Jangan Salting, Ini 5 Trik Penyelamat untuk Memecah Keheningan Saat Kencan

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 19/09/2018
Bagikan sekarang

Saat kencan dan tidak ada lagi bahan obrolan yang akan diperbincangkan, pasti Anda jadi bingung dan salah tingkah. Akhirnya Anda dan pasangan mungkin hanya saling diam. Tak jarang, Anda atau pasangan malah main HP agar tidak canggung. Namun, hal itu justru makin menghambat percakapan Anda dan pasangan saat kencan. Simak tips kencan berikut agar selalu ada topik yang menarik untuk dibahas.

Tips memecah keheningan saat kencan

1. Tanya hal yang spesifik, jangan cuma, “Hari ini ngapain saja?”

manfaat pacaran

Sangat mungkin untuk kehabisan topik percakapan saat kencan dengan pasangan. Apalagi jika Anda hanya mengulang pertanyaan yang itu-itu saja setiap kali bertemu.

Jadi daripada sekadar bertanya, “Hari ini ngapain saja?”, tanyalah hal-hal yang lebih spesifik lagi. Misalnya tentang bagaimana perasaannya tentang masalah di sekolah atau kantor, atau setelah bertemu dengan orang-orang baru di kantor.

Bila Anda tidak bertanya secara spesifik, pasangan Anda mungkin jadi bingung mau menceritakan masalah apa dan bagian yang mana, sehingga ia malah menjawab seadanya.

2. Dengarkan musik bersama

pasangan mendengarkan lagu musik
Sumber: Elitesingles

Menurut penelitian, mendengarkan musik dapat meningkatkan suasana hati dan membuat Anda lebih nyaman saat bersama dengan orang lain. Musik juga merangsang sistem limbik otak, yang penting untuk membentuk relasi emosional.

Pasanglah lagu yang Anda atau pasangan Anda sukai dan bisa dinikmati bersama. Ini bisa memancing percakapan tentang lagu yang sedang didengarkan masing-masing.

3. Simpan ponsel Anda

main hp

Saat kencan, sebaiknya simpan saja HP Anda di dalam tas. Jika Anda sedang makan bersama, tidak perlu meletakkan HP Anda di atas meja.

Meletakkan HP di atas meja memicu Anda untuk selalu mengecek layar saat ada pesan yang masuk. Akhirnya, Anda nantinya akan asyik sendiri dengan HP Anda. Inilah yang akan membuat Anda dan pasangan saling berdiam diri saat kencan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa kualitas hubungan, kepercayaan, dan empati merosot sebanyak 35 persen ketika pasangan main HP selama mengobrol. Penulis penelitian mengatakan lebih jauh bahwa mengecek HP bisa menyita perhatian Anda dari pasangan.

4. Jujur saja kalau Anda merasa canggung

bertengkar dengan pacar

Jika Anda memang merasa canggung dan kehabisan topik saat kencan, utarakan saja sejujurnya. Anda bisa mengatakan pada pasangan Anda seperti “Aku jadi bingung mau ngomong apa lagi. Jadi canggung, deh. Kamu juga merasa begitu, tidak?”

Menurut psikoterapis Mel Schwartz, L.C.S.W., penulis The Art of Intimacy, ucapkan peratanyaan yang jujur dan tulus, yang bisa mengarah ke percakapan yang lainnya. Bahkan kejujuran bisa jadi sebuah ice breaker di antara Anda berdua. Pasangan Anda mungkin akan menjadi lebih rileks dan terbuka ketika ia tahu apa yang sedang Anda rasakan dan pikirkan.

5. Coba cerita duluan

hubungan pacaran sehat

Suasana yang canggung dan hening saat kencan biasanya terjadi karena salah satu pasangan yang lebih sering bicara, sementara yang satunya lebih banyak diam mendengarkan. Ketika pasangan yang lebih sering bicara akhirnya diam, tentu saja suasana jadi hening dan canggung.

Padahal jika Anda mau terbuka dengan pasangan Anda, kemungkinan kehabisan topik saat kencan itu sangat kecil. Maka, usahakan untuk membuka diri dan bercerita duluan untuk membuka topik. Jangan hanya menjawab kalau ditanya.

Anda bisa bercerita soal macam-macam hal. Mulai dari rasa minuman dan makanan yang sedang disantap, pengalaman unik Anda beberapa waktu lalu, hingga rencana-rencana Anda di masa depan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Tips Sukses Kencan Pertama Melalui Online Dating

Kencan pertama dengan orang yang Anda temui dari aplikasi online dating ternyata membutuhkan persiapan khusus. Apa saja tips untuk mempersiapkannya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

5 Ide Kegiatan Romantis Saat Valentine Selain Makan Malam

Siapa bilang hari kasih sayang hanya dirayakan dengan makan malam? Buktinya, ada beberapa ide kegiatan seru saat Valentine bersama pasangan.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

5 Tanda Aplikasi Kencan Online Tidak Cocok untuk Anda

Aplikasi kencan online bisa menjadi pilihan alternatif mencari pasangan. Namun, tidak semua orang sukses menemukan pasangan idealnya melalui cara ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala

6 Tips Sukses Mempersiapkan Kencan Pertama

Hati dag dig dug mau kencan pertama? Jangan takut! Hadapi kencan pertamamu dengan berani dan ikuti 6 tips kencan pertama sukses di artikel ini!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari

Direkomendasikan untuk Anda

kencan online saat pandemi

Penyebab Kencan Online Selama Pandemi Begitu Diminati

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 06/05/2020
menolak cinta gebetan

Inilah Siasat Jitu Menolak Cinta Gebetan agar Tidak Bikin Sakit Hati

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 19/04/2020

3 Kesalahan yang Tanpa Disadari Dilakukan saat Kencan

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 04/04/2020
kencan valentine

Jadikan Kencan Malam Valentine Lebih Romantis dengan 5 Tips Ini

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 13/03/2020