Kusta disebabkan oleh bakteri yang disebut Mycrobacterium leprae. Kusta termasuk ke dalam penyakit menular yang menyebabkan luka pada kulit dan kerusakan saraf yang cukup parah disertai dengan kelumpuhan pada lengan, kaki, dan area kulit di sekitar tubuh. Sama seperti kondisi kesehatan atau penyakit lainnya, ada beberapa jenis makanan untuk penderita kusta yang harus diperhatikan. Yuk, kupas tuntas makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi orang dengan kusta.

Kenapa orang dengan kusta harus bijak memilih jenis makanannya?

Jika tidak diobati secara tuntas penyakit kusta bisa menimbulkan berbagai komplikasi, di antaranya kerusakan saraf permanen pada lengan dan tungkai, kerontokan rambut, lemah otot, hingga gagal ginjal. Oleh karena penting untuk menjaga kondisi tubuh penderita kusta agar tidak mengarah pada komplikasi yang lebih serius. Selain penggunaan obat, faktor makanan juga turut berpengaruh dalam proses penyembuhan penyakit kusta.

Dikutip dari Viva, menurut ahli gizi Elisa Rinihapsari, M.Si, Med, makanan yang tepat dengan mengikuti kebutuhan tubuh bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Sebaliknya, jika pasien tidak memperhatikan asupan makanannya, yang terjadi adalah sistem imun menurun sehingga menyebabkan luka semakin lebar.

Pernyataan ini didasarkan pada riset yang dilakukannya untuk para penderita kusta di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. Elisa menggunakan terapi makanan untuk menyembuhkan orang dengan kusta. Makanan untuk penderita kusta adalah makanan yang kaya akan vitamin.

Jenis makanan untuk penderita kusta

  • Hati sapi, bayam, brokoli, mangga, wortel, telur, salmon, tuna, semangka, jeruk, dan jambu biji. Kelompok makanan ini mengandung vitamin A yang cukup  tinggi. Vitamin A berfungsi menjaga penglihatan, pertumbuhan badan, fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan reproduksi. Asupan vitamin A yang cukup dapat  mencegah masalah kerontokan rambut, akibat komplikasi kusta. Selain itu kondisi kulit akan terjaga dan tidak mudah terkena infeksi.
  • Keju, ikan sarden, oatmeal, sereal, kuning telur, dan kacang kedelai. Kelompok makanan tersebut mengandung vitamin D dan kalsium yang cukup tinggi. Vitamin D dan kalsium berfungsi untuk kesehatan tulang dan juga memperkuat sistem imun. Bagi penderita kusta, mengonsumsi makanan yang mengandung dua vitamin tersebut bisa membantu meningkatkan kekuatan otot yang melemah. Tentu saja hal tersebut juga harus dibarengi dengan pengobatan dari dokter.
  • Kacang almond, asparagus, ayam, kacang, pisang, kentang, alpukat, jamur, dan daging. Makanan tersebut baik dikonsumsi karena mengandung vitamin B yang baik untuk kulit, kesehatan sistem saraf, dan membantu produksi sel darah merah.
  • Stroberi, paprika hijau, paprika merah, kiwi, dan jeruk. Makanan yang mengandung vitamin C tersebut bermanfaat untuk membentuk kolagen, melindungi sel dari radikal bebas karena banyak mengandung antioksidan hingga memperbaiki dan merawat tulang rawan, gigi, dan tulang. Tak kalah penting, yakni menyembuhkan luka dan jaringan parut. Diharapkan dari mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, penderita kusta mendapatkan manfaat maksimal untuk proses penyembuhan luka.
  • Ubi manis, kerang laut, brokoli, bayam, almond, dan alpukat. Jenis makanan tersebut mengandung vitamin E yang tinggi. Vitamin E bagi tubuh berfungsi untuk kesehatan kulit dan rambut, serta baik untuk kesehatan mata. Semua makanan yang mengandung manfaat untuk kulit bagus untuk penderita kusta, termasuk makanan yang mengandung vitamin E.
  • Tiram, lobster, keju, kacang mete, dan oatmeal. Makanan ini mengandung yang zinc berperan penting dalam menjaga sistem imun tubuh,penyembuhan luka, dan baik untuk perkembangan janin.

Semua makanan yang disebutkan mengandung berbagai macam vitamin yang baik untuk tubuh, termasuk untuk para penderita kusta. Namun, perlu diingat bahwa penyembuhan kusta bukan hanya dari makanan saja, tetapi juga melalui pengobatan yang dilakukan dokter kepada penderita.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca