Mengatasi Kesepian dengan Chill di Luar Kota

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 28/02/2020
Bagikan sekarang

Masalah kesepian di kalangan anak muda perkotaan kini semakin mengkhawatirkan. Jika terus dibiarkan, hal ini bisa berdampak pada kesehatan fisik dan psikologis. Ternyata, untuk mengatasi kesepian, bisa dengan bersantai sejenak ke luar kota dan bertemu orang baru di sana.

Dalam survei yang dilakukan YouGov menunjukkan bahwa 30 persen millennial (usia 23-38) selalu atau sering merasa kesepian. Jumlah ini menunjukkan millennial sebagai generasi paling kesepian, dibanding generasi terdahulu saat mereka berada di usia yang sama.

Seberapa serius masalah kesepian? Bagaimana cara mengatasi kesepian? Simak ulasan berikut.

Mengatasi kesepian dengan bersantai di luar kota

cara merasa lebih bahagia

Kesepian sering dianggap sepele. Padahal sebenarnya bisa berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental. Untuk itu, kita harus mengubah pandangan tersebut. 

Ada banyak solusi yang bisa dilakukan untuk menghadapi kesepian. Salah satunya adalah mengatasi kesepian dengan bersantai di luar kota. Namun sebelum itu, ada beberapa langkah awal yang bisa dilakukan terlebih dahulu, seperti:

Mengidentifikasi pemicu kesepian

Pertama-tama berusahalah untuk mencari tahu dan menerima alasan kenapa merasa kesepian. Identifikasi akar masalahnya kemudian mulailah membenahi hal-hal yang menjadi penghalang terbentuknya hubungan yang asli dan otentik.

Bangun hubungan pertemanan

Bangunlah beberapa pertemanan baru. Lalu berusaha lebih peduli dengan teman, keluarga, dan rekan kerja. Berusahalah untuk menjaga hubungan tersebut misalnya dengan mengecek kondisi sama lain, mendengarkan curhatan, dan ada saat mereka membutuhkan.

Bergabung dengan komunitas baru

Keluarlah dan cari lingkungan pergaulan yang membantu menyegarkan pikiran. Bergabung dengan komunitas baru atau berkontribusilah dalam kegiatan sosial agar lingkaran pergaulan Anda jadi lebih luas. Misalnya bergabung dalam klub olahraga, klub seni, atau perkumpulan relawan.

Bersantai di luar kota dengan teman baru

Saat Anda merasa penat dan kesepian di kota, Anda bisa mencari aktivitas untuk mengatasi kesepian dengan bersantai di luar kota sambil juga mencari teman baru. Carilah acara khusus yang bisa membantu memulihkan kesehatan mental Anda.

Di antara kegiatan tersebut adalah yoga healing, meditasi, lebih dekat dengan alam, sharing talk, berdiskusi dengan orang-orang baru, dan belajar membuka diri dari kesepian seperti acara chill staycation ini.

cara mengatasi kesepian

Kenapa kita merasa kesepian?

Kesepian dapat dijabarkan sebagai keadaan emosi negatif dan menyedihkan yang timbul dari perbedaan antara harapan sosial dan yang dicapai. Seseorang yang kesepian merasa tidak diperhatikan, tidak dicintai, dan merasa tidak terhubung dengan kelompoknya.

Guy Winch seorang psikolog klinis asal Amerika Serikat menekankan bahwa kesepian berbeda dengan sendirian. Seseorang bisa saja dikelilingi banyak kawan tapi tetap merasa kesepian. Karena kesepian sepenuhnya bergantung pada kualitas hubungan Anda –yang penilaiannya tentu saja subjektif.

Manusia sebagai makhluk sosial, secara alami tidak bisa merasakan kesepian dalam waktu yang lama. Secara mental, kita selalu dikondisikan untuk mencari pendapat, saran, dan bimbingan dari orang lain. Secara emosional, kita mendambakan koneksi, keintiman, dan perasaan dilihat dan didengar oleh orang lain.

Winch mengatakan setidaknya 40 persen dari kita berpotensi merasakan kesepian yang menyakitkan pada beberapa titik dalam kehidupan.

“Sebuah rasa sakit yang dapat menyerang Anda dengan cara yang tidak pernah terduga sebelumnya,” tulis Winch menggambarkan rasa kesepian di laman Psychology Today.

Terlepas dari betapa sepinya kesepian itu, hanya sedikit dari mereka yang menyadari bagaimana merasa kesepian itu berpengaruh terhadap kehidupan seseorang. Kesadaran akan perasaan tersebut mengarahkan pada pencarian cara mengatasi kesepian itu sendiri.

Kesepian adalah hal sangat universal tapi kompleks. Sebuah kondisi psikologis yang seringkali digambarkan secara terlalu umum. Padahal menurut Winch, kondisi ini jika dibiarkan bisa memiliki efek besar. Karena itu, penting untuk mengatasi kesepian, salah satunya dengan bersantai di luar kota.

Dampak kesepian pada kondisi fisik dan psikologis

mengatasi kesepian

Kesepian bisa menjadi kondisi stres kronis yang merusak kesehatan secara mental dan fisik secara keseluruhan. Dampaknya pada fisik dan mental yang tidak sederhana ini mengharuskan anda mencari cara mengatasi kesepian.

“Kesepian bisa membahayakan Anda secara fisik,” kata Olivia Remes dalam sebuah sesi pidato di TED Talk. Remes adalah seorang peneliti dari Universitas Cambridge yang berfokus pada masalah kecemasan dan depresi. 

Menurut Remes, efek kesepian terhadap fisik bisa sampai menekan fungsi sistem kekebalan tubuh hingga meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Kesepian juga bisa meningkatkan risiko terkena alzheimer dan lebih parahnya bisa mendorong pada mati muda.

Pada kesehatan mental, kesepian menempatkan kita pada risiko kecemasan dan depresi. Hal ini menyebabkan seseorang mengubah persepsi tentang dirinya, hidupnya dan hubungan sosialnya secara lebih negatif. 

Karena itu, tak ada salahnya untuk kita mengatasi kesepian dengan bersantai di luar kota.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bagaimana Atlet Menjaga Fisik dan Mental Selama Pandemi COVID-19?

Saat pandemi COVID-19 semua kejuaraan olahraga harus tertunda, ini bisa mempengaruhi performa, kesehatan fisik, dan kesehatan mental para atlet.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 14/04/2020

Pentingnya Kecerdasan Emosional di Tempat Kerja

Pentingnya kecerdasan emosional saat bekeja dapat mempengaruhi kemapuan Anda dalam menjaga hubungan sesama teman kerja hingga kesuksesan dalam berkarir.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Berita Tentang Coronavirus Bisa Bikin Kesehatan Mental Memburuk, Lho

Berita perkembangan wabah coronavirus dapat meningkatkan kewaspadaan masyarakat, tapi juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan mental. Apa dampaknya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 23/02/2020

Tips Memilih Psikolog yang Benar agar Terhindar dari Kejahatan

Hati-hati mencari bantuan ahli dalam urusan kejiwaan. Bisa jadi Anda dimanfaatkan hingga berujung kejahatan. Ini tips memilih psikolog yang benar.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Psikologi 19/02/2020

Direkomendasikan untuk Anda

crab mentality adalah

Crab Mentality, Sindrom Psikologis yang Menghambat Orang Lain untuk Sukses

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 13/05/2020
pentingnya support system

5 Alasan Pentingnya Punya Tim Support System untuk Kesehatan Mental

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 07/05/2020
Manfaat yoga bridge pose

Manfaat Rutin Melakukan Yoga Bridge Pose pada Fisik dan Mental

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 06/05/2020
phk karena COVID-19

Kesehatan Mental Karyawan Kena PHK Karena Pandemi COVID-19

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 15/04/2020