Shower Puff Masih Kelihatan Bagus, Apa Perlu Diganti Dengan yang Baru?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Meski terlihat masih bagus dan berfungsi dengan baik, shower puff perlu diganti dengan rutin. Pasalnya, alat mandi yang satu ini mengandung jutaan bakteri yang bisa masuk dan mengiritasi kulit. Untuk itu mulai sekarang, ganti shower puff menjadi hal yang tak boleh Anda abaikan.

Seberapa sering harus ganti shower puff?

sabun jerawat mandi

Shower puff digunakan untuk membantu membersihkan kulit secara menyeluruh dari kotoran dan sel kulit mati yang menempel. Tanpa Anda sadari, kotoran dan  sel kulit mati banyak tersangkut di sudut dan celah-celah alat mandi yang satu ini.

Menurut J. Matthew Knight, MD, seorang dokter kulit di Orlando, Amerika Serikat, kotoran yang menempel ditambah lagi lingkungan kamar mandi yang lembap dan kotor membuat kuman penyakit mudah berkembang biak dengan suburnya.

Oleh karena itu, Sejal Shah, M.D., dokter kulit di New York, menyarankan Anda untuk mengganti shower puff  yang terbuat dari bahan alami setiap tiga hingga empat minggu sekali. Sementara untuk shower puff yang terbuat dari plastik sebaiknya digantil setiap dua bulan sekali. Selain memastikan kebersihan shower puff , hal ini juga bertujuan untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah timbulnya infeksi bakteri atau jamur.

Jika Anda menggunakan shower puff kotor pada kulit terutama yang baru saja dicukur, risiko infeksi akan meningkat. Hal ini karena bagian kulit yang baru dicukur biasanya rentan mengalami luka terbuka. Bila hal ini terjadi, kuman akan dengan mudah masuk dan menginfeksi.

Cara menjaga kebersihan shower puff

shower puff atau loofah

Untuk menjaga agar shower puff tetap bersih sebaiknya setiap selesai memakai pastikan untuk membilasnya hingga bersih agar kotoran yang menempel terlepas dan berjatuhan. Lalu, jangan taruh alat yang satu ini di kamar mandi. Pasalnya, lingkungan yang lembap mendorong bakteri untuk tumbuh dan berkembang biak. Sebaiknya, simpan di tempat kering seperti di dekat jendela.

Selain itu, sebaiknya bersihkan alat mandi yang satu ini setiap minggunya. Caranya mudah, Anda cukup merendam shower puff ke dalam larutan pemutih yang telah diencerkan dengan air. Diamkan selama kurang lebih lima menit kemudian bilas hingga bersih.

Jika Anda melihat keberadaan jamur di shower puff Anda, sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Biasanya, jamur ditandai dengan bagian shower puff yang warnanya lebih gelap dari bagian lainnya.

Perlu diingat juga, sebaiknya jangan gunakan shower puff ini di muka maupun bagian alat kelamin karena bagian tersebut sensitif terhadap infeksi.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca