Perhatikan 4 Hal Penting Ini Jika Orang Terdekat Alami Gangguan Kecemasan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Selalu merasa gelisah, khawatir akan datangnya bahaya, hingga tidak percaya diri, merupakan segelintir gejala yang kerap menghantui seseorang yang mengalami gangguan kecemasan. Selain harus rutin pengobatan untuk meredakan kemunculan gejala, peran Anda sebagai orang terdekat tentu sangat berarti bagi pejuang gangguan kecemasan.

Jika seseorang mengalami gangguan kecemasan, sebaiknya…

Bukan perkara mudah ketika gangguan kecemasan kambuh. Biasanya, hal ini ditandai dengan munculnya pikiran negatif, ketakutan akan suatu hal, hingga kecemasan ketika berada di suatu tempat. Anda mungkin tidak dapat memahami sepenuhnya apa yang mereka rasakan saat mengalami gangguan kecemasan.

Akan tetapi, setidaknya Anda bisa membantu menguatkan mereka dalam menghadapi kondisinya dengan melakukan beberapa kunci utama seperti:

1. Kenali lebih dalam seputar gangguan kecemasan

Kurang lengkap rasanya saat niat baik Anda untuk membantu orang terdekat yang mengalami gangguan kecemasan, tidak diiringi dengan pemahaman yang cukup mengenai kondisi tersebut. Memang sedikit membutuhkan waktu dan usaha, tapi luangkanlah kesempatan untuk mempelajari jenis gangguan kecemasan apa yang dialami oleh orang terdekat Anda.

Dengan pengetahuan yang lebih luas mengenai gangguan kecemasan, akan semakin mempermudah Anda untuk memahami apa yang sebenarnya dirasakan ketika seseorang mengalami gangguan kecemasan.

2. Jadilah pendukung setianya

mendukung teman setelah keguguran

Merasakan kecemasan yang berlebihan kadang membuat seseorang merasa terbebani sehingga lupa untuk menyemangati dirinya sendiri. Setelah mempelajari betul apa yang sebenarnya dirasakan orang dengan gangguan kecemasan, sedikit banyak Anda mungkin akan lebih mengerti apa yang sedang dihadapi dan diperjuangkannya.

Posisikan diri Anda sebaik mungkin sebagai orang terdekatnya, yang bersedia mendampingi, mendukung, menyemangati, serta mendengar apa pun yang ingin mereka ungkapkan. Berikan saran terbaik semampu Anda saat mereka membutuhkannya.

Meski begitu, tetap ketahui bahwa Anda memiliki batasan tertentu selama membantu orang terdekat dengan gangguan kecemasan. Mereka masih memiliki “ruang” sendiri untuk memulihkan kondisinya.

Itu sebabnya, jangan lupa untuk selalu menghormati tindakan terbaik yang mereka lakukan. Hal tersebut merupakan kunci penting dalam membantu dan memberikan dukungan.

3. Kelola kecemasan Anda sendiri

pikiran negatif

Selayaknya penyakit yang kadang bisa menular, kecemasan pun demikian. Terlalu lama bersama di dekat orang yang mengalami gangguan kecemasan, tanpa sadar Anda yang malah jadi sasaran pengidap kecemasan berikutnya.

Biasanya, kondisi tersebut terjadi karena Anda merasa lelah dan frustasi, yang kemudian membuat Anda sulit mengendalikan emosi diri. Tentu tidak ingin hal seperti ini menimpa Anda, bukan?

Kalau begitu, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu sejenak dengan melakukan berbagai hal yang bisa mengusir stres dan pikiran-pikiran buruk lainnya. Contohnya berjalan-jalan di alam terbuka, melakukan meditasi, menyisihkan waktu untuk me time, atau bergabung bersama kelompok teman-teman Anda.

4. Bantu mencari perawatan yang tepat untuk orang terdekat

tips melakukan konsultasi ke psikolog pertama kali

Terlepas dari seberapa peduli, seberapa paham, bahkan seberapa banyak waktu yang telah Anda habiskan bersama orang terdekat yang mengalami gangguan kecemasan, Anda tetap tidak bisa berjuang sendirian untuk menyembuhkan kondisinya.

Pilihan terbaik untuk memulihkan gangguan kecemasan adalah dengan rutin melakukan konsultasi dan terapi bersama seorang terapis atau psikolog yang sudah ahli di bidangnya. Secara tidak langsung, membantu dan mendukung orang terdekat agar mau melakukan terapi bisa menjadi tanda bahwa Anda menyayangi dan menginginkan yang terbaik untuknya.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca