5 Tips Memilih Perawat yang Tepat untuk Lansia

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 28/04/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Ketika usia semakin tua, tubuh pun turut berubah dan tidak lagi memiliki kekuatan yang sama seperti sebelumnya. Begitu pun ketika melakukan berbagai kegiatan, mereka yang sudah memasuki masa lansia membutuhkan bantuan dari orang lain.

Terutama bagi para lansia berkebutuhan khusus, belum tentu anggota keluarga lainnya bisa memberikan bantuan yang tepat. Oleh karena itu, kehadiran profesional seperti seorang perawat tentunya sangat diperlukan. Lalu, apa saja yang harus dipertimbangkan saat memilih perawat lansia yang tepat?

Memilih perawat yang tepat untuk lansia

Memilih perawat pastinya tidak bisa sembarangan. Kehadiran perawat tidak hanya untuk mengurus hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan tapi juga menenemani dalam kegiatan sehari-hari.

Perawat yang tepat dapat meningkatkan kualitas hidup lansia dan membuat mereka menjadi lebih aktif. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti ketika memilih perawat untuk lansia.

1. Ketahui kebutuhan lansia

perbedaan demensia dengan delirium dan depresi

Sebelum mulai memilih perawat untuk lansia, ada baiknya Anda pastikan terlebih dahulu apakah orang tua benar-benar membutuhkan perawat, apa alasannya, dan apa saja kebutuhannya.

Biasanya ada perawat yang dikhususkan untuk mengurus kebutuhan tertentu.

Pastikan apakah yang Anda butuhkan adalah seorang perawat untuk membantu dengan kegiatan sehari-hari seperti memasak atau bersih-bersih.

Atau mungkin juga perawat yang bisa menemani orang tua beraktivitas di luar rumah, atau perawat yang paham dengan hal-hal menyangkut kebutuhan minum obat, semua harus Anda ketahui sebelum mulai memperkerjakan perawat.

2. Pilih perawat dari agen terpercaya

memilih perawat lansia
Sumber: Vanderbit News

Memang, memilih perawat yang bekerja secara individu akan lebih menghemat biaya. Namun, Anda juga harus mengingat bahwa Anda juga harus bertanggung jawab penuh dalam merekrut, memberi pekerjaan, serta mengawasi apakah perawat telah melakukan tugasnya dengan baik.

Agar lebih mudah, Anda bisa mencari perawat dengan bantuan agen. Karena perawat dari agen biasanya sudah bersertifikat, Anda tak perlu lagi merasa khawatir berlebihan.

Mintalah rekomendasi pada orang-orang di sekitar yang memiliki pengalaman atau pada dokter yang menangani orang tua untuk mengetahui agen mana saja yang bereputasi baik.

3. Mengetahui latar belakang calon perawat

rehabilitasi medik lansia

Anda tentu tak mau orang-orang yang terkasih jatuh pada orang yang salah, maka hal penting lainnya yang harus dipertimbangkan saat memilih perawat untuk lansia adalah mengetahui latar belakangnya.

Tanyalah pada agen apakah mereka sudah benar-benar memeriksa para perawatnya, termasuk bagaimana kinerja perawat sebelumnya dan seperti apa acara kerjanya.

Jika ada prosedur dari agen dalam menyaring calon perawat yang membuat Anda tidak berkenan, mungkin Anda harus menyiapkan pilihan lainnya.

Berlaku juga bila Anda ingin mempekerjakan perawat yang tidak terikat dengan lembaga atau agen mana pun. Ketahui apakah calon perawat pernah memiliki riwayat berkelakuan buruk dan apakah mereka memiliki lisensi untuk beberapa keahlian khusus.

4. Cari perawat yang kompatibel dengan lansia dan keluarga

aktif berhubungan seks lansia

Dalam memilih perawat lansia yang tepat, baiknya tidak hanya memilih mereka yang terlatih tapi juga cocok dengan orang tua dan keluarga.

Hal ini tentunya penting supaya komunikasi di antara kedua pihak dapat terjalin dengan baik dan nantinya juga akan membuat orang tua merasa nyaman dengan kehadiran perawat.

Mintalah pada agen untuk mempertemukan Anda, orang tua, dan calon perawat sebelum mulai bekerja. Dari pertemuan inilah Anda bisa melihat gambaran yang akan terjadi ke depannya.

5. Siapkan rincian pekerjaan yang harus dilakukan oleh perawat

hamil setelah berhenti pil kb

Persiapkan daftar berisi pekerjaan yang harus dilakukan dengan lengkap dan akurat. Fokuskan tugas pada kebutuhan pribadi orang tua.

Beri tahu juga hal-hal yang menjadi ekspektasi Anda terhadap calon perawat. Jelaskan semuanya dengan jujur dan jelas untuk memastikan calon perawat mau berkoitmen dan bisa mempertanggung jawabkan pekerjaannya.

Memilih perawat untuk lansia tidak selalu mudah, terkadang ada perbedaan keinginan di antara Anda dan orang tua. Oleh karena itu, bicarakan dan tanyakan jika ada hal-hal yang membuat orang tua kurang berkenan.

Meski bila harus bergonta-ganti perawat, yang terpenting orang tua merasa nyaman dan senang dengan kehadiran pihak profesional yang akan mengurus mereka.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Setiap Lansia Harus Menjalani Rehabilitasi Medik?

Seiring bertambahnya usia, tiap orang menghadapi perubahan fungsi tubuh yang memengaruhi hidupnya. Di sinilah pentingnya rehabilitasi medik bagi lansia.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Perawatan Lansia 21/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Kenali Pilihan Pengobatan Kanker yang Cocok untuk Para Lansia

Pilihan pengobatan kanker untuk para lansia sebenarnya terbilang sangat terbatas mengingat kondisi tubuh mereka tidak lagi sebugar saat muda. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Perawatan Lansia 14/10/2019 . Waktu baca 4 menit

Penyebab Lansia Gampang Kedinginan, Plus Cara Mencegah dan Mengatasinya

Dibanding yang masih muda, orang tua lebih gampang kedinginan. Namun, penyebab lansia mudah kedinginan tidak sesepele karena suhu AC yang terlalu rendah.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Perawatan Lansia 12/10/2019 . Waktu baca 5 menit

5 Tips Mencegah Lansia Agar Tidak Gampang Terjatuh

Kecelakaan kecil seperti terjatuh berdampak besar bagi kesehatan lansia. Inilah cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah lansia agar tidak mudah terjatuh.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Perawatan Lansia 20/05/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
persiapan puasa untuk lansia

3 Hal yang Harus Diperhatikan Lansia Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 05/06/2020 . Waktu baca 6 menit
perawat lansia stres

Perawat Lansia, Simak 5 Strategi Mengatasi Stres Berikut, Yuk!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 24/05/2020 . Waktu baca 5 menit
panti jompo untuk lansia

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Panti Jompo untuk Lansia

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 30/04/2020 . Waktu baca 6 menit
masalah tidur lansia

Masalah Tidur Lansia: Sering Mengantuk dan Banyak Tidur Siang

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 27/04/2020 . Waktu baca 4 menit