Stres Akibat Harus Lembur Kerja Saat Liburan? Siasati dengan 5 Cara Ini

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro

Alih-alih menikmati liburan bersama dengan keluarga dan orang terdekat, Anda justru harus bekerja di kantor karena alasan tertentu. Ini mungkin menyebabkan Anda stres. Supaya hal ini tidak merusak liburan Anda, ada beberapa cara menghadapi stres lembur kerja yang bisa Anda coba. 

Tips menghadapi stres akibat lembur kerja

Lembur tingkatkan risiko diabetes pada perempuan

Menurut sebuah penelitian dari University of Washington, lembur kerja sering dihubungkan stres. Berjam-jam berada di bawah tekanan pekerjaan bisa menimbulkan rasa lelah, tidak nyaman, dan tentu saja waktu bersama keluarga yang berkurang, terlebih lagi jika dilakukan saat liburan.

Akibat stres dari lembur kerja ini bisa memengaruhi kesehatan tubuh dan pikiran Anda, seperti mudah lelah, tidak bersemangat, dan menarik diri dari lingkungan sosial. Jika hal ini terjadi, liburan yang seharusnya menyenangkan bagi Anda dan keluarga, tentu bisa rusak karena stres tersebut. 

Supaya hal ini tidak mengganggu liburan Anda, ada beberapa cara untuk menghadapi stres akibat lembur kerja, yaitu:

1. Memberitahu atasan

kondisi kantor

Salah satu cara menghadapi stres akibat lembur kerja saat liburan adalah memberitahu atasan. 

Menurut American Psychology Association, atasan memiliki kewajiban untuk menciptakan lingkungan kerja yang bisa meningkatkan produktivitas pegawainya. 

Oleh karena itu, ketika Anda merasa di bawah tekanan ketika harus lembur bekerja, bicarakan hal tersebut dengan atasan Anda. Tentu saja membicarakan masalah ini dengan mereka bukan untuk mengeluhkan jam kerja atau pekerjaan yang terlalu banyak. 

Hal ini bertujuan agar Anda dan atasan bisa bekerja sama untuk mencari tahu solusi menghadapi stres saat bekerja agar tidak mengganggu kualitas pekerjaan Anda. 

Misalnya dengan mengajari Anda mengatur waktu atau mengubah lingkungan fisik kerja agar Anda lebih nyaman. 

2. Mencari bantuan

Selain memberitahu atasan, ada baiknya dalam menghadapi stres akibat lembur bekerja, Anda meminta bantuan rekan kerja. 

Mendapatkan bantuan dari rekan kerja biasanya bisa melindungi Anda dari efek negatif stres kerja. Misalnya, ketika Anda merasa beban pekerjaan tersebut terlalu banyak, Anda bisa meminta bantuan kepada teman kerja yang bisa Anda percaya. 

Jika tidak bisa, menanyakan kepada mereka solusi atau jalan keluar dari masalah yang sedang Anda hadapi mungkin dapat membantu. Dengan begitu, Anda bisa mengelola stres yang datang bertubi-tubi dan menyelesaikan pekerjaan Anda dengan sigap, sehingga dapat menjalani liburan lebih cepat. 

3. Menjalani rutinitas sehat

olahraga di kantor

Stres akibat lembur kerja sebenarnya bisa dihadapi jika Anda memiliki rutinitas sehat. Maksudnya, alih-alih menumpahkan stres tersebut dengan mabuk-mabukan atau makan makanan yang tidak sehat, Anda bisa menyalurkannya ke cara yang lebih sehat. 

Salah satu contoh menghadapi stres akibat lembur kerja saat liburan adalah dengan berolahraga. Olahraga merupakan salah satu cara menghilangkan stres yang cukup baik. 

Anda bisa melakukan yoga di kantor atau meluangkan waktu untuk hobi dan kegiatan yang bermanfaat dan bisa dilakukan di kantor, seperti membaca. 

Hal ini mungkin bisa dilakukan ketika menunggu rekan dan atasan Anda memulai rapat yang masih ada waktu kosong beberapa jam lagi. 

Dengan begitu, Anda mengurangi aktivitas yang bisa meningkatkan stres Anda saat tidak bekerja di kantor, seperti terlalu lama melihat layar komputer atau membaca laporan. 

4. Jangan lupa bersantai sejenak

menjaga kesehatan pekerja kantor

Bagian dari menjalani rutinitas sehat untuk menghadapi stres akibat lembur kerja saat liburan adalah bersantai sebentar di sela-sela kesibukan.

Misalnya, Anda bisa berjalan di sekitar ruangan atau mengobrol dengan rekan kerja Anda selama beberapa menit. Bahkan, Anda bisa mencoba untuk membiasakan diri makan siang di meja yang jauh dari meja kerja Anda. 

Anda juga dapat melatih teknik pernapasan ketika pekerjaan Anda terasa begitu berat. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus pada suatu aktivitas tanpa adanya gangguan agar pekerjaan Anda lebih cepat selesai. 

5. Ambil cuti

mencegah stres saat liburan

Apabila cara menghadapi stres akibat lembur kerja saat liburan tidak kunjung berkurang, mungkin sudah saatnya untuk menggunakan jatah cuti Anda. 

Hal ini bertujuan agar Anda bisa mengurangi efek dari rasa lelah akibat stres yang bisa memengaruhi kehidupan pribadi Anda. Hampir setiap manusia membutuhkan waktu untuk mengisi kembali energi dan kesehatan mental Anda. 

Oleh karena itu, banyak orang yang saat ini menggunakan metode detoks media sosial dan menjauhkan diri dari dunia pekerjaan mereka dalam beberapa hari. 

Jangan biarkan jatah cuti Anda hangus dan tidak dipakai karena terlalu sibuk bekerja. Usahakan untuk mengosongkan waktu agar bisa bersantai dan menghabiskan waktu liburan bersama keluarga Anda. 

Menghadapi stres akibat lembur kerja saat liburan memang terasa sulit karena harus memilih antara kewajiban kantor atau mengembalikan pikiran Anda. Akan tetapi, perlu diingat bahwa jika Anda stres, tentu produktivitas di kantor akan menurun dan menghasilkan pekerjaan yang tidak maksimal.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 1, 2020 | Terakhir Diedit: Desember 31, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca