Bisakah Pakai Sampo Antiketombe untuk Hilangkan Ketombe di Jenggot?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro

Ketombe tidak hanya menyerang kulit kepala, tapi juga kulit dagu yang ditumbuhi jenggot. Kondisi ini tentu saja mengganggu tampilan jenggot sekaligus membuat Anda tidak nyaman. Lantas, bisakah sampo antiketombe digunakan untuk mengatasi jenggot yang ketombean? Yuk, cari tahu jawabannya.

Bisakah pakai sampo antiketombe untuk jenggot ketombean?

menumbuhkan jenggot

Ketombe di jenggot menyebabkan kulit terkelupas dan gatal. Kemungkinan besar kondisi ini disebabkan oleh pertumbuhan jamur di kulit yang tidak seimbang.

Pada kulit, terdapat jamur Malassezia globosa yang bertugas untuk memecah sebum (minyak). Sayangnya, proses tersebut menghasilkan asam oleat yang bisa mengiritasi kulit.

Jika jumlah jamur semakin banyak, kemungkinan iritasi jadi lebih besar dan menimbulkan serpihan kulit seperti ketombe.

Selain itu, ketombe di jenggot juga bisa disebabkan oleh proses pergantian sel kulit yang lebih cepat.

Sel kulit mati yang tidak dibersihkan dengan benar dapat menumpuk dan membentuk serpihan ketombe.

Salah satu cara untuk mengatasi ketombe pada jenggot, yakni mencuci jenggot.

Pada beberapa kasus Anda membutuhkan sampo antiketombe untuk jenggot ketombean. Sampo ini dapat membersihkan sel kulit mati yang menumpuk sekaligus menekan pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Namun, sebagian besar dokter kulit tidak merekomendasikan penggunaan sampo rambut untuk mengatasi jenggot yang ketombean.

Sampo yang diformulasikan untuk rambut dikhawatirkan terlalu keras untuk kulit dagu. Terutama jika Anda memiliki kulit yang kering dan sensitif.

Alih-alih membaik, ketombe dan kondisi kulit malah jadi bertambah parah jika Anda menggunakan sampo ini pada jenggot yang berketombe.

Lantas, sampo apa yang harus dipakai?

pakai sampo sama rusak rambut

Jika Anda memang memiliki kulit sensitif dan kering, cari sampo antiketombe khusus yang diformulasikan untuk membersihkan jenggot ketombean.

Pilih sampo yang mengandung bahan-bahan, seperti:

Bila Anda tidak memiliki kulit sensitif, menggunakan sampo antiketombe untuk rambut bisa saja membantu. Hanya saja, Anda perlu menggunakannya dengan benar agar tidak menimbulkan masalah kulit baru.

Cara pakai sampo antiketombe untuk jenggot ketombean

jenggot berketombe

Supaya perawatannya berhasil, cara pakai sampo untuk mencuci jenggot berketombe harus diperhatikan. Berikut beberapa aturan yang perlu Anda ikuti ketika menggunakan sampo untuk jenggot yang bermasalah.

1. Jangan gunakan air panas

Sebelum dibersihkan dengan sampo, jenggot perlu dibasahi lebih dahulu. Namun, Anda tidak boleh membasahinya dengan air panas.

Suhu panas bisa membuat kulit jadi semakin kering. Akibatnya, ketombe pada jenggot akan semakin memburuk. Selain itu, air panas juga bisa memperparah kondisi kulit yang iritasi.

2. Pakai sampo dengan bijak

Meski area kulit di sekitar jenggot bermasalah, Anda sebaiknya tidak menggunakan sampo antiketombe terlalu banyak untuk jenggot yang ketombean.

Apalagi jika Anda menggunakan sampo yang diformulasikan untuk rambut. Gunakan secukupnya, setidaknya seukuran kacang polong.

Kemudian, gosok sampo dengan kedua tangan dan pijat perlahan pada jenggot. Pastikan sampo mengenai kulit dagu secara merata.

Lalu, diamkan selama 1 atau 2 menit agar kandungan sampo menyerap ke kulit. Setelahnya, bilas hingga bersih.

Tips mencegah munculnya ketombe di jenggot

jenggot berketombe

Agar terbebas dari masalah jenggot berketombe, bersihkan area ini secara rutin. Kemudian, gunakan pelembap seperti minyak argan untuk menjaga kelembapan kulit.

Jangan lupa untuk memotong jenggot jika sudah terlalu panjang, supaya lebih mudah untuk dirawat.

Bila masalah ketombe di jenggot tidak juga membaik, lakukan konsultasi ke dokter spesialis kulit. Kemungkinan besar Anda mengalami dermatitis seboroik.

American Family Physician menyebutkan bahwa dermatitis seboroik menyebabkan kondisi yang serupa dengan ketombe.

Anda mungkin membutuhkan perawatan lebih lanjut dan diharuskan mencukur jenggot agar kondisi kulit jadi lebih baik.

Sumber foto: Veta

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: November 24, 2019 | Terakhir Diedit: November 21, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca