Apakah Anda salah satu dari sekian banyak orang yang terus menerus gagal menurunkan berat badan, padahal sudah mati-matian berusaha? Jika selama ini usaha penurunan berat badan Anda belum juga berhasil, ini mungkin karena cara menurunkan berat badan Anda yang keliru.

Tenang, Anda masih ada harapan untuk bisa menurunkan berat badan, kok! Asalkan cara-cara berikut jangan diulangi lagi, ya

Cara menurunkan berat badan yang salah

Berikut beberapa cara menurunkan berat badan yang salah, yang mungkin jadi penyebab gagalnya resolusi kurus Anda di tahun ini.

1. Salah pilih pola diet

Seberapa sering Anda memilih diet kilat populer karena ikut-ikutan teman, selebritis, atau yang lainnya? Beberapa pola diet mungkin memang cocok untuk sebagian orang dan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penurunan berat badan mereka. Tapi, Anda harus paham, kalau kebutuhan, gaya hidup, dan pilihan makanan mereka bisa sangat berbeda dari Anda.

Jadi, ketahui dulu alasan Anda pribadi kenapa harus turun berat badan sebelum melakukan diet. Ini supaya program diet Anda tidak berjalan sia-sia dan bisa memberikan hasil yang signifikan bagi Anda untuk menurunkan berat badan.

2. Espektasi hasil akhir yang setinggi langit

Siapa dari Anda yang pernah bertekad memangkas 20 kilogram lemak dan membentuk six pack hanya dalam sebulan, setelah sukses turun berat badan barang 5 kilo saja?

Meski bisa semakin membakar motivasi, ini adalah cara menurunkan berat badan yang salah. Menetapkan tujuan akhir yang muluk-muluk dan tidak masuk akal justru membuat berat badan malah naik gara-gara stres, apabila tujuan tersebut tidak bisa Anda capai.

Terdengar pahit memang, tapi proses menurunkan berat badan itu tidak mudah dan membutuhkan waktu. Apabila Anda semenjak awal sudah menetapkan ekspektasi yang setinggi langit, rasa bosan yang kadang menghampiri setelah makan dan beraktivitas yang itu-itu saja justru akan menyebabkan semangat Anda kendor dan membuat Anda tergoda untuk melanggar pantangan yang anda tetapkan sendiri. Alasannya tentu karena Anda merasa lelah dengan segala rutinitas yang sudah dilakukan yang belum juga terwujud.

Jadi mulai sekarang, tetapkanlah tujuan kecil yang benar-benar bisa Anda raih. Sedikit-sedikit, lama-lama jadi bukit. Ingat, kan tentang pepatah ini? Ketika Anda bisa mencapai setiap tujuan kecil, Anda akan mendapatkan dorongan kepercayaan diri sehingga tetap termotivasi dalam perjalanan menuju tujuan akhir Anda.

3. Tidak menyisakan cukup waktu

Tidak punya cukup waktu adalah salah satu alasan klasik kenapa Anda memilih mangkir dari rutinitas olahraga. Satu studi menemukan bahwa 41% wanita mengatakan “kekurangan waktu” menjadi mereka tidak bisa mengonsumsi makanan sehat dan 73% wanita mengatakan bahwa mereka tidak berolahraga karena jadwal mereka terlalu sibuk.

Apapun alasannya, jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda harus menemukan cara untuk menyediakan waktu agar Anda bisa melakukan segala aktivitas yang sehat. Buatlah jadwal rutin untuk olahraga. Misalnya mengambil kelas yoga ataupun pilates beberapa kali dalam seminggu sepulang kantor.

4. Mengonsumsi makanan “sehat” yang belum tentu sehat

Berhentilah percaya bahwa makanan “sehat” akan menyebabkan penurunan berat badan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang lebih cenderung makan makanan berlemak yang mereka anggap sehat. Bahkan satu studi di University of Michigan menemukan ketika makanan diberi label “organik,” “low fat”, “less sugar” membuat banyak orang yang sedang diet justru memakan makan tersebut dengan jumlah yang banyak. Mereka menganggap bahwa makanan tersebut benar-benar sehat.

Padahal tidak demikian. Camilan yang Anda pikir “sehat” justru bisa jadi penyebab kenaikan berat badan Anda. Beberapa jenis makanan yang kita kira sebagai makanan sehat ternyata tidak sesehat yang kita bayangkan. Artinya, bila kita ingin mengurangi berat badan atau ingin mendapatkan nutrisi yang lebih baik, ada beberapa makanan dengan label sehat yang sebaiknya tidak kita konsumsi berlebihan. Misalnya sereal dengan gula tambahan, frozen yogurt, minuman energi, smoothies, dan jus dalam kemasan, buah kering, dan lain sebagainya. 

5. Olahraga keras yang dibalas makan lebih banyak

Satu lagi cara menurunkan berat badan yang salah adalah memanjakan diri dengan ngemil snack tidak sehat atau makan lebih banyak sebagai hadiah atas olahraga yang sudah Anda lakukan. Padahal, ini merupakan salah satu penyebab kenaikan berat badan yang signifikan, loh!

Jika Anda ingin ngemil, pilihlah snack sehat yang rendah kalori untuk dimakan tepat setelah Anda berolahraga. Selain itu, kombinasikan asupan makanan dengan protein sehat dan karbohidrat untuk memuaskan rasa lapar dan mengganti nutrisi yang hilang selama olahraga. Misalnya, minum segelas susu cokelat skim yang diminum setelah berolahraga merupakan pilihan yang tepat. 

6. Malu minta tolong

Banyak orang sungkan atau bahkan malu untuk mencari bantuan dalam menurunkan berat badan. Padahal, agar rencana penurunan berat badan Anda berjalan maksimal, Anda harus melibatkan banyak dukungan dari lingkungan sekitar Anda. Misalnya, Anda bisa mendaftar kelas privat di gym bersama pelatih pribadi atau berolahraga bersama teman-teman terdekat atau komunitas olahraga tertentu agar semakin semangat dan niat untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca