang baik serta menemani pasangan menjalani perawatan agar sembuh dari eating disorder.

Sudah paham apa saja efek hubungan percintaan dengan kebiasaan dan pola makan seseorang? Jadi, urusan percintaan tidak melulu soal perasaan, tapi juga soal kesehatan Anda dan pasangan. Itu sebabnya, usahakan untuk hidup seimbang agar Anda dan pasangan tetap sehat dan dapat melakukan berbagai kegiatan menyenangkan.

Sumber foto: Independent Pharmacy.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Selain untuk PDKT, Inilah Alasan Seseorang Menggoda atau Flirting ke Orang Lain

Flirting atau menggoda adalah bagian dari komunikasi, tetapi terkadang menjadi ambigu. Pahami apa saja alasan orang menggoda (flirting) ke orang lain, yuk!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 06/06/2020 . 6 mins read

Mengenal Hubungan Poliamori, Saat Cinta Anda Tak Hanya untuk Satu Orang

Menjadi yang kedua atau diduakan mungkin jadi hal yang tak pernah Anda inginkan. Namun, nyatanya tidak dengan hubungan poliamori. Apa itu poliamori?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Hidup Sehat, Seks & Asmara 13/05/2020 . 4 mins read

Kenapa Kita Mudah Marah Saat Sedang Lapar?

Saat lapar, rasanya hanya ingin marah sampai Anda mendapat yang Anda mau. Tapi, kok bisa begitu, ya? Kenapa kita mudah marah saat kelaparan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 10/05/2020 . 4 mins read

7 Tanda Hubungan Anda dan Pasangan Berjalan Terlalu Cepat

Hubungan asmara yang berjalan terlalu cepat malah bisa berubah menjadi tidak sehat. Ini tanda-tandanya yang perlu Anda kenali.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Seks & Asmara 27/04/2020 . 5 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

False Hunger: Membedakan Lapar Asli dan Lapar Palsu

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 mins read
apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 mins read
tidak cepat lapar

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21/06/2020 . 5 mins read
resep dessert vegan

3 Resep Dessert Vegan yang Mudah dan Lezat

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15/06/2020 . 5 mins read