Hati-hati, gym langganan Anda bisa jadi sarang kuman, jamur, dan bakteri yang berbahaya. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa jumlah bakteri di tempat gym bisa 362 kali lebih banyak dibandingkan bakteri di kursi toilet. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa jumlah bakteri pada treadmill, sepeda olahraga, dan dumbbell masing-masing mengandung lebih dari satu juta bakteri per sentimeter persegi. Maka itu, Anda wajib menjaga kebersihan di tempat gym.

Infeksi jamur pada kulit adalah penyakit yang paling mungkin terjadi di tempat gym. Hal bisa disebabkan karena saat Anda sedang berolahraga, pakaian dan peralatan olahraga Anda akan terpapar keringat. Oleh karena itu, untuk mencegah infeksi dan menjaga kebersihan di tempat gym, berikut adalah beberapa tips kebersihan diri yang bisa Anda lakukan.

1. Cuci tangan dengan sabun

Anda dianjurkan untuk cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah berolahraga. Setelah itu, Anda bisa mengeringkan tangan Anda dengan handuk bersih atau mesin pengering.

Jika memang tidak ada sabun dan air, Anda bisa menggunakan pembersih tangan (hand sanitizer) dengan kandungan alkohol setidaknya 60 persen. Anda bisa mengoleskan pembersih tersebut ke telapak tangan, lalu gosokkan ke semua permukaan tangan dan jari sampai tangan Anda benar-benar kering.

2. Bersihkan peralatan olahraga

Sebelum berolahraga, bersihkan peralatan atau alas olahraga sebelum Anda menggunakannya. Anda bisa membersihkan peralatan olahraga tersebut dengan semprotan desinfektan (pembunuh bakteri) atau sekedar menyapukannya. Bersihkan peralatan tersebut setelah selesai latihan. Jika memungkinkan, Anda juga bisa membawa perlengkapan latihan sendiri, misalnya matras yoga atau sarung tinju.

3. Mandi segera

Setelah lelah berolahraga, mungkin Anda akan lebih memilih untuk segera istirahat atau makan, meskipun Anda belum mandi. Padahal, setelah berolahraga pakaian Anda akan penuh dengan keringat.

Jika Anda tidak segera mandi, bakteri akan lebih mudah berkembang biak di lingkungan yang hangat dan lembap. Jadi, Anda harus segera mandi usai berolahraga. Kemudian keringkan badan Anda dengan handuk yang bersih sampai tuntas. Anda dianjurkan untuk membawa perlengkapan mandi sendiri, termasuk handuk yang akan Anda gunakan.

4. Bersihkan pakaian olahraga

Anda perlu rutin mencuci pakaian olahraga Anda, termasuk baju renang dan kaus kaki yang Anda gunakan saat berolahraga. Jangan lupa juga untuk membersihkan sepatu olahraga Anda secara berkala, meskipun tidak digunakan di luar ruangan.

5. Bawa perlengkapan Anda sendiri

Untuk menjaga kebersihan di tempat gym, Anda tidak dianjurkan untuk berbagi perlengkapan pribadi Anda. Termasuk botol air minum, handuk, pisau cukur, sisir, sikat, atau alat makeup. Apa pun yang bersentuhan dengan kulit orang lain bisa meningkatkan risiko kontaminasi jamur pada kulit dan jenis infeksi lainnya.

6. Jaga kesehatan kaki Anda

Setelah olahraga, jangan lupa untuk membersihkan kaki Anda dengan air dan sabun hingga jari-jari kaki. Lalu keringkan kaki Anda dengan handuk yang bersih sampai tuntas. Tindakan ini bisa membantu mencegah infeksi pada kaki, misalnya kutu air.

7. Tutup luka pada kulit dengan perban

Jika Anda punya luka di kulit, Anda perlu menutupinya dengan perban atau plester luka yang kuat dan tahan air untuk mencegah terjadinya infeksi yang lebih parah. Hal ini juga penting supaya Anda tidak menularkan virus atau bakteri dari luka Anda kepada sesama pengguna gym.

8. Tips memilih tempat gym

Jika Anda berniat untuk olahraga di gym, Anda perlu mempertimbangkan kondisi gym tersebut. Mulai dari kebersihan dan fasilitas yang tersedia. Termasuk kondisi perlengkapan olahraga, lantai kamar mandi, fasilitas toilet, dan lainnya.

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca