4 Cara Mudah Mengatasi Gugup Pada Kencan Pertama

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20/03/2020 . 3 mins read
Bagikan sekarang

Siapa yang jantungnya tidak merasa dag dig dug saat melakukan kencan pertama? Walaupun lisan mengatakan tidak gugup, tapi Anda tetap tidak bisa membohongi diri Anda. Normal adanya untuk merasakan gugup dan gelisah menjelang pertemuan pertama. Tapi, bukan berarti Anda bisa membiarkan gugup tersebut mengacaukan kencan Anda. Ada beberapa tips dan cara untuk mengatasi rasa gugup yang Anda rasakan. Simak tips untuk kencan pertama Anda di bawah ini.

Tips mengatasi gugup saat kencan pertama

1. Cari tempat ketemuan yang enak dan nyaman

Grogi dan gugup akan bermula pada tempat di mana Anda dan pasangan bertemu. Agar merasa nyaman, Anda harus mencari tempat di mana Anda merasa bisa bersemangat dan mungkin tempat yang sebelumnya pernah Anda datangi. Disarankan untuk tidak memilih tempat yang terlalu ramai dan tidak terlalu sepi. Anda juga bisa berkompromi untuk menemukan tempat yang nyaman bagi Anda berdua. Jadi, ketika masuk ke tempat itu, Anda akan merasa siap dan terlihat percaya diri.

2. Datang terlebih dahulu

Apa salahnya datang duluan dan lebih awal di waktu kencan pertama? Hal ini bisa membantu Anda untuk menenangkan dan mempersiapkan diri terlebih dahulu. Jadi, saat pasangan kencan Anda datang, Anda bisa merasa santai dan tidak gugup. Coba juga untuk menyapa dan mencairkan suasana dengan memuji pakaian yang ia kenakan. Dengan begitu, lambat laun suasana akan mulai terasa nyaman dan kencan pun bisa berisi obrolan yang menyenangkan.

3. Jangan mendominasi pembicaran

Hal ini penting untuk selalu diingat, yaitu untuk tidak membiarkan diri Anda membicarakan diri sendiri. Semua orang memang suka berbicara tentang pribadinya masing-masing, apalagi kalau sang pendengar bisa menerima dan mendengar dengan seksama. Tapi sayang, jika Anda melakukan hal ini saat kencang berlangsung, hal itu bisa saja menandakan bahwa rasa gugup memenangkan seluruh perasaan Anda.

Mengapa demikian? Ketika Anda merasa gugup, Anda akan meracau, menggerutu atau bahkan berbicara sendiri. Nah, kalimat yang terucap secara langsung tanpa akhir, artinya menandakan Anda sedang gugup. Untuk lebih amannya, pastikan Anda dan pasangan kencan Anda saling bicara bergiliran. Biarkan pasangan bercerita tentang dirinya, kemudian giliran Anda yang berbicara dan memberi perhatian penuh pada kisahnya.

4. Bicarakan hal yang ringan

Anda pasti ingin pertemuan pertama ini menjadi menyenangkan, syukur-syukur kalauada pertemuan kedua dan seterusnya. Salah satu caranya agar kencan ini berhasill adalah dengan mengatur dan membuat isi pembicaraan Anda berdua semenarik mungkin. Anda bisa memilih topik yang ringan sederhana dulu di awal. Beberapa contohnya antara lain seperti kemacetan, hobi, minat, dan bahkan musik favorit.

Hindari membahas hal berat seperti agama dan politik. Selain rumit, hal itu juga masih sensitif bagi sebagian orang jika dibahas di kencan pertama. Maka disarankan untuk membahas dan berbicara tentang hal yang membuat Anda berdua senang dan kencan pun menjadi lebih bermakna.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 22/06/2020 . 5 mins read

Tidak Selamanya Gagal, Ini Alasan Mengapa Jual Mahal Kadang Berhasil

Sikap tarik ulur alias jual mahal terkadang membuat orang justru menyerah di tengah jalan. Namun, tidak sedikit pula yang berhasil. Mengapa demikian?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 21/06/2020 . 5 mins read

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Saat harus tampil di depan umum atau mau kencan pertama, tiba-tiba perut jadi sangat mual karena gugup. Mengapa bisa begitu dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/06/2020 . 6 mins read

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21/06/2020 . 5 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . 4 mins read
gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 mins read
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 mins read
menjaga kebersihan diri

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 mins read