3 Resep Nugget yang Lebih Sehat dan Bergizi untuk Anak

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 29/04/2020
Bagikan sekarang

Nugget merupakan makanan olahan yang kerap menjadi favorit anak-anak karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah. Penyajian nugget juga sangat praktis dan tidak perlu resep. Anda cukup menggorengnya selama beberapa menit sebelum disajikan.

Namun, konsumsi nugget harus dibatasi karena makanan ini mengandung sodium tinggi dan lemak jenuh yang tak sehat jika dikonsumsi secara rutin. Untungnya, nugget bisa dibuat sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan yang lebih sehat dengan resep-resep berikut ini!

Resep nugget untuk anak yang lebih sehat

Anak-anak biasanya sangat pemilih jika sudah menyangkut makanan yang disukainya. Sayangnya, selera makan ini sering jatuh pada pilihan makanan tidak sehat seperti junk food atau makanan olahan yang dibekukan.

Tak ada yang bisa menjamin bahwa makanan tersebut diproduksi dengan bahan-bahan yang aman dan segar, terutama makanan beku. Untuk mengawetkan dagingnya, garam sering kali digunakan agar bisa mengurangi kadar air di dalam daging.

Bila dikonsumsi secara berlebihan, hal ini bisa saja mengakibatkan peningkatan volume darah yang dapat membuat tekanan menjadi lebih tinggi.

Agar lebih aman, ada baiknya Anda mulai mencoba resep olahan nugget sendiri di rumah. Selain menggunakan bahan yang lebih segar, Anda juga bisa membatasi penggunaan garam dan minyak. Mengajak anak Anda untuk ikut serta saat membuatnya juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

1. Nugget ayam

nugget ayam
Sumber: Super Healthy Kids

Berbeda dengan nugget yang biasanya, pada resep ini nugget akan dimasak dengan cara dipanggang. Bahan utamanya adalah bagian dada ayam yang mengandung lemak tak jenuh dan bahkan hampir tidak memiliki glikemik di dalamnya. Berikut resep dan cara membuatnya.

Bahan yang diperlukan:

  • 250 gram dada ayam
  • 1 butir telur
  • 2 sdm mentega, lelehkan
  • Garam sesuai selera
  • Tepung roti untuk membalur nugget

Cara membuat:

  1. Rebus dada ayam dengan air mendidih selama 20 menit.
  2. Masukkan ayam yang telah direbus ke dalam blender, tambahkan satu butir telur dan garam, hancurkan hingga semua menyatu. Agar lebih mudah, Anda bisa memotong ayam menjadi beberapa bagian terlebih dahulu.
  3. Jika adonan masih terlalu lembek, masukkan dahulu ke dalam kulkas selama beberapa jam sampai adonan sedikit mengeras.
  4. Bentuk nugget sesuai keinginan, bisa dibentuk menjadi bola-bola kecil maupun menggunakan cetakan kue kecil. Balur nugget dengan tepung roti.
  5. Letakkan nugget di atas loyang pemanggang, berikan olesan mentega yang sudah dicairkan ke atas nugget.Panggang dengan suhu 200° Celcius selama 10 menit, balikkan nugget di tengah waktu tersebut agar matang lebih merata. Bisa juga dipanggang menggunakan teflon sampai berwarna kecoklatan.
  6. Nugget siap disajikan.

2. Nugget sayuran

resep nugget anak
Sumber: Real Mom Nutrition

Resep nugget satu ini cocok jika Anda ingin membuat anak makan sayur dengan cara yang berbeda. Wortel sebagai salah satu bahannya merupakan sumber beta karoten yang dapat bertransformasi menjadi vitamin A di dalam tubuh. Kandungan ini dikenal baik untuk kesehatan mata.

Bahan utama keduanya adalah brokoli, sayuran yang tinggi akan vitamin K dan vitamin C. Masing-masing berfungsi sebagai nutrisi untuk kesehatan tulang dan antioksidan yang akan melindungi dari berbagai penyakit. Anda bisa membuatnya dengan resep sebagai berikut.

Bahan yang diperlukan:

  • 2 buah wortel berukuran sedang, parut atau potong kecil-kecil
  • 2 tangkai brokoli, potong bagian kembangnya, sisihkan batangnya
  • 1 siung bawang putih
  • 2 butir telur
  • 8 sdm keju parut
  • ½ sdt lada hitam
  • Garam sesuai selera
  • ½ sdt bubuk bawang bombay, opsional
  • 3 sdm tepung roti

Cara membuat:

  1. Kukus brokoli selama dua menit atau sampai melunak.
  2. Masukkan semua bahan ke dalam blender atau food processor, hancurkan hingga semua tercampur. Jika adonan masih terlalu kasar, tambahkan air sedikit demi sedikit sampai kepadatannya sesuai dengan yang diinginkan.
  3. Bentuk adonan sesuai selera.
  4. Balurkan nugget dengan tepung roti yang masih tersisa.
  5. Panggang nugget dengan sedikit minyak di atas teflon selama empat menit di setiap sisinya atau sampai warnanya kecoklatan.
  6. Nugget siap disajikan.

3. Nugget ayam dengan kentang

nugget ayam kentang
Sumber: Yummy Toddler Food

Perpaduan ayam dan kentang dalam resep nugget satu ini mungkin cocok jika disajikan sebagai menu utama tanpa nasi. Kentang sendiri termasuk ke dalam jenis karbohidrat kompleks yang bertahan lebih lama di dalam tubuh sehingga akan membantu mengurangi keinginan ngemil yang tak sehat. Berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 250 gram daging ayam cincang
  • 3 buah kentang berukuran sedang
  • Garam sesuai selera
  • Bubuk bawang bombay sesuai selera, opsional
  • Tepung roti untuk membalur nugget

Cara membuat:

  1. Kupas dan potong kentang menjadi beberapa bagian, rebus atau kukus sampai empuk.
  2. Hancurkan kentang yang sudah dimasak, campurkan dengan daging ayam cincang, garam, dan bubuk bawang bombay.
  3. Bentuk adonan nugget dengan membuat bola-bola kecil lalu tekan agar menjadi rata. Bisa juga bentuk lain sesuai keinginan.
  4. Balurkan nugget dengan tepung roti.
  5. Panggang di dalam oven dengan suhu 200° Celcius selama 25 menit atau panggang di atas teflon sampai berwarna kecoklatan.
  6. Siap disajikan.

Selamat membuat sendiri nugget di rumah dengan ketiga resep di atas!

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber