Meski sudah memiliki niat yang kuat untuk makan sehat, sayangnya ada banyak situasi yang membuat Anda mau tak mau terpaksa mengonsumsi makanan tidak sehat. Alih-alih menurunkan berat badan, berat Anda jadi makin naik akibatnya. Beberapa cara berikut ini mungkin bisa Anda coba untuk menghindari berbagai macam ‘jebakan’ tidak sehat yang paling sering terjadi. Penasaran?

Tips menghindari berbagai “jebakan” makanan tidak sehat

Saat liburan dan rekreasi

Godaan makan makanan tidak sehat paling sering menghampiri ketika sedang liburan, dan yang paling sulit dihindari. Tidak heran jika liburan justru membuat berat badan makin naik. Jangan panik dulu.

Anda tetap bisa menikmati liburan tanpa harus cemas memikirkan timbangan, kok! Kuncinya adalah memerhatikan betul apa yang Anda konsumsi selama plesiran. Sebaiknya bawalah cemilan sendiri yang sudah Anda persiapkan jauh-jauh hari dari rumah. Pastikan juga untuk tidak melewarkan waktu makan, agar Anda jadi tidak ngemil atau makan berlebihan di waktu selanjutnya. Apakah makanan yang Anda makan selama liburan disediakan oleh restoran? Jika ya, bisakah Anda membagi makanan pembuka dan penutup untuk menjaga porsi makan?

Selain memilah-milih makanan yang baik dan tidak baik dikonsumsi selama liburan, Anda juga harus pastikan jika badan Anda tetap aktif bergerak. Misalnya luangkan waktu untuk kegiatan fisik, seperti berjalan-jalan atau berenang di kolam renang hotel atau taman.

Saat acara kumpul keluarga

Dalam beberapa tradisi, kumpul keluarga besar saat hari raya dapat berubah menjadi pesta makan yang berlangsung dari pagi hingga malam. Nah, agar Anda tak terjebak, pastikan Anda mengonsumsi makanan tersebut dalam porsi kecil. Intinya, selalu usahakan untuk menghindari makan yang berlebihan setiap kali ada pertemuan keluarga.

Jangan lupa untuk minta dukungan keluarga Anda. Pasalnya, anggota keluarga seperti kakek, nenek, bibi, dan paman juga memiliki efek besar pada keberhasilan Anda menerapkan pola makan sehat loh! Mintalah partisipasi mereka untuk ikut menjaga pola makan sehat ketika acara kumpul keluarga berlangsung. Hal ini bisa dilakukan dengan meminta mereka menyajikan makanan sehat seperti sayur-sayuran dan buah segar ketimbang gorengan atau makanan bersantan setiap kali ada pertemuan keluarga.

Saat ngemil di waktu kosong

Selepas pulang sekolah, bekerja, ataupun berkegiatan lainnya, biasanya seseorang akan merasa stres dan bosan sehingga mereka akan cenderung mencari camilan. Sayangnya, camilan yang dikonsumsi ini seringnya adalah makanan yang tidak sehat. Entah itu roti bakar, coklat, cookies, ataupun kue manis.

Umumnya, orang yang doyan ngemil akan memilih makanan apapun yang paling mudah untuk dimakan tanpa menunggu waktu yang lama. Nah, agar tidak tergoda untuk mengonsumsi makanan tidak sehat, simpanlah semua jenis makanan tak sehat di tempat tertutup yang sulit Anda jangkau. Sementara tempatkan camilan sehat ditempat yang mudah Anda jangkau.

Contohnya Anda bisa menempatkan buah dan sayur segar, jus buah, smooties, yogurt plain, sereal, oatmeal di dalam kulkas, ruang TV ataupun di meja makan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengurangi hasrat ngemil Anda dengan cara mengunyah permen karet atau permen mint agar Anda bisa menahan godaan untuk tidak makan camilan. Meski begitu, jangan lupa pilihlah permen karet yang rendah gula, ya.

Sehari melanggar diet tidak apa-apa, kok. Akan tetapi, pastikan untuk kembali ke pola makan sehat keesokan harinya.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca