6 Hal yang Bikin Anda Lapar Terus Menerus

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Makanan merupakan salah satu unsur penting dalam kehidupan. Tapi terlalu banyak makan juga tak baik bagi kesehatan. Namun bagaimana jika Anda merasa sering lapar sepanjang hari? Apa penyebab seseorang lapar terus?

Terdapat hal tertentu yang menjadi penyebab lapar terus menerus. Hal tersebut, ada yang mungkin Anda sadari dan mungkin juga ada yang tidak. Menurut sebuah studi dari University of Bristol di Inggris, yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity, para ilmuwan menemukan risiko berbahaya jika sesorang lapar terus menerus. Salah satu contohnya adalah obesitas yang menimbulkan kelumpuhan.

Makanan yang lezat mengaktifkan saraf otak yang membuat tubuh sanggup untuk menerima semua makan dalam waktu yang singkat. Maka, nafsu makan kita akan jadi tidak terkontrol. Beberapa alasan lain yang dapat menjadi hal yang penyebab lapar terus menerus dapat Anda simak pada penjelasan di bawah.

1. Kurang tidur

Tidur yang baik dan cukup setidaknya didapat 7 sampai 8 jam tidur per malam. Kurang tidur akan mengganggu hormon yang mengatur nafsu makan Anda. Fakta menunjukkan, orang yang tidur kurang dari enam jam per malam akan  mengonsumsi lebih banyak kalori (dari makanan)  pada hari berikutnya dibandingkan dengan orang yang tidur pada waktu cukup.

2. Dehidrasi

Dehidrasi adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga nafsu makan dalam jangka panjang. Dengan memenuhi kebutuhan cairan, tubuh bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Dengan cukupnya cairan yang diasup setiap hari oleh tubuh, otak juga akan secara otomatis mengurangi rasa lapar pada lambung.

3. Emosi sedang terganggu

Beberapa orang, ada yang melampiaskan emosi mereka ke makanan. Setiap orang pada dasarnya memiliki hubungan emosional yang unik dengan makanan. Ketika perasaan Anda terganggu, biasanya otak akan mengalihkan pikiran pada makanan untuk mencoba menyelesaikan kesedihan, stres, atau perasaan galau lainnya.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan terkait masalah emosional yang berdampak pada nafsu makan Anda adalah, menemukan hal penyebab lapar terus menerus terkait emosi. Jika stres dan rasa sedih adalah penyebabnya, maka Anda bisa melakukan olahraga, meditasi, atau relaksasi. Jika kesepian menjadi penyebab Anda menjadi lebih banyak makan, jawabannya adalah Anda harus pergi keluar bermain atau hang out bersama teman-teman.

4. Udara dingin

Pada udara yang dingin, tubuh cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori dan pilihan makanan yang dipilih akan lebih tinggi karbohidrat serta lemak. Cara untuk menahan rasa lapar terus menerus saat udara dingin adalah memakan makanan yang kaya akan karbohidrat. Protein yang didapat dari biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran juga dapat menekan rasa lapar menerus pada tubuh Anda di suhu yang dingin.

5. Bosan

Untuk mengisi kebosanan, makanan bisa menjadi penyebab lapar terus menerus. Suatu penelitian menyatakan bahwa otak kanan akan terstimulasi mencari sesuatu yang dapat mengenyangkan tubuh jika tubuh tidak melakukan aktivitas. Sebaiknya jika Anda tidak ingin didera lapar terus menerus, Anda dapat mencari kegiatan untuk menjaga pikiran Anda dari bayangan makanan yang menggoda. Seperti membaca, merajut, menyelesaikan teka-teki silang, atau bermain bersama teman.

6.  Anda terus menerus melihat gambar makanan di media sosial

Dari semua hal di atas penyebab Anda lapar terus menerus, melihat gambar di media sosial lah yang paling berbahaya. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience menemukan bahwa melihat gambar makanan yang terlihat lezat dan menggiurkan akan mengaktifkan saraf pusat di otak untuk mencari dan memakan makanan seperti gambar tersebut. Sehingga, melihat makanan di media sosial menjadi faktor besar penyebab Anda makan berlebihan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Menguak Manfaat Power Nap dan Bedanya Dengan Tidur Siang Biasa

Badan lemas, ngantuk, dan mata berat? Itu tandanya Anda butuh tidur siang! Yuk, intip trik power nap ini agar tidur siang lebih berkualitas dan bermanfaat.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Fakta Unik 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit

5 Manfaat Buah Melon yang Menyehatkan Tubuh

Suka makan buah melon? Tapi, tahukah Anda kalau manfaat buah melon sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia? Apa saja manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 22/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Penyebab Demam Naik Turun Pada Bayi (dan Cara Mengatasinya)

Semua orangtua mungkin panik dan takut menghadapi bayi demam naik turun. Sebenarnya apa yang menyebabkan bayi demam naik turun? Bagaimana mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Anak, Parenting 21/07/2020 . Waktu baca 3 menit

7 Bahan Dalam Krim Anti-Aging yang Perlu Anda Tahu

Produk krim wajah yang populer saat ini adalah jenis anti-aging. Tapi apa saja bahan krim anti-aging yang bisa mencegah penuaan pada kulit Anda?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Kecantikan 21/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

lemak paha sulit dihilangkan

Lemak Paha Anda Sulit Dihilangkan? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 30/07/2020 . Waktu baca 4 menit
cara tahan lama

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 28/07/2020 . Waktu baca 3 menit
tidur pakai bra

Tidur Sebaiknya Pakai Bra atau Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 28/07/2020 . Waktu baca 4 menit
minum madu

Minum Madu Setelah Minum Obat, Boleh atau Tidak?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 27/07/2020 . Waktu baca 3 menit