Cara Efektif Mencegah dan Mengatasi Luka Lecet

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Luka lecet adalah kondisi kulit yang umum dan merupakan hasil gesekan yang muncul saat kulit bergesekan satu sama lainnya atau dengan pakaian. Keparahan lecet bisa bergantung pada apakah kulit Anda tebal atau tipis. Meskipun lecet bisa terjadi di mana saja yang terdapat gesekan, area yang paling banyak menderita adalah paha, ketiak, selangkangan, dan puting susu.

Penyebab luka lecet

Ada banyak faktor penyebab lecet, seperti: memakai pakaian yang terlalu ketat atau longgar, menggunakan kain yang tidak menyingkirkan kelembapan, sepatu atau hak yang ketat, keringat berlebihan, lari atau bersepeda jarak jauh, maupun cuaca panas.

Bagaimana cara mencegah luka lecet?

Tetap kering adalah hal penting untuk mencegah lecet. Kulit yang basah membuat lecet tidak dapat dihindari, jadi hindari katun bagaimanapun caranya karena kain kapas ini menyerap keringat dan tetap basah. Pilihlah pakaian yang terbuat dari serat sintetis dan ingatlah untuk tidak memakai pakaian lembap untuk waktu yang lama; gantilah pakaian sesegera mungkin. Oleskan bedak talc dan tawas ke area yang biasanya berkeringat. Bedak dapat membantu menyingkirkan kelembapan dari kulit.

Kenakan pakaian yang pas dan tidak terlalu ketat. Sport bra yang terlalu ketat dapat menggesek kulit saat Anda berolahraga. Ingatlah bahwa berpakaian ringan lebih baik untuk olahraga. Pilihlah pakaian olahraga dan bra yang ukurannya sesuai untuk menghindari gesekan.

Oleskan pelumas seperti petroleum jelly untuk mengurangi gesekan pada kulit. Menggunakan petroleum jelly, koyo, atau selotip khusus pada puting susu dapat mengurangi gesekan dan menghindari lecet pada puting. Setelah berolah raga, gunakan sabun antibakteri saat mandi agar terhindar dari infeksi bakteri akibat kulit yang terpapar.

Cara mengobati luka lecet

Oleh karena lecet bisa memburuk dan mengganggu jika tidak diobati, jangan mengabaikannya. Bersihkan area yang lecet dengan lembut dengan air dan keringkan secara menyeluruh. Setelah area tersebut dibersihkan, oleskan zat seperti petroleum jelly, yang harganya murah dan banyak tersedia.

Jika area yang lecet sakit, bengkak, berkerak, atau berdarah, mintalah dokter untuk menganjurkan obat salep. Cegah kulit untuk tidak tersentuh dan berikan waktu untuk kulit sembuh sebelum aktif kembali. Gesekan yang terus menerus hanya akan membuat kondisi menjadi lebih buruk dan ini dapat menyebabkan infeksi.

Jika luka lecet tidak membaik setelah diobati sendiri, temui dokter. Salep antibiotik diperlukan saat area lecet menjadi terinfeksi.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca