Tak disangkal bahwa makanan di restoran fast food mempunyai cita rasa yang lezat. Apalagi jika dalam keadaan lapar dan hanya mempunyai waktu singkat untuk makan, singgah di restoran fast food sering kali menjadi pilihan. Penggemar makanan fast food pun banyak, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Namun, tahukah Anda bahwa satu porsi makanan fast food yang Anda makan memiliki jumlah kalori yang besar dan juga mengandung garam, gula, serta lemak trans dan lemak jenuh yang tinggi?

Beberapa dari Anda mungkin sudah tahu sehingga menghindari makanan fast food. Namun, bagaimana dengan Anda yang suka makanan fast food tetapi ingin tetap menjaga berat badan atau menjaga kesehatan?

Mungkin mengurangi jumlah kalori dari makanan fast food yang Anda makan merupakan salah satu pilihan. Anda bisa mengurangi jumlah kalori yang Anda makan dengan memilih makanan yang tepat, yang tidak banyak mengandung lemak, karbohidrat, gula, dan garam. Lalu, bagaimana cara memilihnya?

Memilih makanan yang lebih sehat di restoran fast food

Makan makanan fast food mungkin menjadi pilihan yang harus dihindari bagi Anda yang sedang menjaga berat badan atau kesehatan. Menemukan menu makanan fast food yang seimbang dan sehat sangat sulit. Tetapi, sebenarnya selalu ada pilihan, Anda hanya harus tahu yang mana dan bagaimana memesannya.

  • Pilih menu makanan dengan porsi kecil. Jika ada menu makanan dengan porsi kecil, mengapa harus memilih makanan dengan porsi besar (upsize) atau menu dengan paket double? Selain untuk menghemat uang yang keluar dari kantong Anda, hal ini juga membantu mengurangi kalori yang Anda makan. Usahakan untuk pilih menu makanan yang mengandung tidak lebih dari 500 kalori.
  • Pilih makanan yang mengandung lemak rendah dan memiliki protein dan serat yang tinggi. Pilih menu makanan yang mengandung serat, gandum, dan protein tinggi, serta hindari menu makanan yang digoreng dan mengandung tepung. Lebih baik Anda memesan menu makanan yang dipanggang. Makanan yang digoreng dan mengandung tepung memiliki lemak dan kalori yang tinggi. Selain itu, pilih juga menu yang di dalamnya ada sayuran atau buah-buahan.
  • Pilih makanan yang lebih sehat. Misalnya, daripada memesan kentang goreng lebih baik memesan salad atau sup, atau daripada memesan roti putih lebih baik memesan roti gandum, atau daripada memesan burger biasa lebih baik memesan burger veggie dan lain sebagainya. Cara ini juga membantu mengurangi asupan kalori yang Anda makan. Anda harus pintar-pintar memilih!
  • Hindari makanan yang mengandung lemak trans. Lemak trans dalam jumlah kecil secara alami terdapat dalam daging dan produk susu, tetapi yang berbahaya adalah lemak trans buatan yang digunakan untuk menjaga makanan tetap terlihat baru dimasak. Lemak trans buatan terbuat dari minyak sayur cair yang ditambahkan dengan hidrogen sehingga terlihat lebih padat. Restoran fast food biasanya menggunakan minyak yang mengandung lemak trans untuk menggoreng karena harganya yang murah, tahan lama, dan dapat digunakan berulang kali. Selain itu, minyak yang mengandung lemak trans juga dapat menambah cita rasa dan meningkatkan tekstur makanan. Namun, di balik itu semua ternyata lemak trans memiliki dampak yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Makan makanan yang banyak mengandung lemak trans dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2. Bahkan USDA (United States Department of Agriculture) menyarankan untuk membatasi konsumsi lemak trans tidak lebih dari 2 gram per hari. Oleh karena itu, sebaiknya hindari memesan makanan yang digoreng jika berada di restoran fast food.
  • Jaga asupan garam. The American Heart Association menyarankan sebaiknya konsumsi garam untuk orang dewasa dibatasi, yaitu di bawah 1500 mg per hari dan jangan sampai lebih dari 2300 mg per hari. Bayangkan jika Anda sering makan makanan fast food dan memilih menu yang mengandung banyak garam, seperti ayam goreng, burger, dan kentang goreng. Makanan tersebut dapat membuat Anda melebihi batasan garam yang harus Anda konsumsi.
  • Pilih minuman yang tepat. Restoran fast food biasanya menyediakan minuman yang tinggi gula dan kalori, seperti minuman soda. Selain itu, kadang Anda juga tergiur memesan minuman soda ukuran besar. Anda dapat mengganti minuman soda tersebut dengan memesan air mineral. Anda juga sebaiknya menghindari memesan minuman yang mengandung es krim, seperti milkshake, karena milkshake mengandung banyak kalori.

Untuk dapat memilih menu makanan seperti di atas, Anda harus tahu apa saja yang ada dalam satu menu. Misalnya dalam satu burger ada daging patty panggang, keju, selada, tomat, pickle, mayones, dan saus. Jika ada dua daging patty dalam satu burger sebaiknya Anda memilih burger dengan satu daging patty. Jika ada burger yang berisi ayam tepung sebaiknya Anda memilih burger dengan daging patty panggang. Pikirkan baik-baik menu yang akan Anda pilih. Jangan sampai salah memilih.

Tidak masalah jika Anda memakan makanan fast food satu atau dua kali, tetapi jika Anda ingin sehat sebaiknya jangan terlalu sering. Kebiasaan makan fast food dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan Anda. Beberapa tips di atas hanya untuk membantu Anda mengurangi dampak negatifnya. Yang terbaik adalah makan makanan sehat yang mengandung zat gizi lengkap karena banyak makanan fast food yang kurang gizi, dan isinya hanya lemak dan karbohidrat belaka.

BACA JUGA:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca