Rumah merupakan tempat Anda beristirahat penuh setelah beraktivitas sehari-hari. Namun, bila tidak diatur dengan baik, rumah juga bisa memperburuk gejala-gejala depresi Anda, terutama bagi yang menderita depresi. Jangan khawatir, Anda bisa melakukan tujuh perubahan sederhana ini untuk menyulap rumah Anda menjadi lebih menyenangkan sekaligus membantu menghilangkan depresi lebih cepat.

Perubahan sederhana di rumah untuk menghilangkan depresi

1. Hadirkan unsur alam di rumah

Selain mendapatkan udara segar, berjalan-jalan di taman dan alam terbuka dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengurangi rasa putus asa pada orang yang mengalami depresi.

Lantas, bagaimana kalau Anda hidup di daerah perkotaan yang tidak memungkinkan untuk berjalan ke taman atau ruang terbuka lainnya? Tenang, Anda bisa menghadirkan unsur-unsur alam di rumah dengan tanaman dalam ruang. Pilih tanaman atau bunga yang asli, ya. Usahakan jangan pakai hiasan tanaman plastik. 

Menurut Jean M. Larson dari Center for Therapeutic Horticulture and Recreation Services di Minnesota Landscape Arboretum, efek hijau alami yang dipancarkan dari tanaman dapat membantu Anda mengurangi stres, memberikan kesegaran, bahkan menurunkan tekanan darah Anda.

2. Pajang lukisan bernuansa alam

Bila Anda ingin lebih mendekatkan diri ke alam, cobalah untuk memajang lukisan atau mural besar yang bernuansa alam dan menggambarkan lingkungan di sekitar rumah Anda. Sesuaikan lukisan atau mural tersebut dengan kondisi alam hijau yang ada di luar rumah Anda untuk memberi kesan bahwa Anda sedang berada di sana tanpa harus pergi ke tempatnya.

3. Nikmati pemandangan di luar jendela

Bila Anda memiliki taman di halaman rumah, maka Anda sangat beruntung. Sebab, Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk menyegarkan pikiran Anda dengan bersantai di taman atau sekedar memandanginya dari luar jendela.

Ini akan lebih memberikan dampak positif bila Anda bisa melihatnya dengan jelas melalui jendela ruangan favorit Anda. Jadi, Anda bisa membaca buku, bermain musik, atau melakukan hobi Anda lainnya sambil sesekali melepaskan pandangan ke taman untuk menyeimbangkan suasana hati Anda.

4. Perbanyak cahaya matahari langsung 

Orang yang sedang bergumul melawan depresi membutuhkan lebih banyak cahaya matahari di pagi serta siang hari. Sebab, paparan cahaya mungkin sangat berdampak pada suasana hati seseorang. Cahaya alami bisa Anda dapatkan dengan membuka jendela di rumah Anda untuk memudahkan sinar matahari masuk ke ruangan.

Hal ini dapat membangkitkan energi positif dan membantu menghilangkan depresi yang melanda. Khususnya bagi mereka yang mengalami seasonal affective disorder (SAD), salah satu jenis depresi yang terjadi karena kekurangan sinar matahari di musim hujan.

5. Tambah warna-warni yang menyenangkan

Studi menemukan bahwa orang yang mengalami depresi lebih mudah dikaitkan suasana hati mereka dengan warna abu-abu, sementara orang yang bahagia lebih cenderung menyukai warna kuning atau oranye.

Menurut Moll Anderson, seorang ahli di bidang interior desain, warna oranye dapat memberikan kesegaran dan suasana positif yang dapat mendorong Anda untuk lebih kreatif dan mudah bersosialisasi. Sementara itu, warna merah dan oranye juga dikaitkan dengan kegembiraan. Ya, warna memang bisa menciptakan reaksi emosional tertentu pada setiap orang.

Jika cat tembok warna merah atau oranye terlalu mencolok buat Anda, tambahkan nuansa oranye dan merah lewat sarung bantal kursi, meja, sofa, lemari, pot bunga, atau ornamen penghias lainnya.

6. Mengatur ulang tata letak perabotan di rumah

Yuk, coba atur ulang tata letak mebel dan perabot lainnya di rumah Anda. Misalnya mengubah posisi tempat tidur jadi lebih dekat ke jendela. Suasana dan posisi perabotan yang baru bisa membantu Anda berpikir lebih jernih sekaligus mendorong semangat untuk melihat berbagai kemungkinan baik di masa depan.

Sebenarnya menghilangkan depresi memang tidak semudah mengatur ulang suasana rumah. Anda tetap perlu mengubah gaya hidup secara keseluruhan. Misalnya dengan olahraga teratur dan menjaga pola makan. Akan tetapi, suasana yang positif di rumah bisa mempercepat Anda menghilangkan depresi.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca