5 Aturan Kencan Online Agar Tak Salah Langkah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Kencan online mulai menjadi pilihan banyak orang. Dengan kencan online, Anda bisa melakukan pendekatan dengan orang lain tanpa perlu langsung bertemu atau susah-susah mencari. Anda bisa membangun kecocokan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk bertemu dan menjalin hubungan lebih jauh. Namun, jangan sembarangan. Sebelum melakukan kencan online, yuk, intip berbagai aturannya berikut ini.

Aturan kencan online yang sebaiknya dipahami

online dating kencan cari jodoh pacar
Sumber: BBC

Sebelum Anda kencan online, berikut beberapa aturan yang sebaiknya Anda ketahui:

1. Jujur dan jangan mengada-ada

Saat membuat profil di aplikasi kencan online, Anda perlu menampilkan informasi yang sebenar-benarnya tanpa unsur kebohongan. Jangan sampai Anda menggunakan foto orang lain hanya karena tidak percaya diri.

Selain itu, jangan memalsukan informasi lainnya seperti usia. Intinya, jangan menampilkan informasi bohong jika ingin kencan Anda sukses.

2. Jangan mengumbar data diri

Pada profil aplikasi kencan online, sebaiknya Anda tidak mengumbar terlalu banyak informasi pribadi untuk alasan keamanan. Misalnya Anda kerja di mana atau tinggal di mana. Sebaliknya, tulislah informasi penting yang menggambarkan diri Anda secara singkat tetapi penuh makna.

Selain itu, tampilkan informasi yang sekiranya membuat orang lain penasaran dan tertarik untuk berkenalan.

3. Pasang foto profil yang menarik

Namanya saja kencan online, maka orang lain akan menilai Anda dari apa yang ditampilkan. Oleh karena itu, pasang foto profil yang menarik. Pasanglah foto yang menampilkan senyuman untuk menandakan bahwa Anda adalah orang yang ramah. Anda juga bisa rutin mengganti foto profil dengan foto-foto terbaik yang Anda miliki.

4. Tunjukkan diri apa adanya

Kalau sudah dapat pasangan kencan online, biasanya obrolan akan lebih intens. Di momen ini, umumnya orang sudah bertukar nomor ponsel untuk saling menghubungi. Saat mengobrol, jangan terlalu kaku atau jaga image.

Sebaliknya, Anda perlu bersikap apa adanya dan menunjukkan jati diri Anda. Namun, di awal perkenalan jangan terlalu banyak membicarakan hal pribadi, misalnya menyangkut keluarga. Pasalnya, Anda belum terlalu mengenalnya dan belum mengetahui dengan pasti apa motifnya. Untuk itu, bicarakanlah hal-hal yang umum misalnya seputar hobi masing-masing. Jika masing-masing merasa cocok barulah Anda bisa mulai mencari waktu untuk bertemu.

5. Atur tanggal bertemu

Saat Anda memutuskan untuk bertemu, pastikan bahwa Anda sudah merasa ada kecocokan dan rasa nyaman. Setidaknya selama mengobrol lewat telepon atau chatting, Anda berdua nyambung. Dengan begitu, saat bertemu Anda tak lagi canggung dan bingung dalam membangun chemistry atau sekadar mencari bahan obrolan.

Sebaiknya Anda juga memilih tempat umum untuk bertemu dengan si dia. Hal ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk memberitahukan orang terdekat saat Anda janjian bertemu untuk kencan agar kegiatan Anda bertemu orang baru tetap bisa terpantau.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca