Intip 3 Tips Memilih Sisir yang Sesuai dengan Jenis Rambut Anda

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Merawat rambut tidak hanya sebatas memilih sampo yang tepat. American Academy of Dermatology menyebutkan bahwa menyisir juga menjadi bagian dari merawat rambut tetap sehat. Pasalnya, jika Anda tidak menggunakan sisir yang tepat, rambut dan kulit kepala bisa bermasalah. Lantas, bagaimana cara memilih sisir yang tepat berdasarkan jenis rambut? Sontek beberapa tipsnya di bawah ini.

Tips memilih sisir yang sesuai dengan jenis rambut

Menyisir tidak berhati-hati bisa melukai kulit kepala Anda. Begitu juga dengan memakai sisir yang tidak sesuai jenis rambut, rambut bisa kusut dan akhirnya patah. Jika tidak ingin hal ini terjadi, perlu perhatian ekstra dalam memilih sisir sekaligus dalam menggunakannya.

Jangan cemas, Anda bisa mengikuti beberapa tips memilih sisir yang tepat berikut ini.

1. Pilih jenis sisir yang tepat

Saat Anda mampir ke toko untuk membeli sisir, pasti ada beragam bentuk sisir yang ditawarkan. Desain sisir tersebut tidak hanya menarik mata, tapi bertujuan untuk menyesuaikan jenis rambut. Perhatikan bentuk sisir berikut ini agar pilihan sisir Anda tidak salah.

Bristle brush

Sumber: Luxy Hair

Bristle brush sangat mudah ditemukan di pasaran. Jenis sisir ini berbentuk seperti sikat, dengan gigi sisir yang renggang, tipis, dan tumpul di bagian ujungnya.

Bagi orang dengan rambut panjang dan mudah kusut alias susah diatur, memilih jenis sisir ini adalah pilihan tepat. Baik bentuk gigi dan pegangan sisir seperti ini mempermudah Anda untuk merapikan rambut yang berantakan.

Round brush

Sumber: Freepik

Jika Anda ingin tampilan rambut lebih bervolume, round brush jadi pilihannya. Letak gigi sisir yang berada memutar ke segala sisi, membantu Anda untuk menggulung rambut ke luar atau ke dalam agar bentuk rambut lebih rapi dan terlihat tebal.

Namun, kerapatan gigi sisir jenis ini berbeda-beda. Untuk rambut yang lebih panjang dan tebal, sebaiknya Anda memilih jenis sisir round brush dengan diameter lebih dari 2,5 cm. Ini akan memudahkan Anda untuk merapikan dan merawat rambut.

Wide tooth comb

Sumber: Etsy

Jika Anda memiliki rambut ikal, sisir bergigi jarang bisa dijadikan pilihan. Sisir yang giginya renggang ini, memungkinkan Anda merapikan rambut lebih mudah tanpa khawatir akan kusut atau menyangkut. Sisir ini merupakan sisir paling umum yang bisa digunakan untuk orang dengan rambut normal, lurus, dan panjang.

2. Pilih sisir yang kondisinya baik

Sumber: Holistic Habits

Jika sudah memilih jenis sisir yang tepat untuk rambut, langkah selanjutnya adalah mengamati kualitasnya. Sisir yang dijual di pasaran bisa terbuat dari plastik, kayu, maupun kombinasi plastik dengan metal.

Bahan sisir ini memiliki kelebihan dan kekurangan, contohnya sisir plastik mudah patah namun lebih ringan. Sementara itu, sisir kombinasi lebih kuat tapi cukup berat.

Selain bahannya, kondisi sisir juga perlu Anda cermati. Pilih sisir yang ujungnya tidak runcing karena bisa melukai kulit kepala.

3. Jangan sungkan untuk mencoba

Sumber: Freepik

Beberapa sisir yang dipajang di toko bisa Anda coba. Jangan sungkan mencobanya demi memastikan kenyamanan sisir saat digunakan. Sisirlah rambut di bagian setengah rambut dan ujungnya saja, jangan sepenuhnya hingga ke kulit kepala.

Pasalnya, tidak hanya Anda yang mencoba sisir tersebut. Melakukan hal itu akan menghindarkan Anda dari masalah kulit kepala yang menular.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca