Liburan merupakan waktu di mana kita terlepas dari berbagai pola aktivitas, jadi jangan heran jika sering terjadi perubahan kebiasaan selama waktu liburan, salah satunya adalah pola makan. Di samping tidak memakan makanan yang seperti biasa kita konsumsi di rumah, makanan saat berlibur di tempat wisata biasanya memiliki porsi yang lebih besar dan lebih banyak mengandung lemak, garam, dan kolesterol. Tanpa disadari, hal ini dapat mengubah pola makan yang sudah kita jaga sebelumnya, dan dapat meningkatkan berat badan seusai berlibur.

Meskipun demikian, bukan berarti kita tidak dapat menikmati waktu berwisata tanpa menjaga pola makan sehat. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menikmati saat berlibur tanpa kenaikan berat badan berlebih:

1. Rencanakan liburan Anda dengan matang

Cari tahu tentang penginapan, waktu, dan jarak tempuh kemudian sesuaikan dengan kebutuhan pola makan Anda. Rencanakan tempat makan yang akan Anda kunjungi saat dalam perjalanan ataupun saat tiba di tempat liburan. Jika perjalanan memakan waktu yang cukup lama, sediakan makanan kecil dan air minum yang cukup untuk mencegah lapar berlebih dan dehidrasi.

2. Hindari melewatkan waktu makan

Meskipun tujuan liburan Anda membutuhkan waktu tempuh yang lama, sempatkanlah mengonsumsi makanan pada waktunya. Makan secara teratur tetap dibutuhkan karena pergi berlibur tetap membutuhkan energi. Selain itu kelelahan dan rasa lapar berlebih dapat memicu pola makan tidak sehat selama liburan.

3. Makan di restoran satu hari sekali

Membawa bekal makanan untuk sarapan sehat seperti roti gandum dan oatmeal membantu berhemat dan menjaga konsumsi kalori saat berlibur. Konsumsi yang kaya akan protein dan serat diperlukan untuk mempertahankan energi dan menjauhkan keinginan untuk makan saat berlibur. Selain itu Anda juga dapat membeli buah yang mudah dimakan untuk melengkapi menu makan dan pengganti camilan.

4. Kurangi konsumsi kafein

Perlu diingat bahwa kafein dari kopi ataupun minuman energi tidak setara dengan energi yang diperoleh dari makanan dan istirahat yang cukup. Tubuh tetap memerlukan kalori dan istirahat untuk menjaga metabolisme berfungsi dengan baik. Selain itu, Anda akan tetap merasa lelah setelah efek dari kafein tidak lagi memberikan pengaruh pada tubuh.

5. Hindari konsumsi kalori dari minuman

Pada umumnya berbagai makanan di tempat wisata memiliki kadar kalori yang cukup tinggi, sehingga Anda tidak lagi membutuhkan kalori berlebih dari minuman. Untuk menguranginya, pilihlah berbagai minuman dengan seperti air mineral atau berbagai minuman seperti teh, kopi, jus buah, dan minuman soda tanpa gula. Selain itu, hindari konsumsi alkohol karena mengandung sekitar 150-450 kalori atau sudah dapat memenuhi 25% batas kecukupan kalori harian.

6. Kurangi porsi dalam sekali makanan

Melewatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai kuliner di tempat wisata adalah hal yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu cara untuk menyiasati hal ini adalah dengan cara mengurangi porsi makanan dengan membawa sebagian makanan untuk dimakan di penginapan atau berbagi dengan teman atau keluarga.

7. Memilih menu sehat

Saat memakan makanan dari restoran, Anda mungkin mengalami kesulitan untuk jenis makanan untuk dimakan. Namun untuk meminimalisir hal ini, pilih menu makanan dengan cara pengolahan yang lebih sehat seperti dipanggang atau direbus dan hindari konsumsi makanan yang digoreng terlalu banyak. Selain itu konsumsi sayuran sesering mungkin saat Anda berlibur.

8. Aktif bergerak selama berlibur

Mungkin hal ini jarang terpikirkan saat berlibur, namun dengan aktif bergerak Anda akan merasa lebih bertenaga saat liburan dan dapat menyeimbangkan konsumsi tinggi kalori selama liburan. Beraktivitas fisik selama berlibur dapat dilakukan dengan lebih banyak berjalan terutama saat pagi hari. Membawa perlengkapan olahraga yang mudah dibawa seperti sepatu lari akan membuat Anda lebih nyaman untuk menelusuri tempat wisata dengan berjalan kaki.

9. Mencukupi kebutuhan istirahat

Waktu tidur malam adalah hal yang utama dalam menjaga pola hidup sehat terutama dalam mengatur pola makan. Kekurangan energi karena mengantuk menyebabkan Anda kurang menikmati waktu liburan dan memicu konsumsi makanan yang lebih banyak. Cukupi kebutuhan aktivitas fisik dan nutrisi selama berlibur untuk memperoleh kualitas istirahat malam yang optimal.

BACA JUGA:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca