Orang Sibuk Belum Tentu Hidupnya Tak Sehat. Bagaimana dengan Anda?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 02/01/2019 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Anda sering kurang tidur, merasa waktu tidak pernah cukup, dan sering kewalahan menyelesaikan semua tanggung jawab Anda? Itu tanda-tandanya Anda adalah orang sibuk. Nah, banyak yang bilang saking padatnya aktivitas, orang sibuk biasanya susah menjaga gaya hidup sehat. Namun, ada penelitian yang membuktikan sebaliknya, lho. Jadi sebenarnya hidup penuh kesibukan itu bikin kita lebih sehat atau tidak, sih?

Orang sibuk cenderung memilih gaya hidup sehat

bekal ke kantor

Sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan oleh sekolah bisnis INSEAD, Temple University, dan Hong Kong University of Science and Technology melaporkan bahwa kesibukan memengaruhi pilihan gaya hidup seseorang.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Research ini mengamati pola pikir orang sibuk. Semua peserta diminta untuk membuat serangkaian keputusan mulai dari pola makan, pekerjaan, dan tabungan di masa pensiun. Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang merasa dirinya sibuk cenderung membuat pilihan yang lebih baik dan lebih sehat dibanding rekan-rekannya.

“Setiap hari, orang-orang membuat banyak keputusan yang melibatkan kesejahteraannya untuk hari ini dan di masa depan. Ketika seseorang merasa sibuk, ia pun jadi lebih sering mengevaluasi diri sehingga keputusan yang akan dipilih akan lebih bijak”, tutur Prof. Chattopadhyay, salah seorang anggota peneliti.

Misalnya Anda seorang ayah yang sibuk bekerja. Anda tentu memilih masakan buatan istri dibanding harus beli makan di luar. Meski repot membawa bekal, pertimbangan makanan rumah lebih sehat dan terjamin kebersihannya tetap Anda prioritaskan. Selain itu, Anda juga mungkin lebih suka bawa bekal karena tidak mau repot-repot pergi ke kantin dan pusing memilih menu makan siang hari itu.

Menjadi orang sibuk juga tentu harus terhindar dari segala penyakit, bukan?  Nah, pemikiran inilah yang membuat orang sibuk cenderung memilih gaya hidup lebih sehat.

Ada juga orang sibuk yang gaya hidupnya tidak sehat

Punya banyak kegiatan dan pekerjaan tak selalu lebih sehat. Pada penelitian yang sama, periset juga menyebutkan orang-orang yang hidupnya dikejar deadline lebih mudah stres, cemas, dan gelisah.

Beda dengan orang yang sibuk tapi pandai mengatur waktu, orang yang setiap hari dihantui deadline terpaksa mengambil keputusan yang impulsif (tidak pikir panjang). Pengambilan keputusan seperti ini biasanya tidak mempertimbangkan berbagai hal dan dilakukan secara tiba-tiba.

Misalnya Anda tidak sempat menyiapkan bekal sehingga memilih junk food supaya praktis atau minum kopi beberapa cangkir sekaligus supaya tidak mengantuk akibat begadang semalam suntuk. Gaya hidup seperti ini biasanya melekat pada orang sibuk yang masih rendah tingkat kesadarannya dengan kesehatan dan belum pandai mengatur waktu. Akibatnya, risiko penyakit seperti diabetes, gangguan kecemasan, dan penyakit jantung akan meningkat.

Bagaimana cara hidup sehat meski sibuk?

asuransi kesehatan syariah

Kuncinya yaitu pandai mengatur waktu. Sibuk itu boleh, yang penting Anda produktif. Jangan sampai Anda terlalu sibuk padahal sebetulnya Anda banyak menghabiskan waktu. Misalnya Anda terlalu sering main HP seharian, padahal waktunya bisa digunakan untuk berolahraga 30 menit.

Maka, langkah awal yang penting yaitu meningkatkan kesadaran diri tentang kesehatan. Barulah Anda bisa memprioritaskan kesehatan dalam kesibukan Anda sehari-hari. Tanpa kesadaran tersebut, sebanyak apa pun waktu Anda, Anda tetap akan terus mencari alasan untuk makan sembarangan dan tidak berolahraga.

Kemudian, coba atur kembali jadwal kegiatan Anda dan luangkan waktu berolahraga, meski cuma sebentar. Ajak teman atau anggota keluarga untuk olahraga bersama supaya suasananya lebih menyenangkan. Kegiatan seru seperti ini bisa mengurangi stres dan tekanan dari pekerjaan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cegah Serangan Stroke Lanjutan, Ini Pilihan Pengobatan Efektif untuk Stroke Ringan

Serangan stroke ringan memang bisa sembuh dengan sendirinya, namun tetap memerlukan penanganan secara medis melalui pemberian obat stroke ringan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Stroke, Health Centers 22/11/2019 . 9 menit baca

Berapa Angka Harapan Hidup Masyarakat Indonesia? (Plus Cara Memperpanjangnya)

Angka harapan hidup masyarakat di suatu negara tidaklah mutlak. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan angka harapan hidup warga Indonesia.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/10/2019 . 5 menit baca

Inilah Akibat yang Dapat Ditimbulkan dari Terlalu Sibuk Bekerja

Bagi sebagian besar orang yang terlalu sibuk bekerja, ada saja dampak psikologis yang memengaruhi kualitas hidup mereka. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Psikologi 06/10/2019 . 3 menit baca

Mengulik Bahaya Gaya Hidup “Mager” Warga Kota dan Efeknya Pada Risiko Diabetes

Gaya hidup sedentari menyebabkan masyarakat, terutama penduduk kota, malas gerak. Anda harus segera mengubah kebiasaan ini kalau tidak mau terkena diabetes.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Diabetes, Health Centers 24/08/2019 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca
gaya hidup depresi

6 Perubahan Gaya Hidup untuk Anda yang Sering Depresi

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 15/02/2020 . 4 menit baca
hidup sehat penderita autoimun

Cara Mengatur Gaya Hidup Sehat untuk Penderita Autoimun

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 29/12/2019 . 4 menit baca
cara mengatasi suami sibuk kerja

4 Hal yang Mesti Dilakukan Agar Hubungan Tetap Mesra Meski Pasangan Sibuk Bekerja

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 22/12/2019 . 3 menit baca