Tips Memilih Alat Cukur untuk Pria

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17/09/2019
Bagikan sekarang

Mencukur kumis atau jenggot mungkin adalah hal yang rutin Anda lakukan sebagai pria. Namun kadang-kadang kita bingung dalam memilih alat cukur, mana yang bagus, tahan lama, dan baik untuk kesehatan kulit. Semua merk alat cukur yang ada di pasaran memiliki kualitas dan ketajaman yang berbeda, sehingga Anda perlu memilih dengan cermat alat cukur apa yang cocok untuk Anda.

Ketika Anda memilih alat cukur yang mungkin cocok untuk Anda, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan alat cukur, yang elektrik dan yang manual.

Seperti yang dilaporkan di WebMD.com, alat cukur elektrik ada beberapa jenis, mulai dari yang pakai kabel, sampai yang pakai baterai dan perlu dicharge namun tanpa kabel. Sedangkan untuk yang manual, biasanya terbuat dari plastik dan terdiri dari beberapa pisau, yang bisa memberikan Anda cukuran yang bersih, karena kadang ada juga bagian yang mirip pelicin di bagian atas pisau.

Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan sebagai pertimbangan sebelum membeli alat cukur yang cocok untuk Anda. Berikut sedikit penjelasannya.

  • Alat cukur elektrik. Alat ini tidak ribet dan mudah digunakan. Tapi banyak model yang tidak mencukur sebaik dan sedekat alat cukur manual. Jika Anda memilih menggunakan alat cukur elektrik, pilih yang memiliki kepala fleksibel yang bisa membantu melunakkan dan melindungi kulit Anda. Tapi berhati-hatilah, karena alat cukur elektrik tetap bisa membuat kulit Anda iritasi. Pilihlah yang benar-benar tepat untuk Anda, jangan asal beli!
  • Alat cukur manual. Jika Anda memilih alat cukur tradisional, Anda akan memerlukan beberapa jenis krim atau jel cukur untuk melapisi wajah Anda sebelum cukuran. Krim dan jel ini melumasi wajah Anda dan membantu mengurangi risiko kulit Anda lecet atau terluka. Ada banyak jel dan krim yang bisa Anda pilih. Beberapa mengandung pelembap dan vitamin untuk membantu wajah Anda agar tidak kering. Lakukan beberapa eksperimen dengan krim dan jel untuk menemukan yang terbaik untuk wajah Anda.

Apabila Anda sudah menemukan yang cocok dan pas untuk Anda, selamat bercukur ria dan cukurlah jenggot, kumis, atau brewok Anda dengan rapi. Siapa tahu penampilan Anda akan lebih menarik wanita dan terlihat lebih seperti seorang gentleman

BACA JUGA:

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"

    Yang juga perlu Anda baca

    Bolehkan AHA BHA dan Vitamin C Digunakan Bersamaan?

    AHA BHA dan vitamin C banyak ditemukan pada produk skin care. Tapi, apakah zat-zat tersebut aman untuk dikombinasikan? Simak ulasannya di Hello Sehat.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Shylma Na'imah

    5 Cara yang Salah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

    Mengoleskan vitamin E bukannya menghilangkan bekas jerawat, tapi malah akan menghambat proses penyembuhannya, bahkan memicu dermatitis.

    Ditulis oleh: Hello Sehat Medical Review Team

    Dua Metode Menghilangkan Noda Merah Bekas Jerawat

    Saat jerawat hilang, bukan berarti masalah selesai. Masih ada noda merah yang mengganggu selama berminggu-minggu ke depan. Begini menghilangkannya.

    Ditulis oleh: Hello Sehat Medical Review Team

    7 Perawatan Kulit yang Ampuh Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

    Timbul bopeng bekas jerawat di wajah memang mengganggu penampilan. Tapi tenang, berikut cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang ampuh.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri

    Direkomendasikan untuk Anda

    cara mencegah ingrown hair

    Bagaimana Cara Mencegah Ingrown Hair agar Tidak Semakin Parah?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Riska Herliafifah
    Dipublikasikan tanggal: 05/02/2020
    cara pakai sheet mask

    Tips Pakai Sheet Mask Agar Manfaatnya Maksimal

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 27/01/2020
    skin care tidak bekerja

    5 Hal yang Menyebabkan Rejime Skincare Anda Tidak Efektif

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 06/01/2020
    kebersihan wajah naik gunung

    3 Tips Menjaga Kebersihan Wajah Pria Saat Naik Gunung

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 24/12/2019