Susu whey protein merupakan salah satu asupan penting yang harus dipenuhi jika Anda ingin membentuk atau meningkatkan massa otot. Sayangnya, tak semua orang bisa minum susu jenis ini. Sebagai gantinya, beberapa orang beralih ke susu kedelai untuk membantu meningkatkan massa ototnya. Namun, apakah susu kedelai memberi manfaat yang sama seperti susu whey protein?

Apa bedanya susu whey protein dan susu kedelai?

Sebelum memutuskan untuk minum susu kedelai untuk membantu meningkatkan massa otot, ada baiknya Anda cermati dulu apa perbedaan nutrisi yang dimiliki kedua jenis susu ini.

Susu whey protein adalah susu yang didapatkan dari sumber hewani. Sebaliknya, seperti yang mungkin sudah Anda ketahui susu kedelai diolah dari kacang kedelai murni yang diambil sarinya.

Sebenarnya kedua jenis susu ini memiliki fungsi yang sama di dalam tubuh, yaitu membangun dan membentuk jaringan, termasuk jaringan otot. Namun, karena didapatkan dari sumber yang berbeda, kandungan nutrisi di dalamnya tentu juga akan berbeda.

Dalam secangkir susu sari kedelai tanpa pemanis umumnya mengandung kalori yang lebih rendah ketimbang susu whey protein. Selain itu, susu whey protein cenderung lebih mudah diserap dengan baik oleh tubuh ketimbang susu sari kedelai.

Bisakah meningkatkan massa otot hanya dengan minum susu kedelai?

Bagi Anda yang memiliki alergi susu sapi atau mengalami intoleransi laktosa, susu kedelai mungkin bisa menjadi pilihan alternatif untuk membentuk otot.

Namun, Anda tidak bisa bergantung pada susu kedelai saja untuk mendapatkan bentuk dan massa otot yang diimpi-impikan. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, Anda harus mengimbangi dengan olahraga rutin yang lebih intens.

Bila latihan fisik yang Anda lakukan tidak sebanding dengan asupan protein yang Anda konsumsi, maka Anda akan sulit untuk mendapatkan bentuk otot yang ideal.

Tips jitu membentuk dan meningkatkan massa otot

Selain minum susu yang mengandung protein tinggi, ada beberapa hal lain yang perlu juga Anda lakukan agar proses pembentukan otot berjalan optimal. Berikut beberapa hal yang bisa Anda coba:

1. Perbanyak latihan kekuatan

Angkat beban adalah jenis olahraga yang ideal untuk membentuk dan membesarkan massa otot. Selain angkat beban, latihan kekuatan lain seperti pull up, push up,  sit up, dan squat juga bisa menjadi cara terbaik untuk membentuk otot. Usahakan untuk melakukan latihan ini secara rutin setiap hari.

2. Lakukan olahraga intensitas tinggi

Kombinasikan latihan kekuatan pilihan Anda dengan olahraga kardio interval intensitas tinggi alias HIIT. Tak perlu berlama-lama untuk melakukan olahraga jenis ini. Anda hanya perlu luangkan waktu sekitar 10 hingga 20 menit.

Kombinasi dua jenis olahraga yang berbeda ini membantu membakar lemak lebih efektif bahkan setelah Anda selesai berolahraga.

3. Perhatikan asupan makanan

Agar proses pembentukan otot berjalan lebih optimal, Anda perlu memenuhi asupan nutrisi harian Anda. Pastikan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari mengandung gizi seimbang yang meliputi karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik. Jangan lupa, hindari makanan yang tinggi lemak dan gula.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca