Asam urat atau encok merupakan penyakit radang sendi yang bisa dialami oleh siapa saja. tidak jarang orang yang memiliki penyakit asam urat mengalami gejala nyeri, sakit, serta bengkak pada persendian. Oleh karena itu, dokter biasanya akan memberikan obat asam urat untuk meringankan gejala yang muncul serta menurunkan kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh. Apa saja obat asam urat yang bisa Anda temukan di apotek?

Obat asam urat untuk meringankan sakit dan nyeri

1. Obat non-steroid anti peradangan (NSAID)

Obat NSAID adalah jenis obat penghilang rasa sakit, nyeri, serta peradangan. Contoh dari obat NSAID adalah ibuprofen, naproxen sodium, serta indometasin. Semua obat-obatan tersebut diberikan untuk meringankan rasa nyeri yang timbul akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi. Biasanya dokter akan meresepkan obat asam urat ini apabila gejala yang ditimbulkan cukup parah dan akut.

Obat NSAID mempunyai efek samping yang dapat membahayakan kesehatan, hanya memiliki efek samping dengan gejala yang ringan. Namun dalam kasus yang ekstrim, Anda bisa saja mengalami gejala seperti, lambung mengalami perdarahan, perdarahan pada usus, dan masalah jantung.

2. Colchinie

Colchinie (Colcrys, Mitigare) juga merupakan jenis obat penghilang rasa sakit yang sering kali diberikan dokter untuk penderita asam urat. Obat asam urat ini bekerja dengan dua cara yang berbeda yaitu untuk mengobati gejala asam urat akut dan mencegah kambuhnya asam urat.

Apabila Anda mengalami gejala asam urat seperti demam dan sendi bengkak yang parah, maka umumnya dokter akan menyarankan untuk meminum Colchinie sebanyak 2 kali dalam satu waktu. Sementara dosis yang diberikan untuk mencegah gejala datang lagi yaitu sebanyak satu sampai dua tablet sehari. Penggunaan Colchinie dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal dan hati.

3. Kortikosteroid

Obat asam urat seperti kortikosteroid (Meticorten, Sterapred, Sterapred DS) akan diberikan apabila obat NSAID dan Colchinie tidak dapat mengatasi gejala asam urat tyang dialami oleh penderita. Sama seperti NSAID dan Colchinie, kortikosteroid mempunyai fungsi utama yaitu sebagai penghilang rasa sakit.

Kortikosteroid diberikan dalam bentuk pil atau cairan suntikan. Efek samping yang mungkin timbul dari penggunaan kortikosteroid adalah dapat meningkatkan kadar gula darah, membuat suasana hati mudah berubah, serta berisiko untuk meningkatkan tekanan darah.

Obat asam urat untuk menurunkan kadar asam urat

1. Probenecid

Obat probenecid (Benemid) diberikan untuk membantu tubuh mengeluarkan asam urat yang berlebihan melalui urin. Seseorang yang mengonsumsi obat asam urat jenis ini dianjurkan untuk meminum setidaknya 2 liter air mineral per hari untuk mencegah terbentuknya kristal karena asam urat. Penggunaan obat probenecid yang berlebihan dapat menimbulkan rasa sakit di bagian perut serta gangguan fungsi ginjal.

2. Allupurinol

Allupurinol memiliki cara kerja yang hampir sama dengan probenecid, yaitu berguna untuk menurunkan asam urat dengan cara menghambat pembentukan asam urat di dalam tubuh. Efek saping yang sering kali timbul dalam penggunaan allupurinol adalah sakit perut, pusing, diare, dan rasa gatal di kulit. Apabila gejala gatal dan demam terus berlanjut maka sebaiknya hentikan pemakaian obat ini. Dosis allupurinol yang dianjurkan adalah satu tablet per hari.

3. Febuxostat

Febuxostat (Uloric) bekerja dengan cara menghambat pembentukan asam urat yang biasa diberikan untuk penderita asam urat yang sudah mengalami penyakit tersebut lebih dari 40 tahun. Obat asam urat ini tidak boleh diminum bersamaan dengan  6-mercaptopurine (6-MP) atau azathioprine. Penggunaan febuxostat akan menimbulkan efek samping seperti diare, tubuh merasa sakit, serta pusing.

4. Pegloticase

Obat asam urat jenis pegloticase (Krytexxa) akan diberikan apabila obat lain yang telah diberikan tidak ampuh mengatasi penyakit ini. Biasanya obat asam urat tersebut diberikan untuk penderita yang mengalami penyakit asam urat kronis melalui pembuluh darah. Seseorang yang alergi dengan pegloticase tidak boleh mengonsumsi obat tersebut karena akan membahayakan nyawanya.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca