Berbagai Penyebab Kulit Ketiak Sensitif dan Cara Tepat Mengatasinya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Tak hanya di wajah, kulit ketiak juga bisa sensitif. Pada prinsipnya, kulit yang sensitif adalah kulit yang mudah iritasi. Tanda paling khas bila kulit ketiak Anda sensitif adalah rasa panas, meradang, gatal, kemerahan dan bahkan tampak menghitam. Lantas, apa saja penyebab kulit ketiak sensitif?

Penyebab kulit ketiak sensitif

mengobati ketiak gatal

“Ketiak adalah daerah yang unik.” Begitu setidaknya yang disampaikan oleh dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK, saat ditemui oleh Tim Hello Sehat pada acara peluncuran produk deodoran di bilangan Menteng pada Kamis (11/7).

Dr. Melyawati menjelaskan bahwa dibandingkan bagian kulit lainnya, kulit ketiak cenderung lebih tipis dan sering tergesek-gesek pakaian. Belum lagi, keadaan ketiak yang hangat dan lembap menjadi tempat yang nyaman untuk bakteri dan kuman berkembang biak.

Tanpa disadari, gaya hidup Anda sehari-hari juga bisa jadi faktor penyebab kulit ketiak jadi lebih sensitif. Misalnya saja sering mandi pakai air panas.

Air panas dapat menghilangkan minyak alami di permukaan kulit. Bila minyak alami di kulit ketiak hilang, kulit jadi kehilangan kelembapan. Akibatnya, kulit jadi kering dan rentan mengalami iritasi.

Selain itu, pemakaian sabun yang terlalu berlebihan juga bisa jadi penyebabnya. Kulit ketiak yang cenderung mudah berkeringat dan memunculkan bau, membuat bagian ini terlalu sering digosok sabun. Padahal, kulit ketiak yang terlalu banyak digosok sabun justru dapat membuat area ini menjadi sensitif.

Penyebab lain yang juga sering kali tidak disadari adalah pemakaian produk deodoran yang tidak tepat. Pemakaian produk deodoran yang mengandung wewangian juga dapat membuat kulit ketiak Anda sensitif dan mudah iritasi.

“Berdasarkan penelitian yang sudah ada, pewangi dan pengharum paling sering menyebabkan iritasi di kulit. Bila orang kulit sensitif pakai produk yang mengandung parfum yang terlalu kuat, kulitnya akan sangat mudah mengalami iritasi,” papar dr. Melyawati yang juga merupakan anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia Jakarta (PERDOSKI Jaya).

Cara merawat kulit ketiak yang sensitif

deodoran untuk kulit sensitif

Pada prinsipnya, cara merawat kulit ketiak yang sensitif sama dengan kulit di bagian tubuh lainnya. Namun karena kulit ketiak sangat sensitif, maka Anda harus lebih berhati-hati ketika merawat bagian satu ini.

“Kita mungkin merasa bahwa segitiga atas (ketiak) dan segitiga bawah (vagina) adalah daerah yang tidak bersih. Jadi, secara insting kita merasa harus membersihkannya secara lebih, misalnya menggosok sabun lebih kuat dan sabunnya lebih banyak. Padahal, kedua cara itu justru memicu iritasi,” papar dr. Melyawati.

Dr. Melyawati juga menambahkan bahwa pemilik kulit ketiak sensitif harus pintar ketika memilih produk perawatan diri, salah satunya, deodoran.

“Orang yang punya kulit sensitif sebaiknya jangan asal sibuk pilih produk deodoran, tapi penting juga untuk melihat bahan kimia yang terkandung di dalamnya,” terang dr. Melyawati.

Ia juga menyarankan orang dengan ketiak sensitif menghindari produk deodoran yang mengandung parfum atau wewangian.

Pasalnya, penelitian melaporkan bahwa pewangi dan pengharum yang ditambahkan dalam produk deodoran atau perawatan diri lainnya bisa menyebabkan iritasi.

Bahkan, produk wewangian yang berasal dari minyak esensial juga bisa memicu iritasi di kulit. Selain itu, bahan kimia seperti alkohol, paraben, dan propylene glycol juga sebaiknya dihindari. Hal ini karena semua bahan tersebut dapat memicu reaksi iritasi pada kulit sensitif.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca